3 Kelebihan Captain Seat Ini Jadi Unggulan Produsen Mobil

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 14 Juni 2019 16:47
3 Kelebihan Captain Seat Ini Jadi Unggulan Produsen Mobil
Apa saja kelebihan model jok mobil ini?

Dream – Pernah mendengar istilah captain seat? Captain seat ini merujuk kepada jok baris kedua yang terpisah kanan dan kirinya. Kebanyakan mobil ini ada di mobil MPV, SUV tiga baris, dan crossover.

Produsen mobil acapkali mengusung fitur captain seat sebagai nilai tambahnya. Pertanyaannya, mengapa jenis jok ini menjadi favorit? Apa kelebihannya?

Dikutip dari webcarz.com, Jumat 14 Juni 2019, ada tiga kelebihan captain seat.

Pertama, kursi mobil ini mempermudah penumpang untuk masuk ke baris ketiga. Kamu bisa masuk ke baris ketiga dengan menekuk jok captain seat. Atau, kamu juga bisa menyelip di antara kursi-kursi di baris kedua.

Kedua, jok ini lebih nyaman. Jok di baris kedua hanya bisa menampung satu orang. Menariknya, ada sandaran tangan di sisi kiri dan kanan kursi.

Ketiga, kursi ini lebih baik untuk anak-anak. Ketika anak duduk di baris ketiga dan kamu kesulitan untuk mengaksesnya, kursi ini bisa digeser ke kiri dan kanan. Sayangnya, masih sedikit kendaraan yang memiliki fitur itu.

1 dari 3 halaman

Cara Bersihkan Jok Mobil Sesuai Bahan

Dream – Selain AC dan aroma kabin, hal lain yang membuat pengemudi nyaman di mobil adalah tempat duduk. Ya, jok yang empuk dan bahannya yang nyaman bisa membuatmu betah di dalam mobil, serasa di rumah nenek!

Tapi, kenyamanan itu akan sirna kalau jok mobilnya kotor dan kumuh. Sampah yang berceceran di jok saja membuat penumpang enggan naik mobil.

Apalagi kalau joknya dekil and the kumel? Bisa dipastikan penumpang ingin lekas-lekas turun dari mobil. Supaya tidak terlihat jorok, sudah sewajarnya kamu membersihkan jok mobil.

Kamu bisa membersihkannya ketika sedang mencuci mobil. Ya, setidaknya 2-3 kali sebulan.

Bicara tentang jok mobil, ada empat jenis bahan jok, yaitu kulit, semi kulit, vynil, dan nilon. Cara membersihkannya pun berbeda bergantung kepada jenis bahan jok.

Berikut ini cara membersihkan jok mobil sesuai bahannya dikutip dari Wuling Motors, Senin 11 Februari 2019:

2 dari 3 halaman

Kulit dan Semi Kulit

Kulit

Jok yang terbuat dari kulit asli akan memberikan kenyamanan ekstra dan kemewahan ketika duduk, baik dalam perjalanan panjang atau perjalanan singkat. Karena bahannya mahal, perawatan jok kulit tidak boleh sembarangan.

Kamu harus ekstra berhati-hati ketika membersihkannya. Jangan terlalu sering membersihkan jok kulit karena sifat materialnya sangat lembut.

Bersihkanlah jok ini secara rutin hanya sebulan sekali atau ketika ada titik kotor yang perlu dibersihkan.

Pastikan untuk menggunakan larutan khusus pada spons atau sikat gigi bekas untuk membersihkan tempat kotor agar tidak merusak kulit.

Jangan gunakan pembersih berbasis pemutih atau amonia. Taruh beberapa tetes larutan ke permukaan spons atau kain kemudian kamu dapat membersihkan permukaan kulit menggunakan spons/kain tersebut.

Semi Kulit

Bahan semi kulit ini tidak menyerap panas. Jadi, tak masalah kalau kamu memarkir mobil di tempat yang panas.

Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan air atau larutan khusus pada sepotong kain atau spons, lalu bersihkan permukaannya. Bahan ini jauh lebih kuat dibandingkan dengan kulit. Plus, bisa tahan lama.

3 dari 3 halaman

Nilon dan Vinyl

Nilon

Sifat bahan ini mirip dengan kain asli. Jok berbahan nilon itu tahan lama dan murah. Tapi, bentuknya berpori dan menyebabkan kotoran terjebak di dalamnya.

Salah satu cara membersihkan jok mobil dari nilona adalah menyedot dengan mesin vacuum cleaner. Jangan sampai ada tumpahan cairan mengenai jok nilon.

Kalau tak sengaja terkena tumpahan, kamu bisa menggunakan campuran deterjen ringan dengan sedikit air panas. Untuk membersihkannyam kamu bisa menggunakan sepotong kain atau sikat.

Setelah selesai, gunakan spons dan celupkan ke dalam air panas untuk menghilangkan sisa dari larutan deterjen.

Vinyl

Bahan tidak disarankan ketika kamu tinggal di daerah terutama bermatahari atau selama musim panas yang panjang. Vinyl menyerap panas, terutama ketika warnanya gelap.

Tapi, untungnya bahan ini sangat mudah dibersihkan. Ketika terkena kotoran, cukup gunakan vakum atau kain basah untuk menyekanya. (ism)

Beri Komentar
Nggak Ribet, Ini Cara Merawat Hijab Ala Prilia Nur Afrida