Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cerita Coretan Pangkalan Ojek 'Kubilan' yang Bikin Ngakak

Cerita Coretan Pangkalan Ojek 'Kubilan' yang Bikin Ngakak Rio Dwi Warso Dan Papan Kreatifnya (Dream.co.id/Maulana Kautsar)

Dream - Tiga pengojek tertawa girang karena membaca berita mengenai pangkalan ojeknya diterbitkan di laman media online. Ojek+Plus tempat mereka biasa menunggu penumpang masuk ditulis di media online.

Memang, pangkalan ojek Jalan Karbela Timur, Kelurahan Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan itu tak biasa. Penyebabnya, ada papan berisi kutipan kocak 'Kubilan', kependekan 'Kuliah Sambil Berjalan.

Papan nama pangkalan ojek itu terpasang bukan tanpa sebab. Para 'mahasiswanya' memang belajar sambil jalan.

Si penulis pesan-pesan kocak itu adalah Rio Dwi Warso. Pria berusia 48 tahun itu oleh kawan pengojeknya dipanggil Dosen.

Apa saja kalimat kocak Rio, klik halaman selanjutnya:

 

Awalnya Tempat Curhat

Rio bercerita mengenai awal mula dia membuat papan Kubilan itu. Papan itu awalnya dimaksudkan sebagai media curahan isi hati. Berbekal bahan tak terduga, Rio membuat papan itu.

"Bahannya dari papan triplek bekas ucapan belasungkawa," ucap Rio saat berbincang dengan Dream, Rabu, 19 Oktober 2016.

Dengan triplek bekas dan arang, dia menulis pesan bernada kocak pada 2010-an. Tetapi, kata dia, lama kelamaan papan itu dicat hitam dan ditulisi menggunakan kapur putih agar mudah dihapus.

Setiap harinya, dia kerap menuliskan kalimat-kalimat lucu. Misalnya, 'orang bijak taat pajak, orang jahat korupsi pajak, orang gila nggak diajak', 'ingat sakit cinta tak ditanggung BPJS, atau 'sedia kamu sebelum hujan, biar nggak...kedinginan'.

Hari ini, Kubilan masih berisi pesan tiga hari lalu. Pesan itu yaitu, 'gue ga ngiler tahta, harta, dan wanita, tapi karena tidur miring'.

"Karena kapurnya lagi habis," ucap dia berseloroh.

 

Inspirasi Kalimat Kocak

Dia mengaku kerap mendapat inspirasi dari obrolan-obrolan santai dan internet. Dari kata-kata itu dia mencoba mengolah agar bernada humor.

Pria yang sehari-hari beraktivitas sebagai pengemudi ojek itu kemudian merangkum kata-kata agar menjadi lucu. Misalnya saja, 'berakit-rakit ke hulu berenang kemudian, mantan sudah ke penghulu, gue masih sendirian'.

Tak jarang dia mengabadikan momen pasangan kekasih yang terlihat sedang bertengkar di pinggir jalan. Karena melihat kejadian itu, dia kemudian menulis, 'jangan menangis karena putus cinta, masih banyak yang lain karena dunia tak selebar lingkaran kolor'.

"Saya ibaratnya kan cuma pengen buat orang seneng," ucap dia tertawa.

Rio mengaku tak mempersoalkan biaya yang dihabiskan untuk membeli kapur. Sebab, kata dia, hobinya mencurahkan kata-kata kocak itu hanya mengejar kepuasan batin.

"Kepuasan hati susah dibeli, kalau banyak duit hati nggak puas, ya kayak orang bingung," ucap dia.

 

Ada Juga Pesan Moral

Tak sebatas kata-kata humor semata, di hari Jumat, dia juga kerap menulis pesan-pesan moral. Dia memberi tema di hari Jumat dengan 'Buletin Jumat'.

Jumat pekan lalu misalnya, dia menulis, 'orang sabar itu kuburannya lebar, ber-ac ada wifi, kamar mandinya di dalem'.

"Kata-kata itu lucu, tapi dalem sampai orang pengen baca lagi," kata dia.

Papan Kosong, Dosen Cuti!

Karena kreativitasnya itu, banyak pengendara yang melintasi jalanan belakang apartemen Skyline Building itu berhenti. Alasannya remeh, sekadar memotret atau memaknai pesan itu.

Meski begitu, hobi menuliskan pesan-pesan humor itu terkadang harus kosong. Sebab, dalam dua bulan sekali dia harus mengunjungi anak istrinya yang tinggal di Magetan, Jawa Timur.

Tetapi, pria asli Setiabudi itu tak ingin membiarkan papan Kubilan kosong. Selama dua minggu berlibur, dia menulis, 'Dosen Cuti!'.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
15 Kastil yang Tertua di Dunia, Mana yang Bikin Kamu Tertarik?

15 Kastil yang Tertua di Dunia, Mana yang Bikin Kamu Tertarik?

Kastil adalah bangunan megah dan bersejarah yang banyak dibangun pada masa perang. Yuk, simak 15 kastil yang paling tua di dunia!

Baca Selengkapnya
Bocah di Jakarta Utara 'Disunat Jin' Usai Kencing di Kali, Ternyata Ini yang Terjadi

Bocah di Jakarta Utara 'Disunat Jin' Usai Kencing di Kali, Ternyata Ini yang Terjadi

Begini cerita aslinya dibalik kejadian seorang anak laki-laki berusia 6 tahun yang disunat oleh jin!

Baca Selengkapnya
Kocak Tapi Bikin Geregetan! Dikira Digondol Siluman Buaya, Ternyata 2 Bocah di Brebes 'Santuy' Ikut Lihat Proses Pencarian Tim SAR

Kocak Tapi Bikin Geregetan! Dikira Digondol Siluman Buaya, Ternyata 2 Bocah di Brebes 'Santuy' Ikut Lihat Proses Pencarian Tim SAR

Kedua bocah yang dikabarkan hilang ternyata tidur nyenyak di rumah, setelah bangun tidur mereka ikutan nonton pencarian.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Racikan Mi Rebus Medan, Kuah Kentalnya Sedap Bikin Ketagihan

Racikan Mi Rebus Medan, Kuah Kentalnya Sedap Bikin Ketagihan

Mie rebus Medan, hidangan khas dari Sumatera Utara, menawarkan cita rasa istimewa dalam satu mangkuk

Baca Selengkapnya
Sapi Terjebak di Kuburan saat Banjir, Mau Ngakak Tapi Kasihan

Sapi Terjebak di Kuburan saat Banjir, Mau Ngakak Tapi Kasihan

Momen kocak sapi nyemplung lubang kuburan, ekspresinya nampak pasrah

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Menu Telur Favorit

BUNGKUS! Menu Telur Favorit

Hidangan berbahan telur bisa disajikan dalam aneka masakan. Nah, kira-kira kalian suka menu telor yang bagamana? Komentar di bawah yuk

Baca Selengkapnya