Toyota All New Corolla Altis Resmi Dirilis, Ada yang Tipe Hybrid

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 12 September 2019 19:33
Toyota All New Corolla Altis Resmi Dirilis, Ada yang Tipe Hybrid
Bagaimana spesifikasinya dan berapa harga Toyota All New Corolla Altis?

Dream – Toyota All New Corolla Altis akhirnya diperlihatkan PT Toyota Astra Motor Motor (TAM) ke publik Indonesia. Mobil generasi ke-12 ini hadir dengan fitur Toyota Safety Sense (TSS).

TAM juga memamerkan All New Corolla Altis tipe HEV dengan teknologi Hybrid generasi keempat.

“ Melalui All New Corolla Altis varian HEV, Toyota ingin menegaskan dukungan sepenuhnya kepada pemerintah Indonesia dalam akselerasi pengembangan kendaraan elektrifikasi dengan menghadirkan mobil elektrifikasi yang lengkap,” kata President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Yoshihiro Nakata, di Jakarta, Kamis 12 September 2019.

 Toyota All New Corolla

Sedan baru Toyota ini dibekali oleh sistem multimedia yang dilengkapi dengan head unit display 8 inci. Sistem tersebut terintegrasi dengan sistem monitor hybrid, bluetooth, dan wifi, Apple Car Play, Smart Device Link, dan Miracast.

All New Corolla Altis akan hadir dalam tiga tipe yang memiliki transmisi CVT. Tipe 1.8 G dan 1.8 V menggunakan mesin berbahan bakar gasoline.

1 dari 7 halaman

Desain Eksterior dan Interior

Karakter Altis terbaru mengedepankan emotional styling. Terlihat pada desain eksterior yang mengusung tema Modern Prestige.

Garis desain eksterior, menonjolkan gaya yang berwibawa. Kemudian, penggunaan platform Toyota New Global Architecture (TNGA), memberikan dimensi kendaraan agar tampak lebih luas dan rendah. Dimensi ini menonjolkan stabilitas yang kuat pada sedan.

 Toyota All New Corolla

Bagian kabin sebagai desain interior mobil, didesain lebih luas agar terasa lebih lapang dan bersih. Ventilasi udara, juga dipastikan berikan kenyamanan bagi pengendara dan penumpang.

Center of gravity pada generasi terbaru Corolla, dirancang lebih rendah 20 mm dibanding generasi sebelumnya. Ini bertujuan agar mobil lebih stabil.

 Toyota All New Corolla

Double wishbone pada suspensi belakang memberikan stabilitas dan kenyamanan, pengendaraan yang sangat baik, juga meningkatkan kompartemen bagasi.

2 dari 7 halaman

Bagaimana dengan Safety?

All New Corolla Altis, kini dilengkapi dengan tujuh airbags dan fitur Blind Spot Monitor untuk tipe 1.8 V dan HEV. Khusus untuk HEV, dilengkapi pula dengan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Di mobil versi HEV, penggunaan motor listrik P610 HEV transaxle, dengan power 72 PS atau setara dengan Hybrid 4-cylinder, dipadukan dengan mesin 2ZR-FXE, membuat sedan ini semakin ramah lingkungan.

Tipe ini, juga menyediakan fitur keselamatan yang lengkap dan canggih, seperti Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), dan Automatic High Beam (AHB).

 Toyota All New Corolla

" Kehadiran mobil dengan fitur-fitur keselamatan Toyota Safety Sense yang lengkap dan canggih ini menegaskan komitmen Toyota yang tak hanya sekedar menekankan kenyamanan berkendara namun senantiasa serius memperhatikan faktor keselamatan," kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy.

All New Corolla Altis, kini hanya hadirkan automatic untuk semua tipe. Mobil dibrandol mulai dari Rp468,2 juta untuk tipe G A/T, Rp489,3 juta untuk tipe 1.8 V A/T, dan Rp566,3 juta untuk Hybrid A/T.

(Sah, Laporan: Keisha Ritzska Salsabila)

3 dari 7 halaman

Selain Calya, Toyota Siapkan Model Mobil Baru Lain?

Dream – Selain Calya, Toyota sedang mempersiapkan produk-produk baru yang akan dirilis di Indonesia. Rencananya, produk-produk baru ini akan dirilis hingga akhir tahun.

Hal ini dikatakan oleh Executive General Manager Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto.

“ Kami memang sedang mempersiapkan peluncuran 2-3 produk baru pada akhir tahun,” kata Soerjo kepada Dream.

Dia mengatakan pihaknya akan memberikan informasi lebih lanjut dalam waktu dekat. Saat ditanya model-model barunya, Soerjo merahasiakan hal itu.

“ Ditunggu model barunya apa saja yah,” kata Soerjo.

Diduga salah satu model baru yang akan meluncur adalah Calya. Tampilan anyar mobil LCGC 7 seater ini “ gentayangan” di media sosial.

Hal ini dikatakan oleh Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmy Suwandi, ketika dihubungi Dream. “ Iya. Kami sedang mempersiapkan Calya,” kata Anton.

4 dari 7 halaman

Toyota Siapkan Calya Anyar, Begini Penampakannya

Dream - Toyota diam-diam menyiapkan Calya versi anyar. Penampakan foto mobil low cost green car (LCGC) andalan Toyota ini beredar di jejaring sosial.

Dikutip dari akun Instagram @b_channel_indonesia, Rabu 4 September 2019, mobil ini punya wajah baru. Mobil ini mengusung lampu LED. Grille depan juga berubah.

 

 Penampakan Toyota Calya baru (1).

 

Sebelumnya, ada tampilan krom di lapisan tengah grille. Kini, tak ada lagi krom.

" Inilah penampakan Calya improvement dengan headlamp LED," tulis @b_channel_indonesia.

5 dari 7 halaman

Dibenarkan

Ketika dikonfirmasi, pihak Toyota tak menolak. Bahkan mereka menyebut itu benar tampilan Calya anyar.

" Iya. Kami sedang mempersiapkan Calya," kata Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, ketika dihubungi Dream.

 

 Penampakan Toyota Calya baru (2)

 

Sayangnya, ketika ditanya tentang detail fitur dan pembeda dengan yang lama, Anton enggan menjelaskan.

" Detailnya nanti, ya?" kata dia.

6 dari 7 halaman

Bakal Naik Kelas?

Warganet terkagum dengan penampakan Calya anyar. Ada yang menyebut nantinya Calya akan naik kelas jadi mobil keluarga, bukan LCGC.

Sekadar informasi, mobil ini merupakan LCGC pertama yang memiliki 7 tempat duduk. Biasanya LCGC lainnya hanya punya 5 kursi.

" Bakalan naik kelas lagi, nih. Tidak lagi sebagai LCGC. Tapi, kendaraan keluarga entry level," tulis @agusdidin.

" Cakep nih nggak pake krumkruman," tulis @zaimsyarif11.

7 dari 7 halaman

Mirip Mobil Lain

Malah, ada yang mengira tampilannya mirip mobil lain.

" Sebentar... Kok jadi mirip Alya, ya, depannya?" tulis @ilhaam_ir.

" Kenapa sich kebanyakan semuanya sekarang depannya ngikutin Xpander," tulis @d.1.m.4.5.

" Sekilas depannya kayak Hiace baru masak aku lihatnya," tulis @rio.1506. 

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi