AC Mobil Mulai Tak Dingin, Periksa Komponen Ini

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 13 Maret 2019 18:14
AC Mobil Mulai Tak Dingin, Periksa Komponen Ini
AC mobil yang panas kadang bikin kesel, yha?

Dream – Masalah AC mobil tak dingin bisa terjadi kapan pun. Terkadang malah yang keluar dari AC adalah hawa panas dan bau tak sedap.

Sebenarnya, ada komponen di dalam sistem pendingin mobil yang memerlukan perawatan rutin.

Kalau tak berfungsi normal, perlu ada pengecekan dan perbaikan. Pemeriksaannya tak boleh salah agar perbaikannya bisa dilakukan secara efisien.

“ Kendala yang kerap terjadi pada mobil itu AC tidak terasa dingin,” kata Kepala Cabang Rotary Bintaro Bekasi, Kevin Ong, dikutip dari OTO.com, Rabu 13 Maret 2019.

Kevin mengatakan, ada alasan-alasan AC mobil tak terasa dingin. Pertama, mobil jarang diperbaiki. Ke dua, faktor debu dan kerusakan komponen.

“ Kalaupun bermasalah, beberapa bagian itu bisa dicek sendiri. Tapi, kebanyakan memang harus dilakukan di bengkel khusus,” kata dia.

Berikut ini adalah komponen-komponen bermasalah yang bisa menyebabkan AC mobil kurang dingin.

1 dari 2 halaman

Bisa Jadi Kompresornya Lemah

Pertama, kompresi yang lemah menjadi faktor utama AC mobil kurang dingin. Kalau kompresi rendah, AC mobil takkan mengeluarkan hawa sejuk. Komponen inilah yang menjadi paling pertama dicek.

Kedua, freon kosong. Hal ini terjadi karena tekanan freon yang overheat atau kepanasan. Tekanan gas menjadi berkurang. Hal ini menjadi penyebab AC mobil terasa panas.

Perlu dicatat, freon tak pernah habis kalau tak ada kebocoran AC. Kalau bocor, ya, penyebanya bisa bermacam-macam. Misalnya, karet seal yang getas atau valve kompresor sudah uzur.

Ketiga, katup ekspansi rusak. Kemungkinan katup ekspansi rusak terjadi karena pembekuan. Kamu perlu melihat kondisi ekspansi AC mobil.

Bagian ini bisa mengalami pembekuan atau frozing yang menghambat udara keluar dari pendingin mobil. Alat ini berfungsi sebagai katup pengembunan. Plus, sebagai pengatur masuknya gas freon yang sudah dicairkan dengan proses dari filter dryer.

2 dari 2 halaman

Jangan-jangan Extra Fan Mati

Keempat, extra fan mati. Dynamo motor extra fan juga bisa menjadi kendala. Pastinya hal ini berpengaruh terhadap proses kondensasi di dalam AC mobil.

Kondensor tidak bisa berfungsi optimal dan mencegah udara dingin masuk ke dalam mobil. Kalau kipas ini melemah, tak ada cara lain. Kamu harus menggantinya dengan motor fan yang baru.

Kelima, evaporator kotor. Musuh terbesar evaporator yang kotor adalah debu. Barang ini membuat evaporator AC terhambat.

Debu ini berasal dari kotoran yang tidak bisa tersaring oleh filter. Bahkan, jumlahnya sangat banyak dan bisa membuat kinerja terganggu. 

Beri Komentar
Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham