5 Penyebab Knalpot Motor Bisa `Nembak`

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 25 April 2019 07:15
5 Penyebab Knalpot Motor Bisa `Nembak`
Knalpot motormu meledak-ledak?

Dream – Sahabat Dream, pernah mengalami suara knalpot motor meletup-letup seperti mengeluarkan suara menembak? Biasanya masalah ini terjadi pada pengendara yang suka memodifikasi sepeda motor.

Saat situasi ini terjadi biasanya yang pertama kali disalahkan adalah bahan bakar.

Jika knalpot motormu sering nembak, sebaiknya segera diperbaiki. Motor bisa kehilangan daya dan energi lalu mati. Kalau sedang berkendara, apalagi ngebut, kamu bisa terpelanting dari motor gara-gara “ kuda besi” mati mendadak.

Dikutip dari Wahana Honda, Kamis 25 April 2019, penyebab knalpot meledak-ledak ini bukan hanya bahan bakar. Ada beberapa penyebab lain yang membuat knalpot motor meledak-ledak.

 

1 dari 3 halaman

Lupa Tutup Choke atau Busi Bermasalah

Pertama, kamu lupa menutup choke.

Ini masalah sepele yang mungkin saja terjadi. Choke lupa ditutup sehingga bensin mengalir tidak proporsional ke ruang bakar. Saat ruang bakar kebanjiran bahan bakar, knalpot akan meledak di tengah jalan.

Kedua, masalah di busi. Kita tahu bahwa busi menjadi salah satu bagian penting untuk menyulut api di ruang bakar. Kualitas energi yang dihasilkan ruang bakar bergantung kepada busi.

Ketika busi bermasalah, percikan api yang dihasilkan akan kurang maksinal. Di sinilah terjadi pembakaran yang kurang sempurna.

Ini akan menjadikan pembakaran sedikit lebih prematur dan memicu ledakan di knalpot. Parahnya, ledakan busi karena busi akan membuat motor langsung mati.

 

2 dari 3 halaman

Cek Saluran Udara dan Karburator

Ketiga, saluran udara ke mesin. Ada api tentunya ada mediatornya. Disinilah udara mempunyai peran penting pada pembakaran motor.

Tentunya karburator punya sistem yang akurat untuk mengatur porsi udara dan bahan bakar pada motormu. Tapi, kadang ada aja masalah yang membuat udara tidak tersuplai dengan baik ke ruang bakar.

Hal ini bisa dideteksi dari ledakan knalpot pada RPM rendah pasca digunakan secara tinggi. Jika ada ledakan di saat ini, sudah jelas penyebabnya adalah kurangnya udara di ruang bakar. Oleh karenanya, bersihkan bagian-bagian di karburator dan sekitarnya secara berkala.

Keempat, karburator vakum memiliki sistem aliran bahan bakar yang bagus. Oleh karena itu, karburator jenis ini sering digunakan untuk motor non injeksi.

Aliran bahan bakar di karburator jenis ini sangan bergantung pada kemampuan buka tutup klep yang berbahan dasar karet. Sayangnya, karena terbuat dari karet, lama-lama komponen ini juga akan mengeras ketika bersentuhan dengan bahan bakar.

Ketika mengeras, komponen ini akan aus dengan sendirinya. Hal ini yang bikin motor jadi brebet dan bikin knalpot mledak saat tuas gas dibalikin posisi awal.

 

3 dari 3 halaman

Knalpot Minta Diganti

Kelima, knalpot bocor.

Knalpot ini fungsinya untuk meredam suara proses pembakaran. Kalau bocor, knalpot bisa meledak-ledak. Ini terjadi ketika tuas gas ditarik kencang. 

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary