Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

7 Cara Mobil Parkir di Rumah Aman dari Pencuri Selama PSBB

7 Cara Mobil Parkir di Rumah Aman dari Pencuri Selama PSBB Ilustrasi Parkir Mobil Di Rumah. (Foto: Shutterstock)

Dream – Ketika pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diberlakukan, banyak kendaraan pribadi jarang dipakai oleh pemiliknya. Meskipun terparkir di garasi tak menjamin kendaraan kamu aman 100 persen dari si panjang tangan.

Dikutip dari Liputan6.com, Rabu 29 April 2020, pemilik kendaraan harus tetap waspada dan mempersiapkan langkah-langkah untuk mengantispasi segala bentuk pencurian. Berdasarkan Garda Oto, ada tujuh tips yang bisa dilakukan untuk mengamankan mobilmu dari pencuri.

Pertama, parkirkan mobil di tempat yang aman. Masih banyak anggapan bahwa memarkir mobil di rumah jauh lebih aman daripada di tempat umum. Faktanya, tak sedikit kasus pencurian yang berhasil mencuri mobil dari rumah korban.

Kamu wajib memastikan keamanan garasi dengan memilih material pintu garasi yang kokoh dan dapat menempatkan kamera CCTV. Jika hendak berpergian, pilih tempat yang dekat dengan pusat keramaian.

Akan lebih baik jika tempat tersebut terpantau oleh kamera CCTV. Hindari untuk memilih tempat parkir yang sepi dan gelap, karena akan rawan pencurian.

Pasang Alarm dan Gunakan Kunci Tambahan

Alarm merupakan pelindung paling umum yang wajib dimiliki pemilik mobil. Meskipun tak sedikit pencuri yang berhasil mengakali sistem, alarm bekerja efektif dalam memperlambat aksi pencurian.

Ketika mobil dibuka paksa, secara otomatis alarm akan mengeluarkan suara nyaring yang dapat membuat pencuri panik.

Alarm saja belum tentu cukup, terutama jika menghadapi pencuri zaman sekarang yang sudah profesional. Disarankan untuk menggunakan kunci tambahan yang biasanya dipasang pada stir ataupun roda kendaraan.

Kunci tambahan ini membuat mobil tetap pada tempatnya, meskipun pencuri telah berhasil menyalakan mesin mobil.

Tidak Meninggalkan Barang Berharga di Mobil

Cara ini bertujuan untuk tidak mengundang perhatian pencuri untuk mencuri mobil Anda. Hindari untuk menyimpan banyak barang di dalam mobil.

 

 

Kalau terpaksa cobalah untuk menyembunyikan barang-barang Anda di tempat yang tidak terlihat langsung dari luar kaca mobil.

Double Check

Sebelum meninggalkan mobil, lakukan pengecekan ulang. Pastikan jendela dan pintu sudah tertutup rapat semua dan alarm sudah dalam kondisi menyala.

Meskipun terlihat merepotkan, tetapi dengan menerapkan cara ini setiap hendak meninggalkan mobil, dapat menurunkan risiko kehilangan kendaraan.

Gunakan GPS

Ingin lebih aman? Disarankan untuk memasang GPS tracker, alat ini berfungsi untuk melacak jejak kendaraan dan memantau posisi mobil secara real time.

 

 

Seandainya jika mobil hilang, akan lebih mudah mengetahui posisi mobil tengah berada di mana. Letakkan kunci mobil jauh dari pintu masuk

Jika di rumah, jangan menaruh kunci mobil di dekat pintu masuk. Simpanlah kunci mobil pada tempat yang tak mudah dijangkau oleh pencuri, jika pencuri berhasil diam-diam memasuki rumah.

Asuransikan Mobil

Memberikan proteksi lebih, bisa juga dilakukan dengan cara mengangsurasikan mobil kesayangan. Terdapat perlindungan Total Loss Only yaitu menjamin Total Loss Accident dan Total Loss Stolen dimana memberikan jaminan atas kerugian/kerusakan di mana biaya perbaikan ≥ 75 persen dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian dan kehilangan akibat pencurian.

Jika ingin memberikan perlindungan yang lebih, ada baiknya memilih perlindungan comprehensive sehingga mobil akan diproteksi baik partial loss maupun total loss.

Merujuk pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) pada Bab 1 Pasal 1 ayat (1) butir 1.3 mengenai jaminan terhadap kendaraan bermotor yang berbunyi “Pencurian, termasuk pencurian yang didahului atau disertai atau diikuti dengan kekerasan ataupun ancaman kekerasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 362, 363 ayat (3), (4), (5) dan Pasal 365 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana”. Maka mobil hilang akibat tindak pencurian akan dicover oleh pihak asuransi baik dengan kekerasan ataupun tidak.

(Sumber: Liputan6.com/Arief Aszhari)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Penampakan Rumah Ini Bikin Melongo, Dari Luar Bak Gubuk Kayu Lihat Isi Dalamnya Auto Terpana!

Penampakan Rumah Ini Bikin Melongo, Dari Luar Bak Gubuk Kayu Lihat Isi Dalamnya Auto Terpana!

Dibalik kesederhanaan rumahnya itu terdapat keindahan yang luar biasa

Baca Selengkapnya
Jelajahi Rumah Bangsawan Kosong dan Terbengkalai 5 Tahun, Pria Kaget Semua Barangnya Masih Utuh, Termasuk Dua Mobil Mewah dan Gudang Anggur

Jelajahi Rumah Bangsawan Kosong dan Terbengkalai 5 Tahun, Pria Kaget Semua Barangnya Masih Utuh, Termasuk Dua Mobil Mewah dan Gudang Anggur

Meski terbengkalai dalam waktu yang lama, tapi masih banyak barang yang dibiarkan masih utuh, termasuk dua mobil mewah.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Makanan Saat Lembur

NOTED KAK! Makanan Saat Lembur

Sahabat Dream, pernah gak sih merasa lapar saat sedang lembur?

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Tebak Logo Brand Makanan

BUNGKUS! Tebak Logo Brand Makanan

Sahabat Dream, kalian ada yang tahu gak logo-logo dari brand makanan tersebut? Berapa yang berhasil kalian tebak?

Baca Selengkapnya