Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Panas Ekstrem Sampai 45,9 Derajat Celcius, Paris Larang Mobil Tua Berjalan

Panas Ekstrem Sampai 45,9 Derajat Celcius, Paris Larang Mobil Tua Berjalan Pemerintah Kota Paris Melarang Mobil-mobil Tua Beroperasi Selama Gelombang Tinggi Masih Menerpa. (Foto: Shutterstock)

Dream – Gelombang panas di Paris, Perancis, membuat pemerintah setempat membuat kebijakan khusus. Pemerintah Perancis melarang lebih dari 60 persen mobil beroperasi di jalan.

Larangan ini untuk mengurangi panas yang dihasilkan di jalan.

Dikutip dari Zing, Selasa 2 Juli 2019, Eropa kini sedang berhadapan dengan gelombang panas. Bahkan, kawasan ini “membukukan” rekor gelombang panas.

Beberapa negara Eropa, seperti Perancis, Jerman, dan Swis mencetak rekor suhu panas yang pernah menyerang kawasan mereka. Perancis mendapatkan peringkat teratas dengan suhu mencapai hampir setengah matang atau 45,9 derajat Celcius.

Mengantisipasi kemungkinan suhu yang meningkat, pemerintah daerah Paris melarang mobil-mobil beroperasi sampai temperatur lingkungan turun.

Mobil Tua `Dikandangkan`

Pemerintah setempat mengizinkan mobil-mobil ramah lingkungan yang beroperasi. Sebut saja, mobil listrik, hybrid, atau mobil berbahan bakar hidrogen.

Mobil-mobil tua, terutama yang mengkonsumsi diesel, akan terkena imbas aturan itu. Kendaraan yang berbahan bakar bensin serta diproduksi sebelum 2006 dan mobil diesel sebelum 2011, akan dilarang beredar di jalanan Paris.

Menurut data AAA, larangan ini akan mempengaruhi 60 persen kendaraan di Paris. Sekadar informasi, ada 5 juta kendaraan yang akan dilarang beredar di jalan Paris.

Jika ada pengemudi yang bandel, dia akan didenda sebesar 68 euro (Rp1,09 juta).

Body Toyota Corolla Dibaluri Kotoran Sapi Biar Dingin, Hasilnya Mengejutkan

Dream – Foto sebuah Toyota Corolla yang satu ini menjadi viral di jejaring sosial. Corolla yang satu ini bukan sembarang mobil.

Sedan yang ngehits di medsos ini tampil dengan baluran kotoran sapi.

Dikutip dari Rushlane, Minggu 26 Mei 2019, foto ini diunggah oleh pengguna Facebook bernama Rupes Das. Dia menyebut temperatur di Ahmedabad, India, mencapai 45 derajat celcius. Dikatakan juga bahwa mobil berbalut kotoran sapi itu milik Sejal Shah.

Penggunaan kotoran sapi di badan mobil ini dipercaya bisa mengurangi panas di kabin mobil. Tak pelak, hal itu menjadi perdebatan sengit di medsos. Dikatakan bahwa cara tersebut absurd.

Padahal, ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kesejukan kabin. Misalnya AC mobil.

Dibuktikan

Untuk membuktikannya kebenaran mitos masyarakat di Indonesia itu dilakukan pengukuran suhu. Panas yang terperangkap dalam mobil disebabkan oleh efek rumah kaca.

Pengukuran suhu dilakukan pada suhu luar, permukaan lantai parkir, suhu bodi mobil, suhu pintu mobil, suhu dasbor, tepat di bawah kaca depan mobil, sampai suhu sekitar jok mobil.

Hasilnya suhu di bawah kaca depan mobil paling tinggi. Sekitar 95 derajat celcius, hampir sama dengan suhu air mendidih.

Dari pengukuran suhu itu terlihat bahwa kaca membuat cahaya matahari bisa masuk sepenuhnya dan memerangkapnya.

Kotoran Sapi Malah Rusak Cat Mobil

Dengan membalurkan kotoran sapi di sisi eksterior selain kaca, takkan membuat suhu kabin mobil tetap dingin. Sebab, hampir semua pemanasan disebabkan oleh cahaya yang masuk melalui kaca dan komponen inframerah yang terperangkap dalam kaca.

Kotoran sapi justru sebenarnya akan merusak cat mobil. Kandungannya tak jauh berbeda dengan kotoran burung. Jika kotoran burung menempel pada bodi mobil dan dibiarkan berhari-hari maka cat mobil bisa berubah secara permanen.

Selain itu, tekstur kotoran sapi yang kasar seperti permukaan amplas bisa membuat bodi mobil tergores.(Sah)

Meski Mobil Sepanas Oven, Jangan Langsung Nyalakan AC

Dream – Ada hal penting yang tak boleh kamu abaikan. Terutama untuk kamu yang tinggal di kota besar dan sudah masuk musim kemarau, ketika masuk mobil, rasanya seperti masuk oven.

Tergoda hati untuk menyalakan AC. Eits, tahan dulu niatnya.

Dilansir dari Daihatsu, Senin 1 Oktober 2018, udara dari semprotan AC yang bercampur dengan udara dalam mobil bisa menimbulkan udara yang berbahaya. Udara itu bisa menyebabkan kanker.

Kalau mau naik mobil dan mobil terasa panas, lebih baik buka dulu semua kaca. Kemudian, menyalakan AC selama beberapa menit.

Lalu, jalan. Selanjutnya, jendela ditutup setelah beberapa menit: 

Begini Bahayanya

Menurut sebuah penelitian, radiasi sinar matahari menyebabkan reaksi kimia antara material plastik, pengharum ruangan, bahan pelapis jok dan bahan lain di kabin dengan udara panas. Reaksi ini menghasilkan berbagai zat baru, satu diantaranya adalah benzena, racun penyebab kanker (karsinogen).

Selain menyebabkan kanker, benzena juga bisa meracuni tulang-tulung tubuh kita, menyebabkan Anemia dan menurunkan jumlah sel darah putih. Kalau sering menghirupnya dalam jangka waktu yang lama, bisa menyebabkan leukemia.

Benzena juga dapat mengakibatkan keguguran bagi ibu hamil.Tingkat benzena di dalam ruangan yang bisa ditoleransi manusia adalah sebesar 50mg/ft2.

Sebuah mobil yang terparkir di dalam ruangan dengan jendela tertutup akan menghasilkan 400-800 mg benzena. Tapi kalau diparkir di luar ruangan di bawah sinar matahari pada temperatur 15 derajat Celcius ke atas, tingkat Benzena bisa naik hingga mencapai 2000-4000 mg, 40 kali tingkat yang bisa ditoleransi. 

Sebabkan Tubuh Mudah Lelah

Kalau kamu terbiasa langsung naik mobil tanpa membuka jendela, mau nggak mau kamu bakal menghirup banyak racun yang dengan sangat cepat masuk ke dalam tubuh.

Ada beberapa keluhan orang yang mengantuk, pusing, atau bahkan lemas setelah langsung menghidupkan AC. Padahal, hal-hal inilah yang bisa jadi penyebab kecelakaan di jalanan.

Jadi sebelum kamu nyalain AC mobil, biasakan kamu selalu membuka jendela dan pintu mobil supaya udara beracun yang ada di dalam mobil bisa terbuang keluar kira-kira 5 menit.

Kalau nggak mau repot, kamu bisa membuka kaca mobilmu sedikit saat parkir, atau carilah tempat parkir di tempat yang teduh dan tak terkena paparan sinar matahari langsung.

Benzena adalah racun yang bisa mempengaruhi ginjal dan hati, dan sangatlah sulit bagi tubuh untuk membasmi racun-racun tersebut. (ism)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Begini Cara Perpanjang Paspor Jalur Cepat Satu Hari Jadi

Begini Cara Perpanjang Paspor Jalur Cepat Satu Hari Jadi

Cukup satu hari saja, pspor sudah di tangan. Biaya yang dikeluarkan memang lebih mahal.

Baca Selengkapnya
Kondisi Jalan Lokasi Mobil Keluarga Tewas Terjebak Lumpur, Warga ‘Ngeri’ Melintas

Kondisi Jalan Lokasi Mobil Keluarga Tewas Terjebak Lumpur, Warga ‘Ngeri’ Melintas

Jalan lokasi mobil keluarga tewas usai terjebak lumpur disebut jarang dilewati warga.

Baca Selengkapnya
Pemudik Kebablasan Stasiun Kereta Bisa Kena Sanksi Denda hingga Dilarang Naik KA

Pemudik Kebablasan Stasiun Kereta Bisa Kena Sanksi Denda hingga Dilarang Naik KA

Denda bisa mencapai dua kali lipat harga tiket kereta api

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Penampakan Kamar Tidur Nikita Willy dan Indra Priawan, Serasa Kosong Aslinya Bikin Melongo

Penampakan Kamar Tidur Nikita Willy dan Indra Priawan, Serasa Kosong Aslinya Bikin Melongo

Yuk intip kamar simpel tapi mewah ala Nikita Willy dan Indra Priawan

Baca Selengkapnya