Baik-baik Pilah-pilih Pengharum Mobil

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 23 Januari 2020 06:12
Baik-baik Pilah-pilih Pengharum Mobil
Salah-salah interiormu malah rusak.

Dream - Pengharum kabin mobil memang dibutuhkan agar suasana kabin wangi. Agar baunya segar, kamu bisa memilih wewangian bunga, natural, atau buah-buahan.

Namun, kamu harus berhati-hati memilih pengharum mobil. Salah-salah, interior mobil tidak wangi, tetapi jadi rusak.

Dikutip dari Auto2000, Kamis 23 Januari 2020, pertama, gel. Sebagian besar pengharum alias parfum mobil berbahan gen atau silikon.

Pengharum jenis ini memang memiliki daya tahan wangi yang lebih lama. Sayangnya, gel akan membuat interior mobilmu bernoda kekuning-kuningan.

Noda ini akan muncul jika pengharum dipakai untuk jangka waktu yang lama dan terkena panas matahari langsung, misalnya diletakkan di atas dasbor.

Gel nantinya akan menempel pada dasbor dan meninggalkan noda yang cukup sulit dihilangkan, terutama jika berbahan kulit.

1 dari 6 halaman

Bahan Cair dan Semprot

Kedua, cair. Beberapa parfum mobil memakai bahan cair. Biasanya cara pakainya ditempel atau dijepit di kisi-kisi AC. Pengharum tipe ini lebih aman karena terlindung dengan botol yang menggunakan penutup cukup rapat.

Jangan sampai penutup botol ini terbuka atau botol pecah. Jika cairan tumpah ke kabin, nodanya akan sulit dibersihkan.

Ketiga, spray. Beberapa parfum mobil menggunakan bahan spray. Pengharum disemprot ke beberapa sisi interior, termasuk bagian bawah dan sudut-sudut kabin.

Pengharum kabin mobil ini paling aman digunakan karena tak meninggalkan bekas noda di kabin. Daya tahannya juga cukup lama.

2 dari 6 halaman

Tips Membersihkan Dashboard Mobil dari Noda Parfum

Dream - Parfum mobil sering kali meninggalkan noda berwarna belang di dashbor akibat zat kimia yang digunakannya. Zat kimia akan merusak dasbor mobil jika terkena bahan plastik dan hawa panas.

Pemilik mobil sering kali harus pergi ke salon mobil untuk menghilangkan noda tersebut. Tentu perawatan khusus itu akan membuat anggaran servis mobil kamu membengkak.

Dikutip dari Auto 2000, Minggu 15 Desember 2019, noda parfum di dasbor mobil sebenarnya bisa dihindari jika kamu rutin membersihkan bagian tersebut.

Untuk membersihkan dashbor, pertama, kamu bisa menggunakan interior cleaner dan silicon spray untuk dasbor mobil. Lalu, bagian dasbor mobil yang terkena noda disemprotkan dengan cairan interior cleaner terlebih dahulu. Semprotkan dengan menyebar untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

© Dream

 

Setelah itu, diamkan selama beberapa menit agar cairan tersebut bisa bereaksi dengan melunakkan perekat pada dasbor. Lima menit kemudian, usaplah bagian itu dengan kain perca atau kanebo. Kalau noda belum hilang sepenuhnya, kamu bisa mengulang lagi dengan menyemprotkan cairan interior cleaner.

Noda perekat yang menempel di dasbor mobil bisa dipastikan hilang. Agar dashboard mobil kembali berkilau, kamu bisa menyemprotkan pembersih dashboard berbahan dasar water based. Terakhir, lap kembali dengan kain perca agar menjadi berkilau.

3 dari 6 halaman

4 Tips Mudah Bersihkan Dashboard Mobil

Dream Dashboard mobil sebaiknya tak luput dari perhatian para pemilik kendaraan. Termasuk untuk masalah kebersihan.

Dashboard mobil ini paling mudah rusak dan harus selalu dirawat. Lantas bagaimana caranya merawat dashboard mobil?

Dikutip dari blog Gojek, Selasa 5 Maret 2019, ada empat cara mudah untuk membersihkan dashboard mobil. Pertama, menggunakan penyedot debu. Gunakan penyedot debu untuk membersihkan dashboard mobil.

 

© Dream

 

Kamu bisa menggunakan penyedot debu khusus dashboard atau yang berukuran mini. Alat ini bisa membantumu untuk membersihkan ruangan secara maksimal dan menjangkau tempat-tempat yang tidak terjangkau oleh tangan.

Ke dua, menggunakan lap microfiber. Kamu bisa menggunakan lap yang bertekstur lembut, tapi bisa menghilangkan debu dan kotoran. Lap ini tidak akan membuat dashboard mobil lecet.

Kalau menggunakan sembarang lap, jangan heran ada goresan-goresan di dashboard mobil.

4 dari 6 halaman

Sikat Halus dan Cairan Pembersih Dashboard Juga Bisa Digunakan

Ke tiga, kamu bisa menggunakan sikat berbulu halus. Sama seperti lap microfiber, kamu bisa membersihkan dashboard dengan sikat berbulu halus. Bulu-bulu halus ini bisa membersihkan noda yang sulit dijangkau.

Ke empat, cairan pembersih dashboard. Kamu bisa membersihkan dashboard mobil dengan cairan pembersih dashboard. Tujuannya agar dashboard mobil tetap bersih dan mengkilap.

5 dari 6 halaman

Begini Cara Bersihkan AC Tanpa Bongkar Dashboard

Dream – Pernah membayangkan apa jadinya mobil kamu tak punya fasilitas penyejuk ruanganatau AC? Kamu yang tinggal di kota besar dengan kemacetan hampir setiap hari tentu akan tersiksa.

Fungsinya yang sangat vital membuat pemilik kendaraan akan sekuat tenaga merawat AC agar tak mudah rusak. Saat AC rusak mereka akan langsung membawanya ke bengkel. 

Biasanya, teknisi akan membongkar dasbor untuk membersihkan AC. Tujuannya untuk menjangkau evaporator yang terletak di belakang, dan membersihkan debu serta kotorannya.

 

 

© Dream

 

Namun, kini hal tersebut bisa diatasi dengan alat khusus yang disebut kamera endoskopi.

Manajer Pemasaran Autoglaze, Stephen Setyadi, mengatakan alat ini fungsinya sama seperti alat bantu untuk operasi. Jadi, saat membersihkan AC bisa lebih mudah.

" Alat ini adalah kamera yang ada selangnya. Jadi, bisa melihat kondisi evaporator, dan sekaligus menyemprotkan udara dan air untuk membersihkannya," kata dia di Jakarta, dikutip dari Liputan6.com, Senin 15 Juli 2019.

6 dari 6 halaman

Waktu Pembersihan AC Jadi Lebih Singkat

Lanjutnya, dengan menggunakan cara ini juga, waktu pembersihan AC jadi lebih singkat. Jika biasanya, saat membersihkan AC dan membongkar dasbor membutuhkan waktu setengah hari bahkan sampai satu hari.

" Biayanya juga pasti lebih murah, karena jika bongkar dasbor biayanya Rp1 juta—Rp2 juta. Dengan alat ini, biayanya hanya Rp600 ribu. “ Member di Autoglaze hanya Rp400 ribuan,” kata Stephen.

(Sumber: Liputan6.com/Arief Aszhari)

Beri Komentar