Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Jadi Tersangka Pembunuhan Mirna, Apa Motif Jessica?

Jadi Tersangka Pembunuhan Mirna, Apa Motif Jessica?

Dream - Tersangka kasus kematian Wayan Mirna Salihin, Jessica Kumala Wongso, terus berkelit berkelit saat diperiksa penyidik Polda Metro Jaya. Keterangan yang diberikan tidak konsisten. Jessica juga bungkam saat ditanya tentang motif tindakan yang dituduhkan kepadanya.

"Saya rasa sulit ya untuk mengungkap motif. Tapi kan dalam menetapkan tersangka tak harus melalui keterangan tersangka tapi bisa dari alat bukti lain," kata Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Edy Hasibuan, di Jakarta, Sabtu 30 Januari 2016.

Jessica memang belum tentu bersalah dalam kasus kematian Mirna --yang tewas setelah menyeruput "kopi bersianida" di kedai Olivier, Grand Indonesia, pada 6 Januari silam. Tapi, polisi mengklaim punya cukup alat bukti untuk meningkatkan statusnya dari saksi menjadi tersangka.

Polisi masih menggali keterangan. Baik dari Jessica maupun para saksi. Dan semua tuduhan ini akan dibuktikan di pengadilan. Termasuk motif pembunuhan dalam kasus ini. Yang jelas, saat ini, polisi sudah menjerat Jessica dengan Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana.

Sementara itu, Direskrimum Polda Jaya, Komisaris Besar Polisi Krishna Murti, tak mau mengungkap keterangan yang disampaikan oleh Jessica, termasuk yang diberikan saaat masih berstatus sebagai saksi.

"Untuk masalah substansi kita jangan ditanya. Kami tidak bisa menyampaikan substansi penyelidikan dan penyidikan. Kami akan buka di pengadilan," kata Krishna.

Meski demikian, Polda Metro akan memberikan keterangan terkait kasus ini pada Minggu 31 Januari 2016. "Rilis kasus Mirna besok pagi," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar M Iqbal.

Pengacara Jessica, Yudi Wibowo, mengaku keberatan atas status tersangka yang diberikan pada kliennya. Sebab, dia menganggap penetapan tersangka itu tidak memiliki dasar yang kuat. "Buktinya nggak kuat kok main tangkap, ini kan negara hukum," kata Yudi ketika dihubungi.

Yudi segera ke Jakarta untuk berkoordinasi dengan Jessica. "Senin (1 Februari 2016) saya bicarakan soal ini. Klien saya nggak punya senjata, bukan teroris juga kok bisa ditangkap seperti ini, ya," tutur Yudi yang mengaku heran dengan penangkapan Jessica.

Jessica Santai

Menurut Edy, Jessica tampak santai dan tenang saat menjalani pemeriksaan. Saat diinterograsi petugas, tambah Edy, wajah Jessica tidak menampilkan kesan kaku dan takut. "Saya lihat Jessica di dalam cukup baik. Dia kooperatif dan tidak terlihat stress," ucap dia.

Edy mengapresiasi Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya dalam menangani kasus ini. Sebab, selain cepat, penyidik juga memberikan pelayanan yang baik kepada Jessica. "Bahkan dikasih makan dan minum juga dari polisi. Makanya badannya juga tidak lemas dan bugar," ujar dia.

 

Tiga Fakta Hubungan Jessica dengan Suami Mirna

Dream - Darmawan Salihin, Ayah Wayan Mirna mengaku tidak mengetahui sejauh apa kedekatan Jessica dan suami Mirna, Arief.

Dia juga tak mengetahui secara pasti jalinan perkawanan Mirna, Jessica dan Arief di Negeri Kanguru, tempat mereka kuliah. "Wah ngga ngerti itu anak-anak," kata dia.

Sebelumnya, Jessica membantah jika ia memiliki hubungan spesial dengan suami Mirna, Arief. 

Berikut fakta-fakta hubungan antara Jessica dengan suami Mirna berdasarkan penuturan Jessica dalam wawancara dengan salah satu stasiun televisi nasional, beberapa waktu lalu;

Pertama, ia mengenal Arief sejak sebelum menikah dengan Mirna dan itu hanya sekadar kenal, tetapi bukan teman.

