Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Buntut `Fitsa Hats`, Novel Bamukmin Laporkan Ahok (Lagi)

Buntut `Fitsa Hats`, Novel Bamukmin Laporkan Ahok (Lagi) Novel Bamukmin Melaporkan Kembali Ahok Ke Polisi (Dream.co.id/M Ilman Nafi'an)

Dream - Sekjen DPD Front Pembela Islam (FPI), Novel Chaidir Hasan Bamukmin akhirnya melaporkan kembali terdakwa kasus dugaan penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ke Mapolda Metro Jaya.

Novel menuding Ahok memfitnah dia dengan menyebutnya `malu bekerja di Pizza Hut`. Novel menilai pernyataan Ahok telah memfitnah dia karena berbicara tanpa data. Selain itu, dia juga menuding Ahok telah menyulut kebencian.

"Itu timbul kebencian yang luar biasa tanpa data, yang bukan haknya dikomentarin, akhirnya kena sekarang (dilaporkan)," kata Novel di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis, 5 Januari 2017.

Novel menuturkan Ahok seharusnya tidak mengomentari riwayat pekerjaannya dan hanya fokus pada kasusnya.

"Seharusnya konteksnya itu Ahok mengomentari isi dari pada apa yang saya sangkakan itu, bahwa saya menyampaikan dengan bukti, Ahok harus jabarkan itu, yang menyerang Al Maidah," ucap dia.

Laporan itu terdaftar dengan Nomor LP/55/I/2017/PMJ/Dit.Reskrimsus tanggal 5 Januari 2017. Ahok dilaporkan telah melakukan pencemaran nama baik dan atau fitnah melalui media elektronik atau melanggar Pasal 310 KUHP dan atau Pasal 311 KUHP Juncto Pasal 27 ayat 3 Juncto Pasal 45 ayat 3 UU RI Nomor 19 Tahun 2016, tentang Perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE. (Ism) 

Pizza Hut Tertulis 'Fitsa Hats' di BAP, Ini Kata Polisi

Dream - Sekjen DPD Front Pembela Islam (FPI) DKI Jakarta, Habib Novel Chaidir Hasan membantah meminta penyusun Berita Acara Pemeriksaan (BAP) menuliskan Pizza Hut dengan Fitsa Hats. Dia menyebut hal itu murni kesalahan polisi.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Martinus Sitompul angkat bicara dengan keterangan Novel. Menurutnya BAP tersebut sah berdasarkan keterangan pihak yang diperiksa.

" Dalam kaitan 'Fitsa Hats', itu informasi yang berasal dari pemberkasan. Dalam hal ini apa yang ditulis di situ adalah apa yang disampaikan oleh saksi," kata Martinus di Mabes Polri, Jakarta, Rabu, 4 Januari 2017.

Mengenai prosedur pemberkasan, polisi telah melakukan pengecekan kepada orang yang diperiksa. Ini untuk memastikan apakah data yang disampaikan sudah benar atau belum.

" Apa yang sudah dilakukan, ini di-print out dan dikembalikan kepada yang diperiksa, atas mekanisme yang dilakukan harus dibaca. Apabila ada kalimat yang tidak tepat bisa dikoreksi saat itu juga. Bisa dua-tiga kali di-print out," ucap dia.

Selanjutnya, apabila orang yang diperiksa telah menyetujui data tersebut, maka wajib membubuhkan tanda tangan.

" Tanda tangan itu, dia mengerti apa yang ditulisnya, yang dinyatakannya, sehingga dalam BAP itu ada tanda tangan pemeriksa dan yang diperiksa," ujar dia.

" Sebuah tanda tangan itu merupakan satu tanggung jawab. Ada dua hal yang harus dipahami, dan dia bertanggung jawab atas apa yang disampaikannya," ucap Martinus.

Lebih lanjut, Martinus enggan memberikan tanggapan terkait apa yang terjadi dalam persidangan. Dia mengatakan persidangan merupakan ranah hakim dan bukan polisi.

" Kami tidak ingin masuk atau mengomentari yang ada di ruang sidang. Itu ranahnya wilayahnya para hakim. Para hakim yang akan menggali BAP. Itu adalah hal yang biasa," kata Martinus.

Pizza Hut Tertulis 'Fitsa Hats', Ini Penjelasan Habib Novel

Dream – Sekjen DPP Front Pembela Islam (FPI), Habib Novel Chaidir Hasan, akhirnya buka suara terkait riwayat pekerjaan ‘Fitsa Hats’ dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) kasus penistaan agama dengan etrdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Riwayat pekerjaan itu menjadi viral di dunia maya setelah diungkapkan oleh Ahok setelah persidangan Selasa kemarin.

Saat dikonfirmasi, Novel mengaku pernah bekerja di Pizza Hut. Namun, soal penulisan restoran asal Amerika Serikat itu menjadi ‘Fitsa Hats’, dia merasa bukan kesalahannya.

