2 Cara Bayar Pajak Kendaraan Secara Online, Lebih Praktis

Reporter : Syahid Latif
Selasa, 7 Juli 2020 13:47
2 Cara Bayar Pajak Kendaraan Secara Online, Lebih Praktis
Kamu bisa memilih membayar pajak lewat e-Samsat atau Aplikasi Samsat Online Nasional.

Dream - Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) sudah habis masa berlakunya tapi takut datang ke kantor Samsat? Jangan panik dulu. Kamu bisa membayar pajak motor atau mobil melalui fasilitas online yang disediakan pemerintah daerah maupun pusat.

Pengelola akun Instagram @humaspajakjakarta menyampaikan pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan saat ini sudah dapat dilakukan secara online

Kamu bisa memilih dua cara pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan secara online melalui e-Samsat atau Aplikasi Samsat Online Nasional. Namun fasilitas ini hanya bisa digunakan pemilik kendaraan yang maksimal mempunya tunggakan di bawah satu tahun.

Pemilik juga harus memastikan sepeda motor atau mobil mereka adalah atas nama pemilik pribadi.

 

1 dari 3 halaman

Cara Menukar STNK

Setelah dua syarat itu terpenuhi, kamu harus mempersiapkan berbagai dokumen persyaratan pembayaran pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui e-Samsat. Dokumen-dokumen untuk penukaran STNK adalah sebagai berikut :

1. KTP pemilik kendaraan asli yang sesuai di STNK beserta fotokopi
2. STNK asli beserta fotokopi
3. BPKB asli beserta fotokopi
4. Struk pembayaran
5. Surat kuasa beserta fotokopi KTP penerima kuasa apabila diwakilkan

Sementara untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan melalui Aplikasi Samsat Online Nasional, kamu harus terlebih dahulu mengunduh Aplikasi Samsat Online Nasional yang tersedia di Play Store.

 

2 dari 3 halaman

Cara Pembayaran Pajak Kendaraan Secara Online

Untuk cara pembayarannya sendiri, bagi yang melalui e-Samsat dapat langsung melalui menu PKB di ATM, Mobile Banking, Internet Banking di Bank yang bekerja sama.

Untuk Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP) bisa ditukarkan bukti bayar ke kantor Samsat di mana objek pajak terdaftar.

Sementara itu, untuk cara pembayaran PKB di Samsat Online Nasional bisa dengan membuat kode bayar melalui aplikasi Samolnas, kemudian lakukan pembayaran melalui ATM, Mobil Banking, atau e-commerce yang telah bekerja sama.

Beri Komentar