4 Tips Rawat Mesin Turbo Mobil

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 23 Juli 2019 06:24
4 Tips Rawat Mesin Turbo Mobil
Kalau tak dirawat, mesin turbo takkan tampil baik.

Dream – Mesin turbo saat ini banyak disematkan pada mesin mobil bawaan pabrik. Dengan mesin ini, pengemudi bisa merasakan performa berkendara yang lebih agresif.

Tapi, kalau tidak melakukan perawatan berkala yang baik, secanggih apa pun mesin kendaraan, mobilmu tidak akan memiliki performa kendaraan yang baik, terutama pada mesin turbo.

Dikutip dari Wuling Motors, Senin 22 Juli 2019, mesin turbo adalah alat yang berfungsi menambah pasokan udara pada ruang bakar, yang mampu meningkatkan tenaga mobil secara spontan ketika RPM mesin menyentuh titik tertentu.

Caranya dengan memperbesar tarikan atau hentakan berkendara. Agar mesin turbo tetap ciamik, perhatikan empat hal di bawah ini:

1 dari 7 halaman

Pemakaian Mesin

Sebelum menggunakan mesin turbo, ada baiknya kamu membaca terlebih dahulu cara pemakaiannya. Ada beberapa kendaraan yang memberikan anjuran penggunaan mesin turbo, baik sebelum maupun sesudahnya.

 

Ketahui hal ini melalui buku petunjuk atau bertanya kepada mekanik di dealer resmi mobil kamu.

Selain itu, hindari pemakaian mesin turbo saat suhu mesin di bawah normal. Pastikan dahulu mesin telah mencapai suhu kerja mesin normal dengan mengendarai mobil secara pelan terlebih dahulu.

2 dari 7 halaman

Oli Mesin

Oli mesin menjadi komponen penting yang perlu kamu perhatikan untuk menjaga performa mesin turbo. Hal yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan oli yang memang dianjurkan untuk mobil sesuai dengan mesin turbo.

Oli khusus biasanya lebih cair dan memiliki kemampuan pelumasan dan pendinginan yang lebih baik. Pergantian oli harus dilakukan sesuai waktunya dengan jumlah tepat.

Kalau tidak mencukupi, supply oli ke mesin akan berkurang dan membuat kerja tidak optimal.

3 dari 7 halaman

Bahan Bakar

Gunakan bahan bakar dengan nomor oktan yang tepat dan berkualitas. Kompresi udara yang tinggi di ruang bakar memerlukan BBM yang lebih tinggi juga.

Jangan pernah menggunakan bahan bakar dengan oktan yang terlalu rendah karena bisa merusak mesin turbo.

Penggunaan bahan bakar yang berkualitas juga akan membuat proses pembakaran di ruang mesin lebih sempurna sehingga tidak menghasilkan gas buang yang bisa menempel di turbin.

Gas buang yang menempel di turbin bisa membuat kipas angin turbo yang memompa udara ke ruang bakar menjadi terhambat.

4 dari 7 halaman

Filter Udara

Perlu kamu ketahui, udara yang masuk ke dalam mesin turbo tidak hanya berasal dari mesin, tetapi juga dari luar. Pastikan filter yang ada di kap mesin harus diganti secara berkala.

Tujuannya agar mesin turbo tidak mengisap udara kotor atau debu. Kalau kotoran terisap, nantinya ini akan menumpuk di filter dan membuat kerja mesin terhambat. (ism)

5 dari 7 halaman

Bersihkan Filter Udara Agar Performa Mesin Oke, Begini Caranya

Dream – Untuk memastikan ruang bakar kendaraan selalu steril dari debu dan kotoran, semua mobil selalu dilengkapi dengan filter udara. Komponen ini bertujuan untuk menyaring udara yang masuk ke dalam mesin.

Perannya yang sangat vital membuat filter udara butuh perawatan ekstra agar tetap bekerja maksimal.

Dikutip dari Auto2000, Kamis 21 Juni 2019, seiring usia dan penggunaan mobil, filter penyaring debu dan kotoran lain dari luar akan berkurang. Kondisi ini disebabkan dua hal, yaitu faktor usia dan kerusakan. Yang paling sering terjadi adalah kotoran menumpuk.

 

 

“ Pada prinsipnya filter udara memiliki fungsi untuk memastikan bahwa ruang pembakaran tetap bersih, udara yang bersih berarti memiliki kualitas baik yang berdampak sangat baik bagi performa mobil,” kata Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna, di Jakarta.

Suparna mengatakan filter udara memelrukan perlakuan khusus, misalnya dibersihkan secara berkala. Dengan melakukan hal tesebut, selain bisa menjaga performa mesin juga bisa bermanfaat untuk memperpanjang masa pakai filter.

6 dari 7 halaman

Begini Cara Membersihkan Filter Udara

Untuk membersihkan sebenarnya tidak sulit. Cukup buka kap mesin dan keluarkan filter dari rumah filter atau boksnya, lalu semprotkan dengan udara dari kompresor.

Usahakan tekanan udaranya rendah, karena kalau terlalu tinggi bisa merusak meterial filter yang rata-rata terbuat dari bahan karton halus yang cukup ringkih.

“ Kalau tidak ada kompresor, cukup dikibas-kibas biasa saja agar debu atau kotoran lainnya turun, setelah itu bisa langsung pasang kembali. Hal ini bisa dilakukan sendiri tiap 5.000 sampai 7.000 kilometer,” urai Suparna.

“ Jangan dibasahkan, mengingat bahan dari kertas atau karton karena bisa-bisa justru rusak,” kata dia.

7 dari 7 halaman

Ganti Setiap 40 Ribu KM

Suparna menyarankan ada servis berkala untuk filter udara. Dikatakan baiknya filter udara diganti per 40 ribu km.

Tapi, ini bisa lebih cepat jika mobil digunakan di daerah berdebu. Misalnya, daerah kawasan industri atau pertambangan.

Jika di daerah berdebu, penggantian bisa lebih cepat, yaitu 25 ribu km sekali atau 30 ribu km sekali.

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi