Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Nissan Terra dan Livina Dipinjamkan Buat Operasional Relawan Covid-19

Nissan Terra dan Livina Dipinjamkan Buat Operasional Relawan Covid-19 Nissan Turut Mendukung Penanggulangan Pandemi Corona Di Indonesia. (Foto: Nissan Indonesia)

Dream – Nissan turut mendukung pemerintah dalam mitigasi penyebaran virus corona di Tanah Air. Perusahaan otomotif ini meminjamkan Nissan Terra dan All-New Nissan Livina kepada Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 untuk dijadikan kendaraan operasional distribusi logistik.

“Kami meminjamkan kendaraan Nissan dengan fitur dan teknologi yang tepat kepada Relawan Gugus Tugas untuk mendukung mereka yang bekerja di garda terdepan,” kata Presiden Direktur Nissan di Indonesia, Isao Sekiguchi, dikutip dari keterangan tertulis, Rabu 6 Mei 2020.

Sekiguchi menyerahkan lima unit kendaraan yang akan dipinjamkan kepada relawan. Diharapkan mobil-mobil ini bertujuan untuk mempermudah mobilisasi relawan.

"Kami menyambut baik peminjaman mobil dari Nissan sebagai kendaraan operasional kami, guna melawan penyebaran virus COVID-19. Kami yakin mobil-mobil tersebut akan membantu kami selama masa sulit ini,” kata Ketua Tim Koordinator Relawan, Andre Rahadian.

Mengapa All New Nissan Terra dan All New Nissan Livina Dipilih?

Kedua model Nissan ini dipilih secara khusus karena memiliki fitur-fitur tepat yang dapat mendukung operasi penting di lapangan saat ini. Nissan Terra menawarkan durabilitas dengan performa mesin terbaik di kelasnya dan teknologi berkendara yang canggih di bawah Nissan Intelligent Mobility.

Mobil SUV ini memiliki performa terbaik di segmennya, setara dengan tenaga 190ps dan torsi 450Nm, serta ground clearance terbaik di kelasnya, setinggi 225 mm. Fitur-fitur ini memungkinkan Nissan Terra untuk digunakan sebagai kendaraan operasional yang efektif baik di daerah perkotaan maupun terpencil di Indonesia, memberikan kenyamanan bagi penumpang, dan juga mampu membawa peralatan yang dibutuhkan dalam jumlah besar.

All-New Nissan Livina menawarkan keserbagunaan, dengan 17 kompartemen penyimpanan barang, kabin lapang untuk tujuh orang, dan kapasitas bagasi yang besar. Fitur-fitur ini dapat mendukung dalam membawa peralatan ukuran kecil dan besar, dan membantu mengangkut tim operasional saat dibutuhkan.

Tahun Depan, Nissan Setop Produksi Datsun di Indonesia

Dream - Pabrikan mobil berbasis di Jepang, Nissan, resmi menghentikan produksi Datsun dan Datsun Go+ di Indonesia pada pada Januari 2020. Dua mobil LCGC tidak akan lagi mewarnai pasar otomotif Indonesia.

"Datsun Go dan Datsun Go+ akan diberhentikan produksinya per Januari 2020,” kata Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian, Harjanto, dikutip dari Liputan6.com, Senin 25 November 2019

Haryanto mengatakan meskipun produksi Datsun disetop, Nissan akan tetap melanjutkan proses manufaktur di Indonesia. Tapi, Nissan akan menempuh strategi yang berbeda. 

 

 

“Perubahan strategi yang dilakukan oleh Nissan, yakni dengan melakukan lokalisasi komponen utama, mesin New Livina,” kata Harjanto.

Sekadar informasi, rencana produksi mesin Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander telah berembus kencang beberapa waktu lalu. Mesin yang digunakan oleh dua low multi purpose vehicle (LMPV) ini memang masih diimpor langsung dari Jepang.

Komentar Nissan?

Terkait kabar ini, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) belum memberikan keterangan apapun. 

Sekadar informasi, Nissan akan mematikan merek Datsun di India pada 2022. Hal ini disebabkan oleh penjualan Datsun yang kurang memuaskan.

