Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Benarkah Khasiat Obat Hilang Jika Diminum dengan Air Kelapa?

Benarkah Khasiat Obat Hilang Jika Diminum dengan Air Kelapa? (Foto: Google)

Dream - Saat minum obat dalam bentuk tablet atau pil, kita selalu menggunakan air putih agar mudah untuk ditelan. Namun karena tablet atau pil itu pahit, kadang ada yang menggunakan cairan manis, seperti air kelapa.

Namun ternyata ahli farmasi Malaysia, Dziehan Mustapa, melarang meminum obat dengan air kelapa. Sebab, dapat membuat fungsi obat bekerja tidak efektif.

Menurutnya, air yang terkandung di dalam tempurung kelapa muda memiliki khasiat jika dipetik saat berumur 5-7 bulan.

Secara alami, air kelapa berasa manis namun memiliki nilai kalori yang rendah. Kandungan kelapa adalah 94 persen air dan karbohidrat sederhana yang mudah dicerna dalam bentuk gula dan elektrolit.

obat

Selain itu, air kelapa mengandung berbagai jenis hormon tanaman, enzim, asam amino, Vitamin C, dan dapat menjadi sumber yang baik untuk garam potasium (k+). Sehingga bagus untuk mengatasi dehidrasi akibat diare atau kelelahan setelah berolahraga.

Air kelapa juga juga pernah digunakan dalam situasi darurat sebagai pengganti air yang digunakan untuk menghidrasi tubuh dengan dimasukkan melalui suntikan Intravena (IV). Ada juga beberapa studi yang menunjukkan air kelapa bisa mengurangi tekanan darah sistolik pada pasien hipertensi (darah tinggi).

Menurut sebuah penelitian, air kelapa juga berkhasiat menurunan tekanan darah sistolik. Untuk itu, pasien membutuhkan 300 ml air kelapa yang diminum 2 kali dalam sehari.

air kelapa

Namun bagaimana interaksi air kelapa dengan obat kimia, obat herbal dan suplemen?

Akibatnya....

Studi klinis tahap awal menunjukkan minum air kelapa mungkin dapat mengurangi tekanan darah sistolik dalam pada pasien hipertensi.

Secara teoritis penggunaan bersama air kelapa dengan obat anti-hipertensi mungkin dapat menyebabkan efek tambahan terhadap pengurangan tekanan darah berikutnya sehingga berisiko tekanan darah menjadi rendah.

Begitu juga jika air kelapa diminum bersama obat herbal dan suplemen yang dipercaya memiliki efek mengurangi tekanan darah. Misalnya peptida kasein, cat’s claw, koenzim Q-10, minyak ikan, L-arginine, lycium, stinging nettle, theanine, mengkudu, belimbing wuluh, dan lain-lain.

obat herbal

Kandungan garam potasium (k+) yang cukup signifikan dapat memperburuk keadaan hiperkalemia seseorang pasien. Jika diminum dalam jumlah yang banyak mungkin dapat meningkatkan risiko hyperkalemia bagi pasien yang memiliki kekurangan fungsi ginjal.

Air kelapa umumnya aman untuk diminum. Namun bagi penderita hipertensi yang sedang minum obat-obatan harus berhati-hati dalam mengkonsumsi minuman air kelapa ini.

Jika dikonsumsi berlebihan air kelapa ini berpotensi memiliki efek tambahan dalam mengurangi tekanan darah. Begitu juga bagi pasien yang memiliki masalah berkurangnya fungsi ginjal. Butuh sedikit pemantauan jika tekanan darah menjadi rendah (hipotensi).

Antara tanda dan gejala tekanan darah rendah adalah pusing atau merasa pusing, penglihatan kabur, kebingungan, badan lemah dan perut terasa mual. Jika mengalami situasi di atas, pastikan untuk melakukan pengukuran tekanan darah menggunakan alat pemantauan tekanan darah sendiri di rumah.

Tekanan darah dikatakan rendah bila bacaan berada di level lebih rendah mulai 90/60 mmHg. Jika merasa pusing atau hampir pingsan, ambil pencegahan dengan duduk atau berbaring. Tempatkan kaki sejajar dengan jantung saat berbaring atau duduk sambil memarkir kepala di antara lutut.

Jika tanda atau gejala tekanan darah rendah masih berlangsung, segera berkonsultasi dengan dokter untuk pengobatan selanjutnya.

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Kulit Kemerahan Akibat Jerawat?  Coba 6 Cara untuk Meredakannya

Kulit Kemerahan Akibat Jerawat? Coba 6 Cara untuk Meredakannya

Kemerahan atau peradangan akibat jerawat dapat dihilangkan dengan melakukan perawatan kulit tertentu.

Baca Selengkapnya
Awal Tahun Jangan Mager, Biar Tak Sakit Punggung dan Gula Darah Aman

Awal Tahun Jangan Mager, Biar Tak Sakit Punggung dan Gula Darah Aman

Malas olahraga bisa bikin kamu mengalami berbagai masalah kesehatan yang berbahaya, lho. Apa aja sih masalah yang bisa timbul?

Baca Selengkapnya
5 Kesalahan Merawat Kulit Setelah Olahraga, Bikin Jerawat Bermunculan

5 Kesalahan Merawat Kulit Setelah Olahraga, Bikin Jerawat Bermunculan

Perawatan kulit setelah berolahraga sedikit berbeda daripada biasanya. Jangan sampai salah pakai produk dan cari tahu cara tepat merawat kulit usai berolahraga.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
3 Penyakit yang Kerap Muncul Saat Jalani Puasa

3 Penyakit yang Kerap Muncul Saat Jalani Puasa

Beberapa penyakit bisa dialami saat berpuasa. Terutama jika tidak terbiasa dengan pola makan baru. Hindari penyakit tersebut dengan memperhatikan beberapa hal.

Baca Selengkapnya
BPOM Rilis Daftar 50 Obat Tradisional dan Suplemen yang Mengandung BKO: Bahaya Buat Hati, Ginjal serta Jantung

BPOM Rilis Daftar 50 Obat Tradisional dan Suplemen yang Mengandung BKO: Bahaya Buat Hati, Ginjal serta Jantung

BPOM rilis dafatr 50 obat dan suplemen berbahaya mengandung bahan kimia obat (BKO). Kandungan tersebut bisa sebabkan penyakit kronis.

Baca Selengkapnya
Jangan Sepelekan Kaki Terasa Dingin, Bisa jadi Tanda Penyakit Berbahaya

Jangan Sepelekan Kaki Terasa Dingin, Bisa jadi Tanda Penyakit Berbahaya

Tubuh yang terasa dingin sering disepelekan. Padahal, hal itu bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan serius yang perlu dikontrol secara intens.

Baca Selengkapnya