12 Tips dan Cara Mencuci Mobil Sendiri di Rumah, Dijamin Bersih!

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Senin, 9 September 2019 15:47
12 Tips dan Cara Mencuci Mobil Sendiri di Rumah, Dijamin Bersih!
Mencuci mobil sendiri di rumah, kenapa tidak? Berikut tips dan cara mencuci mobil sendiri di rumah, dijamin membuat mobil Anda sebersih mencuci di tempat pencucian mobil.

Dream - Bagi sebagian orang, mencuci mobil sendiri di rumah menjadi hal yang sulit dilakukan. Selain karena alasan kesibukan, mencuci mobil sendiri di rumah dirasa kurang bersih dan efektif.

Penasaran bagaimana tips mencuci mobil sendiri di rumah bisa sebersih di tempat pencucian mobil?

Ada banyak keuntungan yang bisa kita peroleh dengan mencuci mobil sendiri di rumah. Selain bisa menghemat pengeluaran untuk mobil, kita juga bisa melihat langsung kondisi mobil dan melakukan pengecekan sendiri sekala berkala.

Dilansir dari laman Reader’s Digest, ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk mencuci mobil sendiri di rumah.

Tips dan cara mencuci mobil ini diklaim sebagai rahasia membuat mobil tampak lebih bersih dan kinclong dan kerap digunakan di berbagai tempat pencucian mobil.

1 dari 5 halaman

Tips Mencuci Mobil Menggunakan Alat yang Tepat

 Cara Mencuci Mobil

1. Jangan Menggunakan Sabun Cuci Piring

Mencuci mobil dengan menggunakan sabun mencuci piring atau pencuci lainnya, mungkin kerap dilakukan oleh sebagian orang yang mencuci mobil mereka sendiri di rumah.

Menggunakan sabun cuci piring memang hemat, tapi tidak aman untuk mobil, karena dapat menghilangkan lapisan lilin pada mobil. Gunakan sabun khusus pencuci mobil untuk hasil yang lebih maksimal dan aman.

2. Jangan Menggunakan Lap Biasa

Tips dan cara mencuci mobil sendiri di rumah yang tepat ialah dengan menggunakan handuk microfiber yang khusus untuk mencuci mobil. Jangan menggunakan lap biasa, seperti kain atau spons, karena dapat merusak cat dan lapisan mobil.

Selain itu, menggunakan handuk microfiber juga akan memudahkan pembersihan.

3. Membersihkan Alat Pencuci Secara Berkala

Tips yang tak kalah penting untuk dilakukan ketika mencuci mobil sendiri di rumah ialah menjaga kebersihan alat pencuci yang sering digunakan.

Hal ini untuk menghindari debu dan kotoran yang menumpuk di alat pembersih saat tidak digunakan. Kalau alat kotor dan debu menempel di kain misalnya, akan membuat lapisan mobil tergores.

2 dari 5 halaman

Tips Mencuci Mobil di Tempat Tepat

Setelah alat untuk mencuci mobil sendiri sudah siap, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum mulai mencuci mobil.

4. Mencuci Mobil di Tempat Teduh

Memilih tempat yang pas untuk mencuci mobil sendiri di rumah sangatlah penting. Carilah tempat yang cukup luas dengan aliran air yang mudah. Selain itu, carilah tempat mencuci mobil yang teduh.

Hal ini untuk menghindari mobil terlalu cepat kering, dan menyebabkan goresan saat kita belum selesai membersihkan mobil.

 Cara Mencuci Mobil


5. Menyiapkan Kuas Kecil

Untuk memaksimalkan pembersihan di bagian-bagian sempit dan kecil, kita bisa memanfaatkan kuas-kuas kecil yang sudah tidak dipakai di rumah. Jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Kuas kecil ini jug sangat penting untuk membersihkan kotoran dan puing-puing di seluruh celah-celah mobil. Jangan lupa juga bedakan kuas untuk bagian dalam dan bagian luar mobil.

