5 Kebiasaan Buruk Pengendara Motor, Kamu yang Mana?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 2 April 2019 13:42
5 Kebiasaan Buruk Pengendara Motor, Kamu yang Mana?
No. 3 dan 5 bikin` sakit mata`.

Dream – Pengendara sepeda motor alias bikers seharusnya paham keselamatan berkendara menjadi hal yang paling utama. Sayangnya, banyak pengendara punya kebiasaan-kebiasaan buruk di jalan.

Beberapa di antaranya cenderung membahayakan diri maupun pengendara lain.

Dikutip dari Wahana Honda, Selasa 2 April 2019, ada lima kebiasaan buruk pengendara sepeda motor.

Pertama, naik ke trotoar. Trotoar ini sebenarnya hak pejalan kaki. Tapi, ada pengendara motpr yang justru naik ke trotoar.

Kedua, main ponsel di tengah jalan. Handphone terbilang wajib dimiliki saat ini. Salah satu fungsinya adalah untuk kecepatan menggali informasi dan berkomunikasi.

Sayangnya, masih banyak pemotor nekat menggunakan ponsel ketika sedang berkendara. Kalau memang mendesak dan harus menggunakan HP, sebaiknya kamu menepi terlebih dahulu.

Jangan malah main ponsel di tengah jalan. Selain berbahaya bagi diri sendiri, bermain ponsel di tengah jalan juga berbahaya bagi pengguna jalan lainnya.

Ketiga, mendengarkan musik. Pernah melihat pengendara motor yang menyetir sambil memasang headset di telinga? Manusia seperti ini banyak terlihat di jalan.

Padahal, mendengarkan musik di jalan bisa membuat pengendara kehilangan konsentrasi. Jika tak punya pendengaran yang optimal, bagaimana seseorang bisa menyetir dengan aman?

1 dari 1 halaman

Yang Terakhir Bikin Tepok Jidat

Keempat, merokok di tengah perjalanan. Pengendara sepeda motor, entah sadar atau tidak, akan membuang abu rokok sembarangan ketika merokok sembari berkendara.

Perbuatan ini bisa merugikan pengendara lainnya, terutama pemotor yang tak memakai helm full face atau half face. Bisa-bisa abunya terbang dan mengenai mata pemotor yang bersangkutan.

Kelima, pacaran. Tak sedikit juga pengendara motor yang asyik berpacaran di jalan. Apalagi, kalau keasyikan ngobrol, tanpa terasa motornya belok ke jalur tengah.

Yang jadi masalah, konsentrasimu bisa terpecah di jalan antara fokus berkendara dan si Dia.  (ism)

Beri Komentar
ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen