Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Ulama Haramkan Catur

Ulama Haramkan Catur Permainan Catur (hobbycaturku.blogspot.com)

Dream - Ulama agung Arab Saudi Sheikh Abdul Aziz bin Abdullah Al Sheikh mengeluarkan fatwa mengejutkan. Dia menyatakan permainan catur haram dikerjakan, seperti dilaporkan Guardian.

"Permainan catur itu buang-buang waktu dan berpotensi menghambur-hamburkan uang. Itu menyebabkan permusuhan dan kebencian di antara orang-orang," kata Sheikh Abdullah , diterjemahkan dari Middle East Eye.

Meski begitu, fatwa itu tidak berlaku mutlak. Sejumlah media menyebut fatwa Sheikh Abdullah tidak memiliki kekuatan hukum.

Sheikh Abdullah mengeluarkan fatwa ini dengan merujuk pada ayat Alquran yang mengharamkan mabuk, judi, menyembah berhala, dan meramal.

Ulama Besar Syiah Irak Ayatollah Ali Al Sistasi pada 1979 mengeluarkan fatwa haram mutlak untuk permainan catur, dengan atau tanpa uang.

Catur diyakini berasal dari India. Permainan begitu populer di seluruh dunia, termasuk di Timur Tengah.

Harian Independent mengutip, Presiden Asosiasi Catur seluruh Saudi, Musa bin Thaily, menegaskan kejuaraan catur di Mekah tetap akan digelar pada Jumat ini. 

(Ism, Sumber: ibnlive.com)

Waspada Pisang Goreng Haram!

Dream - Mungkin Anda akan kaget mendengar kabar bahwa pisang goreng, camilan favorit banyak orang Indonesia, ternyata bisa jadi haram.

Padahal buah pisang sendiri secara alami bersifat halal. Lantas, apa yang menyebabkan pisang goreng menjadi syubhat atau diragukan kehalalannya?

Ternyata, masalahnya terletak pada minyak yang digunakan untuk menggoreng pisang. Minyak goreng bisa jernih dan berwarna kuning keemasan tanpa bau tengik minyak mentah. Hal ini karena minyak goreng telah melalui proses penjernihan. Proses ini melibatkan karbon aktif.

Di industri makanan dan obat-obatan, karbon aktif digunakan untuk menyaring cairan serta menyerap dan menghilangkan warna, bau dan rasa yang tidak diinginkan.

Karbon aktif bisa dibuat dari bahan nabati seperti kayu dan tempurung kelapa yang diolah menjadi arang, maupun dari bahan hewani seperti tulang binatang yang diproses menjadi arang.

"Nah, kalau berasal dari tulang hewan, karbon aktif harus diteliti dulu lewat proses sertifikasi halal. Jangan sampai menggunakan tulang babi," ujar Ir Nur Wahid MSi, seperti dikutip dari situs LPPOM MUI.

Menurut Kepala Bidang Pembinaan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Daerah itu, tulang babi banyak dimanfaatkan sebagai karbon aktif di negara-negara Eropa.

Di sana, stok tulang babi sebagai limbah rumah pemotongan hewan melimpah. Selain itu, tempurung kelapa dan kayu juga sulit didapat.

Karena itu, tentu karbon aktif dari tulang babi jadi lebih murah. Apalagi, di negara-negara Barat umumnya tak ada pertimbangan halal-haram.

Para ulama di Komisi Fatwa (KF) MUI juga telah menetapkan fatwa, tidak boleh ada pemanfaatan babi dalam proses pengolahan produk pangan.

Karena itu, proses sertifikasi halal oleh LPPOM MUI dan penetapan fatwa halal oleh KF MUI adalah usaha memastikan bahan dan produksi pangan, obat-obatan, dan kosmetik benar-benar bebas dari unsur haram menurut syariah.

(Ism, Sumber: LPPOM MUI)

Pekerjaan-pekerjaan Haram di Akhir Zaman

Dream - Ada pameo klasik yang mengatakan, "mencari yang haram saja sulit, apalagi yang halal". Ungkapan tersebut jelas tak sejalan dengan nilai moral, meski realitanya demikian.

Banyak orang yang tak peduli jika pekerjaan yang dilakukannya tidak halal atau melanggar ketentuan syariat. Mereka tetap menjalaninya selama bisa memenuhi kebutuhan perut.

Jauh sebelum kondisi ini banyak terjadi di masyarakat, Rasulullah SAW sudah pernah memperingatkan umatnya untuk mewaspadai pekerjaan-pekerjaan yang haram.

Beliau menyebutkan, salah satu tanda rusaknya akhlak umat manusia adalah ketidakpedulian mereka terhadap cara mencari harta kekayaan. Di antara pekerjaan-pekerjaan yang dilarang adalah sebagai berikut.

1. Pekerjaan yang berupa kesyirikan dan sihir, seperti perdukunan, paranormal, "orang pintar", peramal nasib, dan pekerjaan lain sejenisnya.

