Tongkrongan 8 Mobil Ini Keren, Tahunya Buatan China

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 28 Desember 2018 10:15
Tongkrongan 8 Mobil Ini Keren, Tahunya Buatan China
Terlihat mirip dari desain hingga nama.

Dream – Ungkapan “ there is nothing new under sun” atau tak ada yang baru di bawah matahari juga dijumpai di dunia otomotif. Ada mobil-mobil yang terlihat mirip dengan yang lainnya, seperti desain.

Hal ini bisa saja produsen otomotif yang terinspirasi dari karya produsen lainnya. 

Namun yang parah jika produsen menjiplak dari karya aslinya.

Dikutip dari Carbuzz, Jumat 28 Desember 2018, ada sederet mobil Tiongkok yang terlihat mirip dengan mobil-mobil yang diproduksi raksasa otomotif, seperti Land Rover, Porsche, dan BMW. Mobil-mobil Mercedes Benz dan Rolls Royce tak luput dari “ kreativitas” produsen otomotif Tiongkok.

Berikut ini ada delapan mobil Tiongkok yang mirip dengan mobil yang diproduksi Barat.

1 dari 8 halaman

Eagle Came

Eagle Came ini memulai debutnya pada 2015. Dia menggabungkan desain Ferrari dan Porsche. Bagian depan mobil mirip dengan Ferrari California T, sedangkan sisanya Porsche 718 Cayman.

Eagle Came© Carbuzz

Mobil ini adalah mobil listrik yang bisa melaju hingga 62 mil per jam dalam waktu 4,8 detik. Kecepatan tertingginya hanya 75 mil per jam.

Porsche Cayman© Shutterstock

2 dari 8 halaman

BYD S8

Mobil BYD S8 ini sepintas mirip dengan Mercedes CLK convertible. Mobil convertible ini dirilis pada 2006 di Shanghai Motor Show dan kembali diproduksi pada 2009. Roda empat ini hanya dijual delapan unit.

BYD S8© Carbuzz

Mobil S8 memiliki mesin V6 empat silinder yang berkapasitas 2 liter. Mesinnya bisa menghasilkan kekuatan hingga 140 Tk.

 

Mercedes CLK© Shutterstock

3 dari 8 halaman

BAIC BJ80

Mobil BAIC BJ80 ini merupakan sport utility vehicle (SUV). Mobil ini sepintas mirip dengan Mercedes Benz G-class. Sisi baiknya, mobil itu dijual dengan harga 288 ribu yuan (Rp611,06 juta).

BAIC B80© Carbuzz

Mobil tersebut dirilis tahun 2016 dan memiliki mesin turbo empat silinder. Mobil ini memiliki transmisi manual dan otomatis.

Mercedes Benz GL Class© Shutterstock

4 dari 8 halaman

BAIC BJ90

Mobil ini bukan Jeep Grand Cherokee atau Mercedes Benz GL-Class. Mobil itu adalah BJ90. Ya, benar BJ90 ini berdasarkan pada desain GL-Class—ini berdasaran perjanjian dengan Mercedes yang induknya, Daimler, punya saham 12 persen saham di BAIC.

BAIC BJ90© Carbuzz

Mesin BJ90 punya dua mesin, yaitu mesin twin turbo V6 yang berkapasitas 3 liter dan bertenaga 333 Tk dan V8 twin turbo berkapasitas 4 liter yang bertenaga 421 Tk. Sistem transmisi otomatis dan interiornya berasal dari Mercedes.

Mercedes Benz GL Class© Shutterstock

 

Namun, logonya telah diganti dengan logo BAIC di bagian kemudi mobil. Misalnya, GE yang memiliki ornamen tiruan “ Spirit of Ecstasy” milik Rolls Royce juga ditiru secara cermat. Harga satu unit Geely GE ini sebesar US$45 ribu (Rp655,18 juta).

5 dari 8 halaman

Jinma JMW 2200

Mobil ini “ berusaha keras” mirip menjadi BMW i3. Hal ini terlihat dari grill kembar dan panel tubuh yang melengkung. Mobil listrik ini hanya punya motor listrik 3kWh.

 

Jinwa JMW 2200© Carbuzz

 

Kecepatan tertinggi hanya 31 mil per jam. Uniknya, mobil itu tak bisa pergi sejauh lebih dari 75 mil dengan sekali isi.

BMW i3© Shutterstock



6 dari 8 halaman

Land Wind X7

Dari namanya, kamu bisa menebak bahwa mobil ini terinspirasi dari Land Rover. Kalau melihat dari desainnya, kamu bisa memastikan bahwa mobil Land Wind X7 benar-benar terinspirasi dari Jaguar Land Rover Evoque.

Land Wind X7© Carbuzz

 

Saking miripnya, Jaguar Land Rover menggugat Jiangling Motor karena menjiplak desainnya. Produsen otomotif asal Tiongkok ini menyebut hanya melakukan sedikit penyesuaian terhadap desainnya. 

Land Rover Evoque© Shutterstock

7 dari 8 halaman

Hawtai B35

Mobil ini “ gabungan” dari desain beberapa mobil. Bodi Hawtai B35 mirip dengna Porsche Cayenne 2011. Bagian depannya serupa dengan Bentley Bentayga dan platformnya, Hyundai Santa Fe generasi pertama.

Geely GE© Carbuzz

Mobil Hawtai B35 ini memiliki dua jenis mesin, yaitu mesin empat silinder 2,4 liter berkekuatan 184 Tk dan 1,8 liter 160 Tk. Mobil ini punya transmisi manual lima kecepatan dan otomatis empat kecepatan.

Hyundai Santa Fe© Hyundai USA

8 dari 8 halaman

Geely GE

Mobil itu terlihat jelas mirip dengan Rolls Royce Phantom. Konsep ini mengemuka sejak dirilis pada 2010. Geely GE ini diproduksi pada 2014.

 

Geely GE© Carbuzz

 

Gelly mampu membangun mobil mewah dan harganya miring. Satu unit GE jauh lebih murah daripada Phantom, seharga sekitar US$45 ribu (Rp655,69 juta).

 

Rolls Royce Phantom© Shutterstock

Beri Komentar