Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Jarang Diketahui, Ini 5 Jenis Derek Mobil dan Fungsinya

Jarang Diketahui, Ini 5 Jenis Derek Mobil dan Fungsinya Mobil Derek Ternyata Punya Banyak Jenis, Lho. (Foto: Shutterstock)

Dream – Mobil derek menjadi penolong saat kendaraan mogok di tengah jalan atau menjadi “korban” kecelakaan lalu lintas. Selain yang disediakan perusahaan jalan tol, kita juga mengenal mobil derek yang dioperasikan swasta.

Secara bentuk, mobil derek menggunakan kendaraan jenis truk ukuran sedang. Pembedanya adalah bagian belakang mobil derek yang diisi alat dan ruang untuk mengangkut atau menderek mobil.

Biasanya mobil derek hanya mampu mengangkut satu mobil dalam sekali perjalanan.

Sekilas kita melihat mobil derek tak ada bedanya. Namun tahukan kamu jika ada lima jenis mobil derek yang beroperasi. Mengutip laman Seva.id, Senin, 21 Oktober 2019, berikut adalah jenis mobil derek di Indonesia.

Pertama, derek kait dan tarik. Mobil jenis ini memiliki rantai yang digunakan untuk menarik kendaraan. Biasanya mobil yang diderek akan dikemudikan oleh seorang pengemudi.

Kedua, roda depan diangkat. Mobil derek ini biasanya mengangkut kendaraan yang diparkir sembarangan.

Hal tersebut dilakukan lantaran mobil yang diderek sedang dalam kondisi rem parkir yang aktif. Bagian yang melakukan proses pengereman akan diangkat dan mobil berjalan dengan satu tumpuan.

Ketiga mobil gendong. Mobil ini menderek kendaraan dengan mengangkutnya di atas bagian belakang. Jenis mobil derek jenis ini biasanya digunakan untuk mengantarkan mobil baru dari dealer ke pelanggan maupun mengangkut mobil mewah ke bengkel karena kerusakan yang dialami.

Mobil yang diangkut dengan derek gendong mengalami kerusakan yang sangat parah sehingga mengakibatkan mobil tersebut benar-benar tidak dapat berjalan.

Selanjutnya, Derek Hidrolik

Keempat, derek hidrolik. Derek hidrolik memiliki bentuk yang hampir sama dengan derek gendong. Bedanya adalah metode atau cara ketika mengangkut mobil.

Bak angkut dari mobil derek ini akan diturunkan ke bagian paling rendah kemudian mobil akan dinaikan tepat di atas bak angkut. Mobil derek akan mengangkat mobil tersebut dengan teknologi hidrolik yang tersemat di dalamnya.

Derek jenis ini biasanya digunakan untuk mengangkut mobil-mobil ceper atau mobil yang memiliki ground clearance rendah sehingga bagian bawah mobil tidak akan bergesekan dengan permukaan bak angkut. Tarif dari jenis mobil derek ini lebih mahal dibandingkan dengan jenis derek lainnya, karena teknologi yang dimilikinya.

Kelima, derek boom. Jenis mobil ini sering kamu jumpai. Mobil ini punya crane di bagian belakang mobil untuk mengangkat kendaraan yang terperosok ke dalam jurang ataupun parit. Kendaraan ini juga bisa membalikkan kendaraan yang terbalik ke posisi semula.

Bagaimana dengan Biaya?

Biaya untuk mendapatkan jasa derek mobil tersebut sudah ditetapkan oleh Peraturan Daerah DKI Jakarta No. 1 Tahun 2015. Mobil penumpang dan minibus dikenakan tarif senilai Rp20 ribu per 10 km dan Rp35 ribu untuk jarak 10 km—20 km.

Jika di atas 20 km, pengendara akan dikenakan biaya tambahan senilai Rp10 ribu untuk setiap 5 km berikutnya.

Untuk jasa derek di jalan tol, pengendara takkan dipungut biaya. Fasilitas derek ini disediakan oleh pengelola jalan. Tapi, jasa ini hanya bisa digunakan untuk menderek kendaraan ke bengkel terdekat.

Kalau mobilmu sudah diasuransikan, biasanya perusahaan asuransi sudah memberikan fasilitas derek. Sebelum menggunakan layanan tersebut, ketahuilah kondisi yang terjadi pada mobil agar mobil derek yang datang, sesuai dengan kebutuhan pertolongan pada mobil saat itu.

Kejadian Mengejutkan Saat Mobil Tesla Diderek

Dream – Mobil Tesla Model S mendadak terbakar ketika diderek. Kejadian ini bermula ketika mobil listrik ini mogok dan diderek ke bengkel untuk diperiksa.

Dikutip dari Carscoops, Kamis 19 Desember 2018, KPIX melaporkan insiden ini terjadi di kawasan Teluk San Fransisco. Sang pemilik mobil mendapati Model S berhenti berjalan karena bannya kempes. Dia menelepon truk derek untuk membawanya ke bengkel perbaikan.

 

 

Setelah diderek 5-10 menit, kepulan asap keluar dari mobil listrik. Tak lama, kobaran api menyembur dari mobil. Ketika petugas pemadam kebakaran Santa Clara Country datang, mobil sudah rusak.

“Mobil mulai berasap dan membuat suara bising. Ini adalah masalah terhadap baterainya,” kata Pimpinan Santa Clara Country, Bill Murphi. Namun, NBC Area Bay menyebut baterai tetap terbakar meskipun api besar telah dipadamkan.

