Kaca Mobil Mana Lebih Aman, Kaca Tempered atau Laminated?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 4 Agustus 2021 16:12
Kaca Mobil Mana Lebih Aman, Kaca Tempered atau Laminated?
Kaca mobil ini bertujuan untuk mempermudah pengemudi dalam menjalankan mobil.

Dream – Setiap pabrik mobil punya standar sendiri tentang bahan kaca yang digunakan. Satu hal yang pasti adalah kaca yang digunakan harus bisa memenuhi standar utama berupa faktor keamanan.

Dikutip dari Suzuki, Rabu 4 Agustus 2021, kaca mobil harus lebih kuat dan punya tingkat kegelapan tertentu. Selain mempermudah pengemudi melihat bagian luar, kaca mobil juga berfungsi untuk menjaga privasi.

Tahukah Sahabat Dream jika ada dua jenis kaca mobil. Pertama, kaca mobil tempered (temperlite glass) atau biasa juga disebut kaca jagung.

Di kendaraan pribadi, biasanya kaca mobil itu digunakan di bagian samping dan belakang. Kendaraan umum seperti bus juga menggunakan kaca ini.

1 dari 6 halaman

Kelebihan Kaca Tempered

Kaca tempered dibuat dengan memanfaatkan suhu 650 derajat celcius. Tekstur kacanya sangat keras dan tak mudah pecah walaupun terbentur.

Namun, kaca ini bisa ditembus dengan benda tajam sampai 1/6 ketebalannya.

Saat pecah, kaca itu akan berubah menjadi potongan yang seukuran biji jagung. Butiran pecahan kaca tempered tidak tajam, sehingga aman.

2 dari 6 halaman

Ada Juga yang Namanya Kaca Laminated

Yang kedua adalah kaca mobil laminated/lamisafe. Pembuatan kaca ini melibatkan dua buah lapisan kaca dengan ukuran tebal 2 mm. Di bagian tengahnya, disisipi lembaran film.

Lembaran film itu disebut dengan polivynl butiral film atau PVB. Lapisan film itu dibentuk lebih kuat dan tidak mudah pecah seperti kaca tempered dan bisa menahan sinar UV sampai 96 persen.

Kelebihan kaca ini adalah, ketika pecah, tidak langsung berhamburan. Kaca ini bisa mengamankan pengemudi dan penumpang di bagian depan supaya tidak terkena pecaham kaca secara berlebihan. Pecahan kaca akan ditampung di lembaran film yang ada di tengah.

3 dari 6 halaman

Lalu, Apa Bedanya?

Lantas, apa perbedaan kaca tempered dan kaca lamisafe/laminated? Pertama, lapisan film. Kaca tempered tidak punya lapisan film. Pemilik kendaraan perlu menambahkan lapisan film supaya suhu kabin tak terlalu panas kalau dikendarai siang hari.

Kaca tempered ini lebih kuat lima kali lipat dibandingkan yang laminated. Meskipun dipukul berkali-kali, kaca itu tidak mudah pecah—selama tak ada benturan yang mengenai sampai 1/6 ketebalannya.

Kemudian, kalau kaca tempered pecah, pecahannya akan lebih berbahaya dibandingkan kaca laminated. Kaca laminated tidak mudah pecah berkeping-keping berkat ada lapisan film di tengah

4 dari 6 halaman

Cara Ajaib Hilangkan Embun di Kaca Mobil

Dream - Embun pada kaca mobil terjadi karena ada perbedaan kelembapan dan suhu. Biasanya, kelembapan dan suhu di luar lebih dingin daripada di dalam kabin.

Meskipun terkesan sepele, embun kaca mobil cukup membahayakan. Di samping bisa mengurangi jarak pandang pengemudi, embun ini bisa menimbulkan kerak air di permukaan kaca.

Dikutip dari Auto2000, Rabu 15 Januari 2020, kamu bisa menghilangkan embun kaca dengan dua bahan yang mudah didapat. Pertama, kamu bisa menggunakan sampo rambut. Kamu bisa mengoleskannya sebelum berkendara.

 

© Dream



Formula yang terdapat pada sampo rambut ternyata dapat mencegah terbentuknya embun karena kelembapan di sekitar kaca terjaga. Cara penggunaannya pun sederhana. Kamu cukup mengoleskan sedikit sampo di kaca mobil bagian dalam, tapi jangan dicampur air.

Kemudian, bersihkan kaca dengan lap chamois yang sedikit lembap dengan arah lurus meyamping dan searah.

5 dari 6 halaman

Bisa Juga Pakai Tembakau

Selain sampo, kamu juga bisa menghilangkan embun di kaca mobil dengan tembakau. Kandungan nikotin pada tembakau dipercaya bisa menyerap uap air dan mencegah kaca mobil berembun.

© MEN

Penggunaannya sama. Kamu cukup mengoleskan tembakau rokok di kaca. Kamu harus berhati-hati agar kaca tak tergores campuran potongan cengkeh yang mungkin terdapat di rokok. Oleskan dengan halus, ya.

6 dari 6 halaman

Cairan Anti Defogger

Ingin cara yang lebih praktis? Kamu bisa menggunakan bahan ini jika ogah memakai sampo dan tembakau.

Sahabat Dream bisa menghilangkan embun dengan cairan anti kabut atau defogger. Cairan ini bisa didapatkan di toko perlengkapan mobil.

Kamu cukup menyemprotkan cairan defogger ke kaca bagian dalam. Diamkan beberapa saat, lalu lap dengan kain lembut yang kering dan gerakkan searah beberapa kali.

Beri Komentar