Kedua, Jessica mengaku jarang bertemu Arief. Pertemuannya dengan Arief selalu bersama Mirna.

Ketiga, sebelum ngopi bersama Mirna dan Hani, Jessica pernah bertemu di restoran bersama Arief dan Jessica di Jakarta, 12 Desember 2015.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Dream, aktivitas Arief di Australia tidak semenonjol Jessica. Di kalangan warga Australia di Indonesia, sosok Jessica dikenal aktif bekerja di lembaga sosial bernama Sidney Ambulance.

"Kami tidak mengenal Arief. Kalau Jessica, kami dengar bekerja di Sidney Ambulance," tulis sumber Dream di kalangan pelajar Indonesia di Australia melalui pesan WhatsApp.

Hal ini dibenarkan Darmawan. Dia juga mendengar jika Jessica pernah bekerja di lembaga itu. "Saya dengar kerja di ambulans di Australia," kata Darmawan.

Sidney Ambulance merupakan layanan kesehatan milik pemerintah Australia. Di sana, Jessica berperan sebagai desainer poster kampanye kesehatan. (Ism) 

Alat Bukti Polisi Signifikan Tetapkan Tersangka

Dream - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya terus memperbanyak informasi, selama proses penyidikan kasus kematian Wayan Mirna Salihin. Salah satunya adalah meminta pendapat ahli.

Salah satunya pendapat dari ahli psikologi sosial yang juga Guru Besar Psikologi Universitas Indonesia Profesor Sarlito Wirawan Sarwono. 

Sarlito diundang untuk memberikan analisis terkait barang bukti yang telah didapat penyidik. Dalam analisisnya, Sarlito menilai alat bukti kematian Mirna telah signifikan untuk pembuktian.

"Saya diminta untuk memberikan kesaksian mengenai alat bukti. Menurut saya, alat bukti tersebut sudah signifikan," kata Sarlito di Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Kamis, 28 Januari 2016.

Sarlito mengatakan beberapa alat bukti krusial yang didapat tim penyidik kini telah siap digunakan, sebagai bahan pertimbangan penetapan tersangka.

Tetapi, dia enggan merinci apakah alat bukti yang dianalisisnya untuk menuruti saran dari Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.

"Saya tidak diperkenankan memberikan informasi. Pokoknya alat bukti krusial sudah siap lah. Saya sudah laporkan ke berita acara," ucap dia.

Lebih lanjut, Sarlito enggan memberikan informasi apakah keterangannya akan digunakan untuk penetapan tersangka kasus Mirna. Dia menyerahkan hal itu kepada kepolisian.

"Itu kewenangan Pak Dir. Terserah, yang melanjutkan," ucap dia.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Krishna Murti yang mengantar Sarlito keluar ruangan penyidik enggan memberikan komentar.

Krishna juga belum mau membeberkan informasi rencana penggeledahan rumah Jessica yang kabarnya akan dijalankan hari ini.

"Sudah, sudah. Saya enggak ada komentar. Saya enggak bicara kabar (penggeledahan)," kata dia berlalu. (Ism) 

Hasil Tes Kebohongan Jessica

Dream - Kuasa hukum Jessica Kumala Wongso, Yudi Wibowo berkukuh kliennya tidak memberikan keterangan palsu terkait kematian Wayan Mirna Salihin. Yudi meyakinkan, kliennya justru yang mengalami syok dengan kematian Mirna.

Belum selesai syok yang dialami, kata Yudi, berhembus kabar negatif yang menyudutkan kliennya. Kabar menyebut Jessica sebagai tersangka membuat klien Yudi semakin tertekan secara kejiwaan.

"Jessica trauma. Dia juga ketakutan, kok sahabatnya meninggal seperti itu. Jessica itu sedih," ujar Yudi, Kamis, 28 Januari 2016.

Yudi mengatakan penyidik telah menyampaikan hasil pemeriksaan tim forensik kepada keluarga Jessica. Hasilnya menyatakan Jessica tidak memberikan keterangan bohong.

"Hipnoterapi, psikiatri, psikologi itu bagus hasilnya, nggak ada kebohongan pada Jessica," kata dia.

Mengenai perkembangan proses penyidikan, dia meminta penyidik untuk menggeledah rumah semua saksi terkait kasus kematian Mirna. Sebab, penggeledahan yang hanya dilakukan di rumah kliennya itu membuat keluarga Jessica tersudutkan.

