Trik Kuasai Teknik Parkir Mobil, Paralel Tak Lagi Masalah!

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 18 Desember 2018 06:45
Trik Kuasai Teknik Parkir Mobil, Paralel Tak Lagi Masalah!
Dari yang gampang banget sampai yang susah banget.

Dream – Ketika pergi ke tempat keramaian seperti mal atau restoran, apalagi di akhir pekan, salah satu yang paling menyebalkan adalah mencari areal parkir. Saat melihat areal parkir penuh, hal pertama yang terpikir adalah membatalkan kunjungan. 

Kamu juga menemukan kondisi dimana satu-satunya tempat parkir yang tersedia hanya untuk posisi pararel. Tentu butuh kemahiran untuk memarkir mobil dengan posisi ini.

Urusan parkir memang terkadang membuat ribet. Apalagi jika kita masih newbie mengendari mobil.

Sebetulnya bagaimana teknik parkir mobil yang benar sekaligus aman?

Pelajaran umum saat memarkirkan mobil adalah keahlian menilai jarak area parkir. Jangan sampai kamu memarkir mobil yang membuat kendaraan lain tak bisa keluar. Yang lebih parah lagi, kamu sendiri tak bisa keluar masuk pintu mobil.

Berlatihlah kemampuan mengatur posisi mobil dengan benar. Kamu juga harus tahu kapan harus tahu waktu pindah transmisi gigi 1 atau gigi mundur dan menginjak rem.

Jangan lupa untuk mengamati keadaan sekitar melalui spion serta area bahu untuk memastikan keadaan di belakang mobil ketika parkir. Jangan terlalu mengandalkan sensor parkir ketika memandu karena sering tak akurat.

Jika kamu sudah menguasai trik umum memarkirkan mobil ini, tingkatan berikutnya adalah memahami tiga jenis cara parkir mobil, yaitu parkir tegak lurus, miring, dan paralel. Berikut ini adalah tiga jenis cara parkir, dikutip dari Daihatsu, Selasa 18 Desember 2018.

1 dari 2 halaman

Teknik Parkir Tegak Lurus dan Miring

Parkir Tegak Lurus

Cara terbaik untuk memarkir tegak lurus adalah dengan menyamakan posisi kaca spion mobil dengan mobil di samping. Selain itu pastikan bumper depan mobil sudah dekat dengan pembatas area parkir di depan.

Periksalah untuk memastikan agar sisi samping mobil tidak tepat berada di atas garis pembatas area parkir.

Parkir Miring

Parkir dengan angle seperti ini merupakan cara parkir yang mudah untuk dilakukan termasuk untuk pemula. Tak heran jika banyak pembisnis parkir menggunakan parkis jenis ini.

Apalagi banyak ruang kosong yang mempermudah mobil masuk. Langkah yang pertama yang mesti dilakukan adalah sejajarkan arah mobil dengan garis parkiran. Selanjutnya pindahkan gigi R setelah itu lurus dalam posisi 45 derajat, mundur secara perlahan.

 

2 dari 2 halaman

Parkir Paralel

Parkir Paralel

Ini salah satu teknik parkit cukup rumit. Kalau terus berlatih, kamu akan mahir.

Yang harus diperhatikan adalah ruang parkir. Perhatikan sudut bagian belakang mobil yang diparkir. Jangan sampai kendaraan orang lain tersenggol.

Kemudian, masukkan gigi mundur. Putar setir ke sisi arah tempat parkir. Mundurkan mobil secara perlahan, lalu putar kemudi sesuai ke arah yang ingin dituju.

Jangan lupa untuk mengusahakan mobil untuk sejajar dengan di depan dan belakang. Selamat mencoba!

Beri Komentar
Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup