5 Tips Rawat Mobil yang Tak Pernah Dipakai Selama PPKM

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 6 Agustus 2021 06:47
5 Tips Rawat Mobil yang Tak Pernah Dipakai Selama PPKM
Kendaraan perlu dirawat secara rutin, meskipun hanya berdiam diri di rumah dalam waktu yang lama.

Dream – Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan perpanjangan PPKM Level 3 dan 4 untuk beberapa daerah hingga 9 Agustus 2021. Selama masa PPKM, banyak dari kita yang beraktivitas dari rumah, termasuk bekerja dari rumah.

Perubahan rutinitas harian ini membuat kendaraan, khususnya mobil, yang biasanya digunakan sehari-hari akan terparkir lama di garasi rumah.

Dikutip dari keterangan tertulis Daihatsu, Jumat 6 Agustus 2021, kendaraan memerlukan perawatan agar tetap dalam kondisi optimal saat akan digunakan. Ada lima tips yang bisa dilakukan Sahabat Dream untuk merawat kendaraan.

1 dari 4 halaman

Jangan Lupa Panaskan Mesin Secara Teratur

Pertama, memanaskan mesin secara teratur. Paling tidak kamu memanaskan kendaraan satu kali dalam seminggu kurang lebih 10-20 menit.

Pemanasan secara teratur ini bertujuan untuk menjaga daya yang tersimpan di aki. Mobil yang tidak dipakai akan mengalami penurunan daya setiap hari dari kapasitas totalnya.

Di sisi lain, saat memanaskan mobil di garasi rumah, pastikan juga asap knalpot tidak mengarah langsung ke rumah.

2 dari 4 halaman

Jaga Tekanan Angin di Ban

Kedua, menjaga tekanan angin di ban. Kamu bisa menambahkan tekanan angin sekitar 5 persen dari tekanan angin normal.

Kamu juga dianjurkan untuk menggerakan kendaraan maju–mundur bersamaan saat memanaskan mesin agar beban kendaraan pada permukaan bidang ban dapat bertumpu secara merata.

Dengan begitu, kerusakakan karena flat spot bisa dicegah.

3 dari 4 halaman

Pilih Area Parkir yang Tepat

Ketiga, memilih area parkir yang tepat. Garasi rumah bisa menjadi pilihan yang terbaik. Kalau tidak punya garasi mobil, bagaimana?

Kamu bisa memarkirnya di garasi. Pastikan mobil tidak diparkir di area yang terkena matahari yang langsung atau di bawah pohon. Ini bisa membuat cat mobil pudar dan kusam.

Pastikan juga lokasi parkir aman dan terpantau. Kalau perlu, tambahkan kunci setir kendaraan apabila diperlukan.

 

4 dari 4 halaman

Jangan Lupa Transmisi dan Kebersihan Kendaraan

Keempat, transmisi dan rem parkir tak boleh luput dari perhatian. Demi keamanan, jangan lupa aktifkan rem parkir sekaligus parkir sekalipun kendaraan berhenti di bidang jalan yang rata.

Khusus untuk mobil transmisi otomatis, pastikan tuas transmisi di posisi P untuk mencegah mobil bergerak saat parkir.

Kelima, jaga kebersihan mobil dengan mencuci sisi eksterior dan interior secara berkala. Pastikan todal ada makanan sisa atau kotoran untuk menghindari virus atau bakteri yang menempel. 

Beri Komentar