6 Tips Berkendara Aman Saat Mudik

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 20 Mei 2019 10:42
6 Tips Berkendara Aman Saat Mudik
Perhatikan betul yang pertama dan kedua.

Dream – Aktivitas mengunjungi keluarga di kampung halaman sudah menjadi tradisi yang dilakukan tiap tahun menjelang Lebaran di Indonesia.

Masyarakat bisa berkumpul bersama sanak famili yang tinggal berjauhan untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri. Namun, sebelum melakukan perjalanan jauh, kamu harus melakukan hal ini untuk sepeda motor.

Berikut ini adalah enam tips berkendara jarak jauh, dikutip dari Yamaha, Sabtu 18 Mei 2019. Pertama, kamu harus melakukan pemeriksaan sepeda motor. Kamu bisa mengecek oli, tekanan ban, kelistrikan, dan fungsi rem.

Kedua, istirahat yang cukup dan mengkonsumsi makanan bergizi agar konsentrasi berkendara terjaga baik.

Ketiga, kamu disarankan berangkat pagi hari karena kondisi badan lebih fit dan fokus di jalan. Berangkat pada malam hari tidak disarankan karena itu jam biologis manusia untuk beristirahat/tidur.

Keempat, jangan berkendara lebih dari dua orang. Tidak disarankan juga bagi kamu untuk membawa barang berlebihan untuk menjaga safety ketika berkendara di jalan.

Kelima, siapkan jas hujan. Gunakanlah sepatu untuk menutupi mata kaki, helm full face SNI dan body protector, jaket dan celana panjang berbahan yang tebal, dan sarung tangan.

Keenam, buat perencanaan dan berkendara. Cek rute terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi tentang rute yang aman dan karakter jalan yang dilalui. 

1 dari 1 halaman

Skutik Ini Jadi Partner Handal untuk Mudik

Bicara soal mudik kamu bisa melirik skutik Maxi Yamaha. Motor bongsor ini bisa menjadi partner handal untuk menjalani aktivitas selama bulan Puasa dan menempuh perjalanan ke kampung halaman.

Misalnya, yang dilakukan oleh pengguna Lexi bernama Eko Kahono. Pria ini akan bermotor dari Tangerang ke Gunung Kidul, Yogyakarta—ke tempat keluarganya.

“ Untuk pertama kalinya saya akan menggunakan Lexi warna hitam milik saya, rencananya 30 Mei nanti berangkat dari Tangerang. Teman-teman saya juga mau pakai Lexi, diajak bareng karena sama-sama ke area Jawa,” kata Eko.

Dia memilih motor ini karena ukuran bodi yang besar dan rasanya nyaman. Ruang kakinya juga luas dan bagasi bisa digunakan untuk membawa barang.

Yang saya suka stang Lexi bikin tangan nggak pegel. Colokan charger handphone juga membantu agar handphone tetap aktif dalam perjalanan nanti. Sehari-hari saya juga pakai Lexi buat kerja dan sudah pernah turing seputar Jawa Barat,” kata Eko. (ism) 

Beri Komentar
Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-