"Kalau mau adil. Semua saksi dong digeledah. Suaminya, ayahnya, teman lainnya, dan lainnya," ucap dia.

Menurut dia, apabila polisi hendak melakukan penggeledahan ulang, seharusnya tidak dilakukan di rumah Jessica. Sebab, usai kejadian, polisi sudah terlalu sering melakukan penggeledahan di lokasi tersebut.

Sementara saat dikonfirmasi terkait adanya dugaan intimidasi saat penggeledahan, Yudi memberikan bantahan.

"Soal intimidasi itu tidak ada. Dari pihak mana pun tak ada intimidasi. Jadi, di Komnas HAM pun kami hanya diskusi soal penggeledahan pertama saja itu," kata dia. (Ism) 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
9 Arti Mimpi Melihat Keranda Jenazah, Tak Selalu Mengerikan Seperti Penampakannya

9 Arti Mimpi Melihat Keranda Jenazah, Tak Selalu Mengerikan Seperti Penampakannya

Arti mimpi melihat keranda jenazah mungkin terdengar menyeramkan bagi sebagian orang.

Baca Selengkapnya
13 Arti Mimpi Jadi Jenazah yang Bikin Ketakutan, Ternyata Sinyal dari Alam Bawah Sadar, Perhatikan Baik-Baik!

13 Arti Mimpi Jadi Jenazah yang Bikin Ketakutan, Ternyata Sinyal dari Alam Bawah Sadar, Perhatikan Baik-Baik!

Mimpi melihat diri sendiri jadi jenazah kerap menimbulkan kebingungan dan ketakutan.

Baca Selengkapnya
9 Anjing yang 'Paling Menakutkan' Dilihat dari Perawakannya

9 Anjing yang 'Paling Menakutkan' Dilihat dari Perawakannya

Inilah beberapa jenis anjing yang jika dilihat dari perawakannya membuat takut.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Mengungkap 6 Arti Mimpi Dikejar Kambing Ngamuk, Menandakan Masalah yang Akan Dihadapi

Mengungkap 6 Arti Mimpi Dikejar Kambing Ngamuk, Menandakan Masalah yang Akan Dihadapi

Mimpi ini dapat menggambarkan rasa takut, kegelisahan, atau perasaan terancam yang mungkin dialami seseorang dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Selengkapnya
Mimpi Apa Semalam! Datang ke Kondangan, Busana Wanita Ini Malah Mirip dengan Baju Pengantin Pria, Reaksi Kedua Mempelai Tak Terduga

Mimpi Apa Semalam! Datang ke Kondangan, Busana Wanita Ini Malah Mirip dengan Baju Pengantin Pria, Reaksi Kedua Mempelai Tak Terduga

seorang tamu wanita mencuri perhatian, lantaran penampilannya terlihat sama dengan kedua mempelai dalam acara pernikahan.

Baca Selengkapnya
7 Ciri Perempuan yang Terkena Tipu Daya Dajjal, Salah Satunya Suka Mengumpat dan Tidak Bersyukur atas Pemberian Suami

7 Ciri Perempuan yang Terkena Tipu Daya Dajjal, Salah Satunya Suka Mengumpat dan Tidak Bersyukur atas Pemberian Suami

Dalam sebuah hadis dijelaskan bahwa perempuan adalah pengikut Dajjal yang jumlahnya banyak.

Baca Selengkapnya
10 Arti Mimpi Dikejar Mayat yang Menyeramkan, Dipercaya sebagai Pertanda Sial

10 Arti Mimpi Dikejar Mayat yang Menyeramkan, Dipercaya sebagai Pertanda Sial

Arti mimpi dikejar mayat merupakan salah satu hal yang seringkali membuat sebagian orang merasa takut dan cemas.

Baca Selengkapnya
15 Arti Mimpi Membeli Beras yang Salah Satunya Diyakini Sebagai Simbol Kemakmuran

15 Arti Mimpi Membeli Beras yang Salah Satunya Diyakini Sebagai Simbol Kemakmuran

Arti mimpi membeli beras dapat bervariasi tergantung pada pengalaman pribadi dan kondisi psikologis seseorang.

Baca Selengkapnya