2. Memperjualbelikan hal-hal yang diharamkan oleh syariat, seperti bangkai, babi, darah, anjing, patung, lukisan makhluk yang bernyawa, minuman keras, narkotika, dan lainnya.

Ingin tahu pekerjaan-pekerjaan yang diharamkan lainnya? Simak di sini.     

17 Wanita yang Haram Dinikahi Pria

Dream - Pernikahan merupakan sunnah Rasul yang akan mendatangkan pahala yang besar jika dilakukan. Namun tidak dengan wanita-wanita berikut ini. Allah SWT dan rasul-Nya mengharamkan pria menikahi sepuluh wanita ini selamanya.

Bukannya mendapatkan pahala, pernikahan dengan wanita-wanita yang diharamkan ini justru akan mendatangkan petaka. Tidak hanya terlarang oleh agama, namun pernikahan ini akan berdampak terhadap kesehatan keturunan yang nantinya dilahirkan.

Umat Islam tentu perlu mengetahui siapa saja wanita yang diharamkan untuk dinikahi tersebut. Mengingat banyaknya kasus pernikahan yang tiba-tiba menghebohkan karena dianggap tidak lazim terjadi. Lantas siapa saja wanita yang haram dinikahi pria?

Allah SWT secara tegas melarang pria menikahi wanita karena hubungan nasab. Hal ini dijelaskan dalam qalam Allah QS.An-Nisaa:23 yang artinya:

Diharamkan atas kamu (mengawini) ibu-ibumu, anak-anakmu yang perempuan, saudara-saudaramu yang perempuan, saudara-saudara bapakmu yang perempuan, saudara-saudara ibumu yang perempuan, anak-anak perempuan dari saudara-saudaramu yang laki-laki, anak-anak perempuan dari saudara-saudaramu yang perempuan, [QS.An-Nisaa:23]

Berdasarkan surat di atas dapat dikelompokan sebagai berikut. Selengkapnya klik di sini.

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi 

 

 

Hukum Menggunakan Perabot Emas dan Perak, Halal atau Haram?

Dream - Beberapa keluarga menyimpan perabot yang terbuat dari emas dan perak. Baik untuk disimpan ataupun digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Lantas, bagaimana sebenarnya hukum menggunakan perabotan yang terbuat dari emas maupun perak itu? Dalam Islam, Rasulullah sudah memberikan petunjuk melalui hadis.

Janganlah kalian minum dari perabot yang terbuat dari emas dan perak, dan janganlah kalian makan pada talam dari emas dan perak.” [HR. Bukhori dan Muslim]

Sebagaimana dikutip Dream dari laman Nahdlatul Ulama (NU) Jombang, Selasa 5 Januari 2016, hadis itu menunjukkan penggunaan perabot dari emas dan perak haram hukumnya.

Tak hanya untuk makan dan minum, penggunaan perabot emas dan perak haram digunakan untuk keperluan seperti wudu, mandi, dan lainnya. Alasannya, karena diqiyaskan (disamakan) pada makan dan minum.

Perabot dari emas dan perak juga haram digunakan, meskipun benda tersebut tergolong kecil, seperti alat alat celak, wadah celak, tusuk gigi, jarum, ataupun sisir. Hukum menyewakannya pun juga haram.

Bagaimana jika perabot itu tidak digunakan, alias dimiliki untuk disimpan saja? Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

Dalam Hukum Islam 5 Cara Berdandan Ini Diharamkan

Dream - Seorang muslimah memang dianjurkan untuk pandai merawat diri. Tak hanya kecantikan batin, kecantikan secara fisik pun penting untuk mempercantik diri.

Untuk bisa mempercantik diri biasanya para wanita berdandan atau berhias dengan segala pesonanya. Namun jangan salah, tak jarang cara mempercantik diri yang dilakukan kaum muslimah justru mendatangkan mudharat dan dosa.

Jauhi lima cara berdandan dan berhias berikut ini agar sesuai dengan ketentuan Isalam yang dianjurkan oleh Rasulullah SWA :

 

1. Mencabut Bulu Alis

Mencabut bulu alis lalu membentuknya agar bagus menjadi trend dikalangan kaum hawa. Namun sejak dahulu Rasulullah SAW sangat membenci perempuan yang dengan sengaja mencabut alisnya.

"Telah dilaknat wanita yang menyambung rambut dan wanita yang minta untuk disambung rambutnya, wanita yang mencabut alis dan wanita yang minta dicabut alisnya, wanita yang mentato dan wanita yang minta untuk ditato, tanpa ada penyakit". (HR. Abu Daud)

 

2. Berdandan Dengan Membuka Aurat

Bilamana ada perempuan yang mempercantik diri dengan membuka aurat yang seharusnya ditutupi, maka cara tersebut dilarang.

Rasulullah SAW bersabda;

"Sesungguhnya seorang wanita itu jika sudah haidh (sudah baligh) tidak boleh terlihat dari dirinya kecuali ini dan ini”. Beliau menunjuk wajahnya dan kedua telapak tangannya". (HR. Abu Daud)

 

3. Berdandan Seperti Laki-laki

Jika seorang perempuan berdandanan layaknya seperti seorang laki-laki, maka dandanan tersebut dilarang oleh agama.

