Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

5 Tips Berkendara Motor yang Aman Buat Lady Bikers

5 Tips Berkendara Motor yang Aman Buat Lady Bikers Pengendara Motor Wanita Memakai Helm (Foto: Shutterstock)

Dream – Sepeda motor memang solusi paling pas untuk menghindari kemacetan di ibu kota baik bagi pengendara pria maupun wanita. Dengan ukuran yang lebih kecil serta bisa masuk ke jalan-jalan sempit, berkendara motor bisa menghemat waktu saat jalan raya macet parah. 

Meski memudahkan, berkendara dengan sepeda motor ini tetap harus mengikuti aturannya. Bukan hanya membuat arus lalu linta smenjadi tertib, aturan juga dibuat untuk menjaga keselamatan dari pengendara kendaraan bermotor dan pengguna sarana lalu lintas lainnya.

Tata cara berkendara sepeda motor juga turut mempengaruhi keamanan pengemudi selama dalam berkendara.

Nah daripada terburu-buru dan kena tilang atau mengalami insiden, yuk ladies terapkan tata cara berkendara dengan sepeda motor yang aman bagi para wanita.

Dikutip dari Astra Motor, Rabu 22 September 2021, hal pertama dan wajib diikuti semua pengendara sepeda motor adalah menggunakan perlengkapan dasar.

Untuk keamanan dan kenyamanan dalam berkendara, penting bagimu untuk memakai perlengkapan dasar seperti memakai jaket untuk menghindari panas matahari yang menyengat. Jangan lupa juga memakai ikat rambut agar tidak mengganggu.

 

Kedua, tidak memakai sepatu hak tinggi.

Bagi wanita, sepatu hak tinggi memang membuat penampilan terlihat lebih jenjang. Namun sepatu high heels ini tidak diperbolehkan ketika sedang berkendara dengan sepeda motor. Penggunaan sepatu hak tinggi bisa mengganggu keseimbangan tubuh saat naik motor.

Lebih baik menggunakan flat shoes atau sepatu sport saat berkendara. Kamu bisa menyimpan sepatu hak tinggi di bagasi motor dan digunakan setelah berkendara.

Ketiga, tidak menggunakan rok.

Memakai rok saat berkendara sepeda motor sangat tidak dianjurkan, apalagi sampai memakai yang berukuran ketat.

Rok hanya akan membatasi gerak kaki ketika berada di jalur lambat atau harus berhenti mendadak. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Lebih baik memakai celana panjang dan menyimpan rok di bagasi jika memang ingin menggunakannya.

Ilustrasi Pengendara Motor Wanita

Keempat, jangan memakai perhiasan secara berlebih.

Wanita memang tak dilarang memakai perhiasan. Namun, ketika berkendara dengan sepeda motor, tak dianjurkan memakai perhiasan secara berlebihan.

Penggunaan perhiasan secara berlebihan bisa mengundang dan mencuri perhatian penjahat. Bisa-bisa kamu celaka.

Kelima, membawa tas yang tepat.

Saat berkendara dengan sepeda motor, lebih baik menggunakan tas yang mudah dibawa. Sebut saja sling bag, backpack, atau totebag yang bisa dimasukkan ke bagasi motor.

Jangan pernah membawa handbag ketika sedang berkendara sepeda motor karena akan sulit dibawa. Hindari juga shoulder bag ketika berkendara. Ini bisa memancing tindakan kriminal, seperti pejambretan.

Jangan Cuma Wajah, Jok Motor Juga Butuh Losion Biar Tak Gampang Rusak

Dream – Jok sepeda motor robek mungkin jadi perkara sepele jika terjadi di musim kemarau. Namun bayangkan jika tempat duduk itu masih tetap robek saat setiap hari kamu diguyur hujan. Dijamin pantat akan basah saat kamu duduk di atas jok tersebut. 

Kebanyakan jok motor memang yang terbuat dari kulit sintetis. Bahan ini tidak bisa tahan lama dibandingkan jok dari bahan kulit sapi atau domba.

 

 

Selain karena waktu pemakaian yang membuatnay getas, jok motor juga bisa robek karena sering dicakar binatang peliharaan seperti kucing di rumah atau tertusuk benda tajam.

Tak ada cara lain untuk merawat jok motor berbahan sintetis agar tahan lam selain rutin merawatnya.

Dikutip dari Federal Oil, Senin 6 September 2021, kamu bisa merawat jok motor dengan memberikan losion khusus yang saat ini sudah banyak dditemukan di pasar.

Cukup oleskan setiap satu atau dua bulan sekali, losion ini akan melembabkan kulit jok motor yang mudah kering. Sekadar informasi, jok kulit imitasi ini akan pecah-pecah kalau kering.

Jok kulit sintetis ini butuh kelembaban agar polyurethane di dalamnya tak kering. Polyurethane ini adalah sejenis karet yang biasanya dipakai untuk bahan kulit sintetis.

Selain losion, kamu bisa menggunakan penutup jok motor saat parkir di tempat yang terbuka.

Kalau kamu sering merawat wajah biar tak pecah-pecah, sekarang waktunya memulas jok motor kesayangan dengan losion khusus ya.

Selamat mencoba!

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Kesan Cewek Naik Lexi LX 155, Awas Bikin Ketagihan!

Kesan Cewek Naik Lexi LX 155, Awas Bikin Ketagihan!

Bagi para lady bikers, poin paling diperhatikan adalah kenyamanan saat duduk dan dalam berkendara.

Baca Selengkapnya
Cara Memilih Mukena Bordir untuk Lebaran 2024, Auto Jadi Cantik

Cara Memilih Mukena Bordir untuk Lebaran 2024, Auto Jadi Cantik

Tips dalam memilih mukena bermotif bordir dengan tepat agar pas saat dipakai dan penampilan makin cantik saat lebaran 2024.

Baca Selengkapnya
Hobi Motoran, Lihat Potret Gaya Dian Ayu Jadi Lady Biker Hijab

Hobi Motoran, Lihat Potret Gaya Dian Ayu Jadi Lady Biker Hijab

Bagi kamu yang suka juga jalan-jalan naik motor, bisa tiru oufit presenter cantik.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Saat Panggilan Alam Tiba!

NOTED KAK! Saat Panggilan Alam Tiba!

Sahabat Dream Pernah gak sih mood bikin konten lagi bagus tiba-tiba `panggilan alam` datang. Auto menghilang deh.

Baca Selengkapnya