Di India, Nissan mengenalkan kembali merek Datsun pada 2013. Merek ini difokuskan untuk pasar negara berkembang seperti India, Indonesia, Rusia, dan Afrika Selatan. 

(Sumber: Liputan6.com/Arief Aszhari)

Nissan Ceraikan Datsun?

Dream - Kabar tak sedap tentang masa depan Datsun muncul dari India. Seorang sumber di pabrikan Nissan mengabarkan jika perusahaan akan menceraikan Datsun.

Dikutip dari Autocar India, Jumat 25 Oktober 2019, selama enam tahun, Nissan bekerja sama dengan Datsun untuk membuat mobil berharga murah. Kendaraan entry level itu menyasar pasar Rusia, Indonesia, dan India.

India menjadi pasar pertama peluncuran Nissan Datsun Go. Peluncuran ini juga diikuti oleh Go+ dan Redigo.

Sayangnya, bisnis mobil "murah" ini terganjal biaya. Terlebih penjualan Go di India dan pasar-pasar lainnya ikut jeblok. Kondisi ini diperparah dengan hatchback mungil yang tak lolos uji NCAP Global--capaian ini menjadi rapor merah bagi Datsun. Itu menjadi pertimbangan bagi Nissan untuk berpisah dengan Datsun.

 

 

Berdasarkan seorang sumber yang tak mau disebutkan namanya menurut laman tersebut, Nissan bukannya tak mau lagi bersama Datsun, melainkan ingin melepas brand ini perlahan-lahan.

Dikatakan bahwa produksi Datsun akan berakhir pada 2022 atau awal 2023--seiring dengan munculnya platform CMF-A milik Nissan.

"Kami takkan meletakkan badge Nissan di Go atau Redigo. Itu takkan membantu," kata sumber.

Kondisi Perusahaan

Selain penjualan Go yang hancur, kondisi perusahaan juga memperparah Nissan. Produsen otomotif ini mendapatkan ujian bertubi-tubi, seperti eks bos Nissan, Carlos Ghosn, yang tersandung kasus korupsi dan penjualan memburuk.

Ini memaksa Nissan merevisi kembali bisnisnya, termasuk memangkas karyawan dan produksinya mobil.

Nissan juga kalah bersaing dengan produsen lainnya, termasuk dengan aliansi bisnis, Renault. Di India, Renault Kwid "menghajar" Nissan Redigo. Penjualannya tiga kali lipat dari Nissan dan itu memalukan bagi brand mobil asal Jepang.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Toyota Buka Posko dan Bengkel Siaga Selama Libur Nataru, Catat! Ini Daftar Lokasinya

Toyota Buka Posko dan Bengkel Siaga Selama Libur Nataru, Catat! Ini Daftar Lokasinya

Total titik pelayanan tersebut terdiri dari 5 Posko Siaga dan 297 Bengkel Siaga yang tetap beroperasi normal di hari libur Nataru.

Baca Selengkapnya
Seberapa Laris Mobil Listrik Buatan Toyota di Indonesia?

Seberapa Laris Mobil Listrik Buatan Toyota di Indonesia?

Penjualan Toyota di tahun 2023 mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2022

Baca Selengkapnya
Mitsubishi L100 EV Siap Beroperasi di IKN Nusantara, Mulai Dijual Rp320 Jutaan

Mitsubishi L100 EV Siap Beroperasi di IKN Nusantara, Mulai Dijual Rp320 Jutaan

MMKSI mengumumkan dimulainya penjualan model Mitsubishi L100 EV di Indonesia.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! When Cegil diajak Ngonten

NOTED KAK! When Cegil diajak Ngonten

Kurang lebih begini keadaannya kalau anak kantor jadi diajak bikin konten. Temen kalian ada yang kaya gini gak?

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Tebak Rempah

BUNGKUS! Tebak Rempah

Jangan ngaku ahlinya rempah jika tidak tahu bahan-bahan apa saja yang ada di hidangan ini?

Baca Selengkapnya