Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Menyusuri Jejak Dakwah Sunan Kalijaga di Tanah Jawa

Menyusuri Jejak Dakwah Sunan Kalijaga di Tanah Jawa Obyek Wisata Petilasan Sunan Kalijaga (Sumber: Bimasislam.kemenag.go.id)

Dream - Sejarah mencatat, ada banyak tempat yang menjadi 'saksi bisu' akan peran besar para Walisongo dalam menyebarkan dakwah Islam di Nusantara. Salah satu di antara tempat bersejarah tersebut yang hingga kini masih terjaga adalah tempat wisata budaya di daerah Cirebon yang bernama Petilasan Sunan Kalijaga.

Terletak di Kecamatan Harjamukti, Cirebon, tempat wisata Petilasan Sunan Kalijaga banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Cagar budaya tersebut diperkirakan telah ada sejak abad ke-17. Situs ini merupakan tempat utama Sunan Kalijaga dalam melaksanakan kegiatan penyebaran agama Islam di Cirebon dan sekitarnya.

Dilansir dari laman resmi Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI, selain terdapat 'jejak-jejak' dakwah Sunan Kalijaga, di sekitar kawasan wisata Petilasan terdapat pula sebuah hutan yang berisi habitat sekelompok kera ekor panjang. Hutan tersebut diberi nama Hutan Kalijaga.

Hutan Kalijaga merupakan satu-satunya wilayah konservasi hutan yang masih tersisa di Kota Cirebon. Di dalam hutan tersebut hidup sekitar 50 monyet ekor panjang. Tak jauh dari kawasan hutan, terdapat sebuah bangunan kayu beratap genting dengan pintu masuk berupa gapura peninggalan zaman Majapahit.

Di dalam bangunan itulah situs Petilasan Sunan Kalijaga berada. Sementara di sebelah kiri bangunan tersebut terdapat tempat mengambil air wudhu bagi para peziarah yang datang.

Untuk diketahui, Petilasan Sunan Kalijaga bukan merupakan komplek pemakaman Sunan Kalijaga. Tempat ini hanya berisi sisa-sisa peninggalan Sunan Kalijaga selama masa syiarnya di Jawa Barat. Makam Sunan Kalijaga sendiri terletak di Desa Kadilangu, Demak, Jawa Tengah.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Mengenal Upacara Tingkeban dalam Tradisi Jawa dan Doa Kehamilan 7 Bulan untuk Ibu serta Janin

Mengenal Upacara Tingkeban dalam Tradisi Jawa dan Doa Kehamilan 7 Bulan untuk Ibu serta Janin

Tingkeban adalah upacara adat Jawa yang dilakukan untuk merayakan kehamilan tujuh bulan sebagai tanda syukur.

Baca Selengkapnya
Bocah di Jakarta Utara 'Disunat Jin' Usai Kencing di Kali, Ternyata Ini yang Terjadi

Bocah di Jakarta Utara 'Disunat Jin' Usai Kencing di Kali, Ternyata Ini yang Terjadi

Begini cerita aslinya dibalik kejadian seorang anak laki-laki berusia 6 tahun yang disunat oleh jin!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.