"Rasulullah SAW melaknat laki-laki yang berpakaian wanita dan wanita yang berpakaian laki-laki." (HR Ahmad)

 

4. Memakai Rambut Palsu dan Menyambung Rambut

Menggunakan rambut palsu/wig atau menyambung rambut dengan tujuan agar tampilan lebih menarik termasuk dalam dandanan yang dilarang oleh islam.

"Sesungguhnya Rasulullah SAW melaknat wanita yang menyambung rambut dan meminta untuk disambung rambutnya." (HR Muslim)

 

5. Menggunakan Parfum Dengan Berlebihan

Rasulullah SAW bahkan menyebut wanita yang menggunakan parfum untuk keluar rumah layaknya seorang penzina.

"Wanita mana saja yang memakai parfum kemudian lewat pada suatu kaum supaya mereka mencium bau parfum itu maka perempuan itu telah berzina." (HR An Nasai)

"Wanita mana saja yang memakai parfum lalu melewati suatu kaum supaya mereka mencium bau parfum itu maka perempuan itu telah berzina." (HR Ahmad)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
MUI: Haram Hukumnya Memberi dan Menerima ‘Serangan Fajar’

MUI: Haram Hukumnya Memberi dan Menerima ‘Serangan Fajar’

MUI: Haram Hukumnya Memberi dan Menerima ‘Serangan Fajar’

Baca Selengkapnya
Arab Saudi Buka Toko Minuman Keras Pertama dalam 72 Tahun Terakhir, Ini Pendapat Ulama tentang Tanda Kiamat

Arab Saudi Buka Toko Minuman Keras Pertama dalam 72 Tahun Terakhir, Ini Pendapat Ulama tentang Tanda Kiamat

Arab Saudi akan membuka toko alkohol pertama di Kota Riyadh.

Baca Selengkapnya
Bagaimana Hukum Keluar Mani Siang Hari saat Ramadan karena Jimak di Malam Hari?

Bagaimana Hukum Keluar Mani Siang Hari saat Ramadan karena Jimak di Malam Hari?

Mani adalah cairan berwarna putih yang keluar dari kemaluan. Biasanya diiringi rasa nikmat disertai syahwat.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Hukum Menabrak Kucing dalam Islam dan Mitos yang Berkaitan dengan Kehamilan

Hukum Menabrak Kucing dalam Islam dan Mitos yang Berkaitan dengan Kehamilan

Hukum menabrak kucing dalam Islam dan pandangan tentang motis berbahaya buat keselamatan ibu hamil.

Baca Selengkapnya
Bagaimana Hukum Memberi Nafkah dengan Uang Haram pada Keluarga? Ini Dia Bahayanya yang Harus Diwaspadai

Bagaimana Hukum Memberi Nafkah dengan Uang Haram pada Keluarga? Ini Dia Bahayanya yang Harus Diwaspadai

Melalui nafkah halal itulah yang mampu mendatangkan keberkahan dan juga pahala dari Allah SWT.

Baca Selengkapnya
Kemenag: Produk Non Halal Wajib Cantumkan Keterangan Tidak Halal

Kemenag: Produk Non Halal Wajib Cantumkan Keterangan Tidak Halal

Produk yang berasal dari bahan tidak halal atau non halal akan dikecualikan dari kewajiban sertifikat halal.

Baca Selengkapnya
Ciri-Ciri Pemimpin Zalim Menurut Islam, Akibat dan Ancaman bagi Orang yang Mengikutinya

Ciri-Ciri Pemimpin Zalim Menurut Islam, Akibat dan Ancaman bagi Orang yang Mengikutinya

Ciri-ciri pemimpin zalim menurut Islam ialah bahwa mereka memiliki sikap yang buruk di mata masyarakat.

Baca Selengkapnya
Manfaat dan Hukum Mencium Anak dalam Islam, Salah Satu Sunah Nabi yang Mulia

Manfaat dan Hukum Mencium Anak dalam Islam, Salah Satu Sunah Nabi yang Mulia

Ciuman orang tua kepada anaknya memiliki banyak makna, seperti kasih sayang, perhatian, cinta, dan rindu.

Baca Selengkapnya
6 Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Hadapi Orang Sakaratul Maut, Tuntun Kalimat Tauhid!

6 Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Hadapi Orang Sakaratul Maut, Tuntun Kalimat Tauhid!

Kita perlu mendampingi orang yang sedang menghadapi sakaratul maut dengan menuntunnya membaca kalimat Allah.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Ekspektasi X Realita Karyawan Saat Weekend

NOTED KAK! Ekspektasi X Realita Karyawan Saat Weekend

Sahabat Sream suka gak sih ketika ekspetasi mau leyeh-leyeh tapi diminta bantuan pekerjaan. Kalau perasaan kalian bagaimana?

Baca Selengkapnya