5 Tip Hindarkan Mobilmu dari Pencuri

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 6 Desember 2018 06:44
5 Tip Hindarkan Mobilmu dari Pencuri
Begini caranya.

Dream – Tak hanya mobil yang diparkir, para begal juga mengincar kendaraan yang tengah melaju. Mereka bisa saja memberhentikanmu di tengah jalan dan merampas kendaraan yang tengah kalian kendarai.

Selain berpotensi kehilangan kendaraan, peristiwa seperti itu juga sangat berbahaya bagi keselamatan kalian. Serem banget.

Lalu, adakah cara untuk mencegah aksi pencurian itu? Ada. Jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan supaya kendaraan dan diri kalian menjadi aman.

Ada lima tips untuk mengurangi risiko pencurian mobil yang bisa kamu terapkan. Berikut ini adalah tips yang dibagikan Honda, sebagaimana dikutip Dream pada Kamis 6 Desember 2018.

1 dari 2 halaman

Jangan Tinggalkan Barang Berharga di Mobil

Jangan Meninggalkan Surat dan Barang Berharga di Dalam Mobil

Hindari meninggalkan STNK, KTP, dan karcis parkir di dalam mobil. Barang-barang ini sangat memudahkanmu untuk membawa mobil dengan berpura-pura sebagai pemilik.

Plus, jangan juga meninggalkan barang berharga seperti laptop, kamera, dan tablet di kursi mobil. Benda-benda ini memancing pencuri untuk membobol mobil. Selalu bawa barang-barang penting bersamamu.

Periksa Kondisi Mobil Sebelum Berkendara

Cek kondisi aki, oli, air radiator, dan tekanan ban sebelum bepergian. Tujuannya untuk menekan risiko mogok di tengah jalan. Mobil yang mogok di tengah jalan bisa mengundang si panjang tangan.

Apabila Mogok, Menepilah di Tempat Terang dan Ramai

Ketika hal ini terjadi, usahakan untuk mendorong mobilmu ke tempat yang ramai seperti minimarket, pom bensin, dan pos polisi. Pastikan mobil Anda diparkir dibawah penerangan yang cukup untuk mencegah maling melakukan aksinya.

Hal serupa juga berlaku apabila ada orang yang mengingatkan bahwa banmu kemps. Kalau ada yang memperingatkan ban mobil kempes, jangan panik dan langsung menepi. Carilah tempat yang aman untuk berhenti dan memeriksa mobil.

2 dari 2 halaman

Kunci Seluruh Pintu Mobil Saat Berkendara atau Parkir

Sebelum mengendarai mobil, pastikan seluruh pintu sudah terkunci untuk mencegah maling masuk ke dalam mobil ketika terjebak macet atau berhenti di lampu merah. Pastikan juga untuk menutup seluruh jendela mobil saat tidak diperlukan.

Dengan pintu dan jendela yang tertutup, pelaku akan sulit menodongmu ketika sedang lengah.

Pastikan Mobil Anda Memiliki Fitur Keamanan yang Lengkap

Fitur keamanan di mobil bisa berupa fitur alarm dan immobilizer. Kunci mobil dilengkapi dengan microchip yang bisa mencocokkan kode unik di kunci dengan kode di lubang kunci. Kalau kodenya beda, mesin tidak akan menyala.

Mobil hanya bisa dinyalakan dengan kunci asli. Oknum akan kesulitan menggunakan kunci duplikat untuk mencuri mobil. Kamu juga bisa melengkapinya dengan beberapa alat tambahan seperti kunci stir mobil dan kunci roda.

Beri Komentar