Meski Volume Turun, Daihatsu Bersyukur Pangsa Pasar 2020 Naik

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 13 Januari 2021 18:33
Meski Volume Turun, Daihatsu Bersyukur Pangsa Pasar 2020 Naik
Daihatsu mencatatkan penjualan mobil sebanyak 100 ribuan unit.

Dream – Penjualan otomotif selama tahun pandemi Covid-19 di paruh kedua 2020 sedikit membaik. Diperkirakan bakal terpuruk karena terhentinya roda ekonomi, penjualan kendaraan roda empat di Indonesia justru mencatat pertumbuhan.

Marketing Director and Corporate Planning & Communication PT Astra Daihatsu Motors (ADM), Amelia Tjandra, mengatakan kondisi penjualan di semester II-2020 menjadi sinyal positif untuk menatap tahun 2021 yang masih akan diliputi pandemi Covid-19.

Amelia mengakui penjualan ritel otomotif Indonesia di tahun 2020 hanya bisa tercapai sekitar 578 ribu unit, atau turun 45 persen dibandingkan tahun 2019. Sementara itu, Daihatsu dapat mencapai 100.026 unit, turun 44 persen dari tahun lalu.

Meski secara volume menurun, Amelia memberikan catatan soal pangsa pasar Daihatsu yang justru mencatat kenaikan tipis.

“ Performa Daihatsu lebih baik daripada pasar nasional, sehingga market share Daihatsu naik 0,3 persen menjadi 17,3 persen pada akhir 2020,” kata Amelia di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu 12 Januari 2021.

Penjualan Daihatsu didominasi oleh tiga model utama, yaitu Sigra yang laku 26.219 unit (26,2 persen), Gran Max Pick-Up 24.297 unit (24,3 persen), dan Terios 14.493 unit (14,5 persen).

“ Daihatsu bersyukur dapat menutup tahun 2020 dengan market share 17,3 persen. Penurunan penjualan Daihatsu juga masih lebih baik dibandingkan pasar secara nasional,” kata dia.

1 dari 5 halaman

Rilis Oli Kemasan 3,5 Liter, Daihatsu Klaim Lebih Irit

Dream – PT Astra Daihatsu Motors (ADM) membantu pelanggannya untuk berhemat. Perusahaan otomotif ini merilis oli mobil dengan kemasan 3,5 liter.

“ Kami meluncurkan Daihatsu Genuine Oil dengan kemasan 3,5 liter,” kata Service Part Division Head ADM, Anjar Rosjadi, dalam konferensi pers virtual, Kamis 17 Desember 2020.© Dream

 

 

 

Anjar mengatakan bahwa penggantian oli merupakan hal yang paling dominan dalam perawatan mobil. Dikatakan bahwa penggantian oli yang rutin bisa membuat mesin mobil tetap terjaga dengan baik.

“ (Salah satu cara) merawat engine atau mesin tetap optimal adakah mengganti oli secara rutin,” kata dia.

Anjar mengatakan, mobil Daihatsu rata-rata menghabiskan oli sebanyak 3,5 liter saat diganti dan sebelum produk diluncurkan, Daihatsu Genuine Oil hanya ada kemasan 1 liter. Pelanggan pun membeli empat botol oli untuk perawatan kendaraannya.

“ Ada oli yang tidak terpakai. Nah, dengan kemasan 3,5 liter, ini pas,” kata dia.

2 dari 5 halaman

Lebih Irit dan Ramah Lingkungan

Anjar mengatakan satu kemasan oli 3,5 liter ini membuat pelanggan lebih irit 17 persen daripada membeli 4 botol oli kemasan 1 liter.

Misalnya, kata dia, pelanggan merogoh kocek untuk membeli empat botol oli 0W-20 SN seharga Rp480 ribu. Dengan kemasan 3,5 liter oli tipe serupa, pelanggan cukup merogoh kocek Rp400 ribu.

“ Lebih hemat Rp80 ribu,” kata dia.

Di samping itu, pembelian oli kemasan ini juga membantu untuk pelestarian lingkungan. Dengan botol berkapasitas besar, jumlah limbah oli pun bisa berkurang.