“ Jadi kan saya ini di-BAP. Kan saya tinggal jawab, yang ketik polisi, memang yang ketik sekarang mendekati masa pensiun yang enggak ngerti, enggak paham penulisan Pizza Hut yang sebenarnya,” ucap Novel, Rabu 4 Januari 2017.

Novel menegaskan tidak pernah mencatatkan secara langsung riwayat pekerjaannya di Pizza Hut selama proses pemeriksaan. Pelapor kasus Ahok ini mengaku hanya menjawab pertanyaan dari pihak penyidik saja.

“ Bukan (mencatat sendiri), kami disidik enggak ada penanganan sendiri,” ujar dia.

Novel mengaku heran mengapa polisi tidak memeriksa kembali BAP tersebut. Sehingga terjadi kesalahan dalam BAP itu hingga masuk ke meja pengadilan.

“ Dari (BAP) enam lembar itu ada yang enggak diteliti, sampai masuk ke meja pengadilan,” ucap dia.

Atas peristiwa ini, Novel berencana melaporkan balik Ahok karena telah menyebut dia malu pernah bekerja di Pizza Hut yang dipimpin non-Muslim. “ Itu fitnah. Iya rencananya kami akan rapatkan dulu, perlu atau tidaknya kami laporkan balik,” kata Novel.

Novel Aku Pernah Kerja di Pizza Hut, `Fitsa Hats` Viral

Dream - Terdakwa kasus dugaan penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menyebut salah satu saksi pihak jaksa, Habib Novel Chaidir Hasan, malu pernah bekerja di Pizza Hut. Menurut Ahok, Novel pernah bekerja di Pizza Hut selama tiga tahun sejak tahun 1992. 

Keterangan itu disampaikan Ahok usai persidangan yang digelar pada Selasa kemarin. Dalam sidang itu, lanjut Ahok, Novel yang menjabat sebagai Sekjen FPI menjalani pemeriksaan. 

" Lalu ada saksi yang malu kerja di Pizza Hut tapi sengaja diubah jadi `Fitsa Hats`. Saya sampai ketawa. Padahal semua mesti tanda tangan (di BAP). Dia bilangnya nggak memperhatikan," kata Ahok usai menjalani sidang di depan auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, kemarin. 

Ahok menyebut Novel malu lantaran bekerja di perusahaan Amerika yang notabene. 

" Saya pikir dia malu tidak boleh dipimpin oleh yang tidak seiman. Pizza Hut kan punya Amerika. Dia tulis Fitsa Hats. Ini saksi atas nama Habib Novel dan menuduh saya membunuh dua anak buahnya," ucap dia.

Lalu, benarkah Novel pernah bekerja di Pizza Hut?

Apa Kata Novel?

Dream - Terkait hal ini, Novel membenarkan perkataan Ahok. Dia mengakui pernah bekerja di restoran waralaba asal Amerika Serikat itu.

" Betul, saya pernah kerja di Pizza Hut," kata Novel saat berbincang dengan Dream melalui sambungan telepon, Rabu 4 Januari 2017. 

Tetapi, Novel belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut mengenai pengalamannya bekerja di restoran itu. 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Ahok Kritik Bansos: Itu Zaman Kerajaan, Ketika Rakyat Minta Belas Kasihan Raja

Ahok Kritik Bansos: Itu Zaman Kerajaan, Ketika Rakyat Minta Belas Kasihan Raja

Ahok tidak ingin rakyat Indonesia hanya mendapatkan bantuan sosial, alih-alih mendapatkan keadilan sosial.

Baca Selengkapnya
Curhat Pilu Mahasiswi Kerja di 3 Tempat Demi Hidupi Adik dan Nenek Angkat karena Sang Ibu Kabur

Curhat Pilu Mahasiswi Kerja di 3 Tempat Demi Hidupi Adik dan Nenek Angkat karena Sang Ibu Kabur

Curhat pilu wanita mengaku lelah batin saat konsul dengan ustadz Hanan bikin penonton berderai air mata

Baca Selengkapnya
Ahok Tak Komunikasi dengan Jokowi Soal HUT PDIP: Saya Enggak Ada WA Beliau

Ahok Tak Komunikasi dengan Jokowi Soal HUT PDIP: Saya Enggak Ada WA Beliau

Dia mengatakan kunjungan kerja ke luar negeri tersebut sudah dijadwalkan sejak lama. Dia membantah apabila kunjungan kerja itu untuk menghindari HUT PDIP

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
DRESS IT! Tips Lipat Celana Jeans

DRESS IT! Tips Lipat Celana Jeans

Kalian saat memakai celana kepanjangan pasti suka melipat bagian bawahnya biar terlihat rapi. Nah, mungkin tips ini yang sedang kalian cari.

Baca Selengkapnya