Tesla kemudian dibawa ke lapangan derek beberapa jam kemudian. “Kami sedang menginvestigasi masalahnya dan berkomunikasi dengan saksi mata. Kami senang semuanya selamat,” kata Tesla.

Mobil Sutradara Tiba-tiba Terbakar

Kejadian Model S terbakar bukan kali ini. Pada Juni 2018, mobil Model S milik sutradara film, Michael Morris, juga terbakar.

Dikutip dari Carscoops, sang istri, Mary McCormack, mengatakan kejadian ini bermula ketika Morris sedang mengendarai sedan listrik Tesla di Santa Monica Boulevard, Amerika Serikat. Tiba-tiba pengendara sepeda motor turun dan mengatakan mobilnya terbakar.

Morris berhenti, dan keluar. Ternyata, benar, mobilnya sudah berasap.

“Tak ada (tanda) kecelakaan. Terima kasih kepada orang yang telah memberi tahu (suami) dan memintanya berhenti. Terima kasih, Tuhan, ketiga gadis kecil saya tidak berada di mobil bersama ayahnya,” cuit McCormack di akun Twitternya, @marycmccormack.

Tak lama, setelah polisi menutup sebagian jalan, kru pemadam kebakaran tiba di tempat kejadian. Tak jelas, apakah kobaran api masih menyala atau telah padam.

Beberapa tahun yang lalu, Tesla melengkapi Model S dengan perlindungan bagian bawah bodi mobil. Langkah ini dilakukan setelah serangkaian mobil terbakar karena baterai mobil tertusuk benda-benda di jalan. Namun, hal ini masih harus dilihat apakah tusukan baterai menjadi penyebab kebakaran atau dipicu karena konslet.

Kabar baiknya, tak ada yang terluka di insiden terbakarnya mobil Model S dan kebakaran bukan karena kesalahan autopilot. Kabar buruknya, insiden ini melibatkan Tesla.

Tesla memberikan pernyataan bahwa pihaknya mendukung penyelidikan kasus terbakarnya mobil Model S dan melakukan investigasi.

Solusi Jika Mobil Matik Terpaksa `Diderek` Saat Mogok

Dream – Sahabat Dream yang memiliki mobil bertransmisi otomatis pasti pernah mendengar larangan tak menggunakan jasa derek saat kendaraan mogok di jalan.

Namun larangan tersebut tak sepenuhnya tepat. Mobil kamu sebetulnya masih bisa diderek asal memperhatikan sejumlah persyaratan ketat. 

Penggunaan mobil bertransmisi otomatis saat ini memang semakin berkembang. Terlebih di kota besar. Cukup menginjak gas dan rem, pengendara bisa melalui jalanan macet dengan lebih tenang.

 

 

Tak ada lagi istilah kaki pegal karena harus menahan pedal kopling di kendaraan matic.

Mempunyai mobil matic di kota metropolitas memang menyenangkan. Tapi kamu harus bersiap saat kendaraan mogok di tengah perjalanan. 

Banyak masyarakat menyarankan untuk tidak menderek mobil matic saat mogok. Banyak orang berpendapat mobil yang diderek akan rusak, apalagi mobil matik.

Benarkah demikian?

Tak Boleh Diderek Sembarangan

Kepala Bengkel Auto2000 Kebayoran Lama, Rocky Yonathan, menjelaskan mobil matic sejatinya harus menghindari diderek saat mogok karena akan merusak komponen transmisi.

Secara spesifik Rocky mengatakan mobil matic tak boleh diderek dengan kecepatan lebih dari 20 kilometer per jam.

"Akan merusak sistem mekanis matiknya," kata Rocky kepada Liputan6.com di Jakarta, dikutip Dream, Kamis 17 Oktober 2019.

Menurut dia, sistem mekanis untuk transmisi matik memang lebih kompleks daripada manual. Saat mobil matik diderek paksa, sistem transmisi akan rusak.

Diderek dengan Cara Digendong

Alternatif solusinya adalah dengan menggendong mobil matik saat diderek. Usahakan ban mobil tidak menyentuh tanah.

Sebelum memesan mobil derek, pastikan dahulu kamu mengenal dua jenis mobil matik, yaitu penggerak depan dan belakang. Mobil berpenggerak belakang seperti Toyota Rush dan Fortuner bisa digendong.

“Untuk penggerak depan seperti Toyota Yaris, Sienta, dan Alphard bisa digantung dan ban belakang menyentuh tanah,” kata dia.

Sementara itu, untuk mobil bertransmisi manual memang tidak ada masalah jika harus diderek. "Kalau manual tidak masalah, yang harus diperhatikan agar tidak salah prosedur ini mobil matik," kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Arief Aszhari)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
13 Jenis Burung Hantu Terbesar yang Masih Hidup di Dunia Ini

13 Jenis Burung Hantu Terbesar yang Masih Hidup di Dunia Ini

Berikut deretan burung hantu terbesar di dunia, berdasarkan rentang sayapnya!

Baca Selengkapnya
Deretan Mobil Mewah Koleksi Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Deretan Mobil Mewah Koleksi Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Pasangan Sandra Dewi dan Harvey Moeis diketahui mengoleksi mobil mewah yang terparkir rapih di rumahnya

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Capek Kerja tapi Teringat Cicilan, ADUH!

NOTED KAK! Capek Kerja tapi Teringat Cicilan, ADUH!

Sahabat Dream, kalian pernah gak sih batal istirahat setelah kerja keras karena teringat cicilan. Yuk berbagi. Kali aja ada yg senasib

Baca Selengkapnya