“ Kalau kemasan 1 liter, dibutuhkan 4 botol. Botolnya saja empat. Sampah plastiknya juga ada empat,” kata dia.

Anjar juga menyebutkan bahwa ada promo diskon 50 persen untuk pembelian oli kemasan 3,5 liter di toko virtual Daihatsu di Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan Blibli. Promo ini berlangsung selama 1-31 Desember 2020. 

3 dari 5 halaman

Daihatsu Tebar Promo Akhir Tahun di Virtual Festival

Dream – Daihatsu mempermudah konsumennya untuk membeli mobil baru. Melalui Virtual Daihatsu Festival, perusahaan ini menebar promo akhir tahun.

Dikutip dari keterangan tertulis Daihatsu, Kamis 17 Desember 2020, perusahaan ini akan menggelar Virtual Daihatsu Festival pada Sabtu 19 Desember 2020 pukul 10.00-11.00.

Pada program yang diselenggarakan secara virtual lewat digital meeting ini, Daihatsu berikan banyak paket promo penjualan, hingga fasilitas trade-in (tukar-tambah) dengan beragam benefit menarik, sehingga semakin memudahkan Sahabat untuk memiliki mobil baru Daihatsu.

 

© Dream

 

Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, jelang akhir tahun dan libur panjang, permintaan pelanggan terhadap mobil baru cenderung meningkat.

Demi memenuhi kebutuhan tersebut, Daihatsu berkomitmen untuk terus memberi berbagai kemudahan kepada pelanggan, yang ingin memiliki mobil baru dengan cara yang lebih aman dan nyaman, juga dengan benefit menarik.

“ Daihatsu berharap, melalui program ini, Sahabat dapat semakin mudah mewujudkan impiannya untuk memiliki mobil baru dalam menyambut tahun baru, serta dapat menikmati akhir pekan ini lewat beragam hiburan dan sharing inspiratif dari Daihatsu,” kata Hendrayadi di Jakarta.

4 dari 5 halaman

Gratis Biaya Admin Hingga Voucher E-Money Rp500 Ribu

Pada acara ini, Daihatsu berikan berbagai paket promo penjualan, seperti gratis biaya admin untuk setiap pembelian secara kredit, khusus melalui perusahaan pembiayaan ACC (Astra Credit Companies) dan DFS (Daihatsu Financial Services), serta extra cashback untuk pembelian cash.

Bagi pelanggan yang ingin mobil lamanya dengan mobil baru, Daihatsu dan Mobil88 siap menyambut dan melakukan appraisal kepada mobil lama yang berada di area Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Untuk paket trade-in ini, kamu juga berkesempatan mendapatkan gratis biaya admin atau extra cashback, ditambah dengan additional cashback bagi pelanggan bagi yang menggunakan layanan Mobil88, serta mendapat manfaat lainnya seperti voucher e-money berisi saldo sebesar Rp500 ribu, voucher belanja, dan hadiah menarik lainnya.

Hendrayadi mengatakan Daihatsu juga akan memberikan promo lainnya bagi 500 pemesan pertama yang membeli mobil baru di acara ini. Perusahaan itu akan memberikan gratis penggantian oli mesin DGO (Daihatsu Genuine Oil) sebanyak 2 kali selama satu tahun, baik untuk pelanggan yang melakukan pembelian secara kredit, cash, maupun trade-in.

5 dari 5 halaman

Hadirkan GIGI

Selain program promo penjualan, pelanggan juga dapat menikmati beragam acara hiburan menarik dari Daihatsu pada akhir pekan, seperti talkshow bersama Ridwan Hanif sebagai salah satu content creator dengan tema Menilik Industri Kreatif, serta special perfomance dari GIGI, yang merupakan salah satu grup band beraliran pop & rock dan populer di Indonesia.

“ Untuk dapat bergabung pada acara ini, Sahabat dapat melakukan registrasi melalui website daihatsu.co.id atau klik tautan https://daihatsu.co.id/virtualdaihatsufestival/. Setelah melakukan registrasi, Sahabat akan mendapat link virtual meeting sebagai akses untuk masuk dan bergabung pada acara ini,” kata dia.

Beri Komentar