3 dari 5 halaman

Tahapan Benar Cara Mencuci Mobil

Setelah semua peralatan dan tempat yang tepat siap, tahap-tahap membersihkan mobil juga harus benar dan urut. Hal ini untuk membuat mobil bersih dengan sempurna tanpa harus memakan waktu yang lama.

 Cara Mencuci Mobil


6. Basahi Mobil Terlebih Dahulu

Hal pertama yang perlu dilakukan saat hendak mencuci mobil ialah membasahi terlebih dahulu mobil bagian luas. Kita bisa membasahinya dengan menggunakan selang biasa, dan membiarkan kotoran dan serpihan debu mengalir bersama air.

Membasahi mobil sebelum mencucinya juga dapat mengurangi risiko goresan yang disebabkan oleh debu atau kotoran yang masih menempel di mobil.

7. Bersihkan Mulai dari Atas ke Bawah

Setelah membasahi mobil dengan air, mulai bersihkan mobil dengan menggunakan sabun khusus mobil dan handuk microfiber. Lakukan pembersihan dengan gesekan lurus dari atas ke bawah, lalu bilas kain.

Setelah itu, celupkan kembali dalam sabun dan lakukan gerakan pembersihan tersebut ke seluruh bagian luar mobil.

Metode pembersihan dari atas ke bawah ini mampu membersihkan kotoran membandel yang menempel pada mobil. Tetap gunakan metode ini untuk membersihkan bagian dalam mobil.

4 dari 5 halaman

Tahap Akhir Cara Mencuci Mobil Sendiri di Rumah

8. Tips Membersihkan Bagian Lampu

Setelah selesai membersihkan bagian luar mobil, ada satu bagian luar mobil yang harus diperhartikan, yaitu bagian lampu.

Untuk membersihkan lampu mobil ada dua cara, yang pertama dengan menggunakan setetes pasta gigi dan menggosoknya dengan handuk microfiber, lalu membilasnya. Cara ini sangat mudah, dan sangat efektif untuk membuat lampu mobil bersinar cerah.

Cara kedua, yaitu dengan menggunakan amplas untuk mengatasi pelindung lampu yang menguning. Gosok dengan pelan dan pastikan untuk memasang plester pelindung lampu di sekitar area lampu untuk menghindari goresan.

 Cara Mencuci Mobil


9. Bersihkan Roda Terakhir

Roda merupakan bagian yang paling kotor pada mobil. Oleh sebab itu, bersihkan roda mobil di akhir. Dan jangan menggunakan handuk microfiber yang digunakan sebelumnya, dan siapkan handuk tersendiri untuk membersihkan roda.

Hal ini dikarenakan, noda bekas roda yang tidak tercuci bersih, bisa membuat goresan saat mencuci mobil di kemudian hari.

5 dari 5 halaman

Tips Mencuci Mobil Sendiri di Rumah yang Perlu Diperhatikan

 Cara Mencuci Mobil

10. Perlakuan Khusus untuk Bagian Dalam Mobil

Selain tips dan cara mencuci mobil di atas, ada lagi beberapa hal yang harus diperhatikan saat mencuci mobil sendiri di rumah. Salah satunya ialah perlakuan khusus terhadap bagian dalam mobil.

Hindari produk pembersih kaca mobil yang dapat meningkatkan silau dan mengurangi pandangan saat mengemudi, gunakan pembersih kaca non-amonia.

11. Menggunakan Blower Udara

Setelah selesai mencuci mobil, tahap pengeringan juga sangat penting. Hindari penggunaan kain kasar, karena hanya akan menyebabkan mobil tergores.

Sangat disarankan untuk menggunakan blower udara khusus untuk mengeringkan mobil. Selain mengurangi risiko goresan, blower udara juga dapat membersihkan debu halus di celah-celah dalam mobil.

12. Menggunakan Wax

Untuk memaksimalkan pencucian mobil, kita bisa menggunakan wax atau lilin khusus yang akan membuat mobil menjadi lebih berkilap.

Cara penggunaannya cukup oleskan wax dengan gerakan melingkar kecil. Oleskan wax dengan kain chamois atau pengoles khusus wax.

(ism, Sumber: Reader’s Digest)

Beri Komentar
Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan