Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Sakit Kepala Selama 2 Tahun, Habis Dibedah Ternyata...

Sakit Kepala Selama 2 Tahun, Habis Dibedah Ternyata... Pembedahan Kepala Nita Juggi Oleh Tim Dokter (Foto: Cover Asia Press)

Dream - Seorang gadis 12 tahun telah memiliki kista cacing pita yang panjangnya setengah ukuran otaknya. Untungnya gulungan cacing pita itu telah dikeluarkan dari kepalanya dan diyakini menjadi yang terbesar dalam sejarah medis.

Nita Juggi, dari Gujarat di India Tengah, sering menderita kejang, sakit kepala dan tubuh lemah selama lebih dari dua tahun. Dan selama 12 bulan terakhir dia bahkan mengalami kelumpuhan di sisi kanan tubuhnya.

Ayahnya Kishor Parbat Jogi, 45 tahun, seorang petani, telah membawa putrinya ke banyak dokter tapi kondisi Nita belum juga membaik.

"Kami membawanya ke banyak dokter namun saya pikir tidak satupun dari mereka yang memahami bedah saraf," kata Kishor.

"Saya pikir kami membawah ke dokter yang salah. Kesehatannya semakin hari semakin memburuk dan kami tak berdaya," tambahnya.

Akhirnya Kishor, yang memiliki tiga anak lainnya dengan istrinya Sarla, 40 tahun, membawa putrinya untuk berobat ke Dr Chirag Solanki dua bulan yang lalu. Dia adalah seorang ahli saraf dan bedah tulang belakang di Rumah Sakit Sterling di Gujarat, India Tengah.

 

Kista Besar Tumbuh di Kepala

Dan setelah pemeriksaan yang panjang dan scan MRI, mereka menemukan kista pada otak Nita yang beratnya 675 gram dan memiliki ukuran 12.2 cm x 11 cm x 9.8 cm.

"Saya percaya kista hidatid secara perlahan-lahan tumbuh di otak gadis itu selama delapan sampai sepuluh tahun terakhir. Tapi ketika semakin membesar, kista itu berpengaruh pada kehidupannya sehari-hari, termasuk mengalami sakit kepala yang semakin buruk," jelas Dr Chirag.

"Kista tersebut telah berkembang menjadi setengah ukuran otaknya. Itu sangat berbahaya dan ada kemungkinan kista bisa pecah dan membunuhnya setiap saat. Bentuknya gelembung sehingga bisa meledak setiap saat.," tambah Dr Chirag.

Keluarga Nita terkejut mengetahui putri mereka memiliki kista besar yang tumbuh di kepalanya.

"Mereka akhirnya mengakui bahwa mereka hidup di lingkungan yang sangat kotor dan tidak higienis. Kondisi itulah yang menyebabkan Nita awalnya terjangkit cacing pita," jelas Dr Chirag.

 

Darimana Asal Kista

Kista hidatid adalah infeksi larva cacing pita pada usus. Bentuk yang paling umum adalah Echinococcus granulous, dan biasanya terdapat pada kotoran hewan herbivora seperti domba atau sapi dan kemudian ditransfer ke hewan karnivora seperti anjing dan kucing.

Cacing pita itu kemudian menular ke manusia dalam bentukan makanan yang terkontaminasi oleh larva dari parasit tersebut.

Parasit tersebut telah tinggal dan berkembang cukup lama di dalam tubuh Nita hingga menjadi kista.

 

Perhiasan Habis untuk Operasi

Dr Solanki dilakukan operasi panjang sekitar dua setengah jam sebelum dia dan timnya akhirnya berhasil mengangkat kista seberat 675 gram tanpa terjadi komplikasi.

Nita telah pulih di rumah sakit selama dua minggu sebelum dia akhirnya diperbolehkan pulang.

"Saya menjual perhiasan istri saya untuk membayar biaya operasi. Kami sangat miskin dan tidak punya cara lain untuk membayar sehingga kami harus menjual sesuatu," kata Kishor.

(Sumber: mirror.co.uk)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Sakit Kepala Sering Datang Saat Puasa Selepas Siang Hari? Pijat dengan 3 Gerakan Ini

Sakit Kepala Sering Datang Saat Puasa Selepas Siang Hari? Pijat dengan 3 Gerakan Ini

Meredakan sakit kepala saat berpuasa bisa dihilangkan dengan beberapa gaya pijatan. Kamu pun bisa melakukannya sendiri dengan mudah.

Baca Selengkapnya
Cara Mengatasi Sakit Kepala yang Efektif Menggunakan Teh, Tapi Ada Syaratnya

Cara Mengatasi Sakit Kepala yang Efektif Menggunakan Teh, Tapi Ada Syaratnya

Apakah mengonsumsi teh dapat memberikan dampak positif terhadap sakit kepala atau justru memperparahnya?

Baca Selengkapnya
Kaki Kiri Kerap Timbul Rasa Sakit? Mungkin Ini Penyebabnya

Kaki Kiri Kerap Timbul Rasa Sakit? Mungkin Ini Penyebabnya

Ternyata kaki sakit sebelah kiri bisa disebabkan banyak faktor. Sebelum mengetahui cara mengatasinya, Yuk penyebabnya terlebih dahulu.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Kaki Terus Menerus Gatal Saat Hamil, Normalkah?

Kaki Terus Menerus Gatal Saat Hamil, Normalkah?

Ada ibu hamil yang mungkin tak mengalammi mual atau sakit kepala, tapi ia malah terserang gatal di kaki.

Baca Selengkapnya
Jangan Sepelekan Kaki Terasa Dingin, Bisa jadi Tanda Penyakit Berbahaya

Jangan Sepelekan Kaki Terasa Dingin, Bisa jadi Tanda Penyakit Berbahaya

Tubuh yang terasa dingin sering disepelekan. Padahal, hal itu bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan serius yang perlu dikontrol secara intens.

Baca Selengkapnya
3 Penyakit yang Kerap Muncul Saat Jalani Puasa

3 Penyakit yang Kerap Muncul Saat Jalani Puasa

Beberapa penyakit bisa dialami saat berpuasa. Terutama jika tidak terbiasa dengan pola makan baru. Hindari penyakit tersebut dengan memperhatikan beberapa hal.

Baca Selengkapnya