Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

9 Pasukan Khusus Terbaik Dunia, Adakah Kopassus?

9 Pasukan Khusus Terbaik Dunia, Adakah Kopassus? Pasukan Militer Menyelematkan Korban Sandera (sumber: Business Insider)

Dream - Pasukan khusus terdiri dari tentara pilihan dan tidak pernah mengenal rasa takut. Pasukan khusus pergi ke medan yang tentara lainnya takut untuk memasukinya. Mereka juga ditugaskan untuk menetralisir ancaman, menguasai sasaran strategis musuh, dan melakukan misi penyelamatan.

Intinya, pasukan khusus adalah yang terbaik dari yang terbaik. Meskipun sangat sulit untuk membuat peringkat tentang kekuatan pasukan khusus, ada beberapa unit yang lebih unggul di atas lainnya dalam hal track record dan ketakutan yang disebarkan dalam diri musuh mereka.

Dan berikut ini adalah 9 pasukan khusus terbaik di dunia, versi Business Insider.

 

9. Marinir AS

Dream - Marinir AS paling sering ditampilkan di media. Mereka memiliki peralatan tempur yang canggih dan sering digambarkan sebagai unit militer yang tangguh. Salah satunya ketika seorang Marinir AS minum darah ular kobra selama latihan bertahan hidup di hutan dengan Angkatan Laut Thailand sebagai bagian dari latihan militer bersama 'Cobra Gold 2014'.

 

8. US Navy SEALS

Dream - Unit berada satu tingkat di atas Marinir AS. Untuk bergabung dalam barisan mereka, Anda harus dapat melakukan minimal 42 push-up dalam dua menit, 50 sit-up dalam dua menit, dan lari sejauh 1,5 mil dalam 11 menit. Dan itu sebelum pelatihan bahkan dimulai.

7. Special Boat Service (SBS)

Dream - Ini adalah pasukan khusus Inggris yang sepadan dengan kekuatan US Navy SEALS. Proses seleksi melibatkan uji ketahanan yang melelahkan, pelatihan di hutan hujan di Belize, dan pelatihan bertahan hidup selama bertempur, yang melibatkan interogasi yang intens. Dan Anda hanya punya dua kesempatan untuk lulus.

6. British Special Air Service (SAS)

Dream - Mereka adalah pasukan infantri yang setara dengan SBS. Semboyan mereka sangat menggugah 'Who Dares Wins'. Ketika ditanya peran penting SAS dalam perang Irak, Jenderal AS Stanley McChrystal mengatakan, "Sangat penting. Tidak bisa menang tanpa mereka."

5. Sayeret Matkal

Dream - Inilah pasukan khusus Israel yang sangat ditakuti musuh-musuhnya. Tujuan utama pembentukannya adalah pengumpulan intelijen dan sering beroperasi jauh di belakang garis musuh. Selama masa pemilihan atau Gibush, calon anggota Sayeret Matkal menjalani latihan yang sangat keras sambil terus dipantau oleh dokter dan psikolog. Hanya yang terkuat yang bisa masuk.

Tahun 2003, seorang supir taksi Israel Eliyahu Gurel diculik setelah mengantar 4 penumpang Palestina ke Yerusalem. Namun Sayeret Matkal berhasil mendeteksi lokasinya dan menyelamatkannya dari lubang sedalam 10 meter di sebuah pabrik tak terpakai di pinggiran Ramallah.

4. National Gendarmerie Intervention Group (GIGN)

Dream - Dari semua pasukan kontra-terorisme di dunia, mungkin hanya beberapa yang bisa menyaingi GIGN. Pasukannya hanya berkekuatan 200 orang tapi dilatih secara khusus untuk menanggapi situasi penyanderaan. Mereka mengklaim telah membebaskan lebih dari 600 orang sejak mereka terbentuk pada tahun 1973.

Salah satu episode penyelamatan paling luar biasa dalam sejarah GIGN adalah perebutan Masjidil Haram di Mekkah pada tahun 1979. Karena larangan non-Muslim memasuki Kota Suci, tim dari tiga komando GIGN masuk Islam sebelum membantu angkatan bersenjata Arab Saudi untuk merebut kembali masjid.

3. Alpha Group

Dream - Inilah pasukan khusus yang paling dibanggakan oleh Rusia. Dikenal sebagai pasukan khusus terbaik di dunia, Alpha Group adalah unit anti-terorisme yang diciptakan agen mata-mata Rusia KGB pada tahun 1974. Hingga sekarang unit ini tetap bertahan dan merupakan saingan dari FSB, semacam badan intelijen dan keamanan nasional Rusia.

Tetapi militer Rusia, terbentuk Alpha Group, mendapat kritik keras selama operasi penyelamatan 129 sandera pada 2002. Sebab, seluruh sandera tewas akibat efek gas yang digunakan untuk melumpuhkan militan.

2. Unidad de Operaciones Especiales

Dream - Pasukan khusus Spanyol ini kemudian berganti nama menjadi Naval Special Warfare Force mulai 2009 dan sejak itu menjadi pasukan khusus yang paling disegani di Eropa. Awalnya didirikan sebagai relawan Amphibious Unit Climbing Company pada tahun 1952, Naval Special Warfare kemudian mengikuti jejak SAS untuk menjadi kekuatan tempur elit di dunia. Mendapatkan baret hijau yang menjadi ciri mereka sangat sulit karena tingkat kegagalannya rata-rata mencapai 70% sampai 80%.

1. Special Services Group (SSG)

Dream - Pasukan khusus Pakistan ini lebih dikenal sebagai Black Storks karena memakai tutup kepala yang unik. Latihan militer meliputi lari sejauh 36 mil dalam 12 jam dan lima mil berjalan dalam 20 menit dengan membawa perlengkapan perang penuh. Salah satu prestasi SSG adalah ketika pada bulan Oktober 2009 mereka menyerbu sebuah gedung perkantoran dan menyelamatkan 39 orang yang disandera militan Taliban setelah kelompok teror tersebut melakukan serangan terhadap markas tentara.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
5 Asupan yang Aman Dikonsumsi Saat Perut Kosong, Apa Saja?

5 Asupan yang Aman Dikonsumsi Saat Perut Kosong, Apa Saja?

Hindari rasa tak nyaman di perut akibat mengonsumsi makanan tertentu saat perut kosong, pilih makanan yang lebih aman.

Baca Selengkapnya
3 Penyakit yang Kerap Muncul Saat Jalani Puasa

3 Penyakit yang Kerap Muncul Saat Jalani Puasa

Beberapa penyakit bisa dialami saat berpuasa. Terutama jika tidak terbiasa dengan pola makan baru. Hindari penyakit tersebut dengan memperhatikan beberapa hal.

Baca Selengkapnya
5 Top Maskapai Pilihan Masyarakat Indonesia untuk Berlibur

5 Top Maskapai Pilihan Masyarakat Indonesia untuk Berlibur

67% masyarakat Indonesia berencana liburan akhir tahun 2023

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Rumah Ahmad Dhani Dipakai Gelar Tarawih Berjemaah, Netizen Ramai Bergunjing

Rumah Ahmad Dhani Dipakai Gelar Tarawih Berjemaah, Netizen Ramai Bergunjing

Niat Ahmad Dhani menjadikan rumahnya sebagai tempat menggelar sholat tarawih berjemaah malah jadi gunjingan netizen. Apa saja sih nasihat dari netizen +62?

Baca Selengkapnya