5 Cara Bedakan BPKB Asli dan Palsu

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 17 Mei 2019 16:15
5 Cara Bedakan BPKB Asli dan Palsu
Hati-hati dalam membeli sepeda motor.

Dream - Jelang Hari Raya Idul Fitri, tak sedikit orang berburu sepeda motor untuk keperluan angkutan mudik. Selain yang baru, sepeda motor bekas juga menjadi incaran pembeli.

Sebelum membawa pulang motor seken incaranmu, ada satu hal yang harus diingat, Sahabat Dream. Kamu harus benar-benar teliti dengan motor, komponen, sampai surat-surat kelengkapan motor. Jangan sampai terkena tunggangan kamu bermasalah.

Salah satu yang diperiksa adalah BPKB. Dokumen ini menunjukkan kepemilikan seseorang atas kendaraan bermotor.

Mereka yang tak teliti bisa jadi mendapatkan BPKB motor palsu.

Biar nggak kena jebakan betmen, Dream akan berbagi tips cara membedakan BPKB asli dan palsu.

Berdasarkan TMC POLRI seperti yang diberitakan oleh Federal Oil, Jumat 17 Mei 2019, ada lima ciri BPKB asli. Berikut ini adalah rinciannya.

1 dari 1 halaman

5 Ciri BPKB Asli

1. Cover

Cover BPKB asli lebih mengilap daripada yang palsu.

2. Hologram

Hologram pada BPKB asli tidak berubah dan tetap berwarna silver jika terkena sorotan sinar. Berbeda dengan BPKB palsu. Sinar hologram akan memancarkan warna kuning.

3. Nomor di Bawah Hologram

Nomor ini berfungsi untuk mengkategorikan pemilk kendaraan berdasarkan domisilinya. Sejumlah nomor akan terbaca karena memang sifatnya rahasia yang dimiliki oleh Korlantas Polri.

4. Identitas Pemilik

Ciri selanjutnya adanya identitas pemilik. Untuk BPKB yang palsu, biasanya akan terlihat seperti sudah dicetak ulang setelah sebelumnya dihapus.

5. Logo Korlantas

Ciri terakhir halaman ke-14 logo Korlantas yang muncul hanya jika disinari menggunakan ultraviolet. Selain itu, kertasnya juga bertekstur kasar mengikuti pola yang ada pada logo.

Beri Komentar
ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen