Benarkah Faktor Warna Bisa Pengaruhi Harga Jual Motor Bekas?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 22 Januari 2020 08:24
Benarkah Faktor Warna Bisa Pengaruhi Harga Jual Motor Bekas?
Apakah penjualan motor benar-benar dipengaruhi oleh warna?Liputan6.com/Dian Tami Kosasih)

Dream - Dalam dunia otomotif kamu pasti pernah mendengar harga jual mobil juga dipengaruhi oleh warnanya. Salah satu yang kita ketahui adalah mobil berwarna putih putih cenderung lebih mahal dibandingkan silver atau hitam.

Faktor warna mobil ini membuat pabrikan otomotif menghadirkan beragam warna untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Namun apakah faktor warna juga turut mempengaruhi harga jual sepeda motor bekas?

Mengutip laman Liputan6.com, Rabu 22 Januari 2020, pemilik showroom motor bekas, Rudy Motor, mengatakan harga jual motor bekas tak dipengaruhi oleh warna, seperti halnya mobil.

Walaupun ada beberapa konsumen yang memilih warna saat membeli, harga yang ditawarkan tak jauh berbeda.

“ Beda sama mobil, ya, kalau sepeda motor tidak berlaku warna khusus, apalagi motor bekas karena memang unit yang ada ada di kami, itu yang dijual. Nggak ada stok banyak sehingga bisa memilih warna,” kata Rudy.

Bagi penjual sepeda motor bekas, faktor kondisi mesin dan body merupakan hal utama dalam menentukan harga kendaraan bekas.

" Yang pasti kalau motor bekas yang harus dipastikan kondisi mesin. Untuk warna tidak banyak memberikan pengaruh, kecuali memang dia edisi khusus," kata dia.

1 dari 5 halaman

Warna Doff jadi Pilihan

Pendapat senada diungkapkan pemilik Tapas Motor, Rio yang mengatakan warna tak begitu berpengaruh terhadap pembelian motor.

Meskipun demikian, dia mengaku ada beberapa model motor yang memiliki warna favorit, seperti hitam dan merah doff.

" Untuk model tertentu seperti Nmax dan Vario 150 lebih banyak yang doff. Kalau harga enggak berpengaruh kecuali memang beda tipe. Kalau tipe sama enggak ada (perbedaan harga)," kata dia

(Sumber: Liputan6.com/Dian Tami Kosasih)

2 dari 5 halaman

Trik Dongkrak Harga Motor Bekas Banjir, Insya Allah Laku!

Dream - Beberapa pemilik sepeda motor yang terendam banjir tentu berharap bisa menjual tunggangannya itu dan mengganti dengan yang baru. Tapi publik juga mengetahui jika motor bekas banjir rentan mengalami kerusakan. Alhasil harganya selalu jatuh di pasaran. 

Kalaupun ada yang membeli motor bekas banjir, si pembeli harus menyiapkan budget lebih. Ujung-ujungnya mereka akan menawar motor itu dengan harga sangat miring.

Sebetulya para pemiliki sepeda motor bekas banjir ini tak apes-apes banget. Dengan sedikit trik mereka bisa menjual motornya dengan harga lebih baik.

 

© Dream

 

Pemilik Rudy Motor, Rudy, meminta pemilik kendaraan untuk melakukan perbaikan kerusakan secara menyeluruh pada motor yang terendam banjir.

" Pastinya diperbaiki dulu ya, setelah itu baru deh dijual. Kalau dalam keadaan rusak pasti enggak ada harganya," katanya kepada Liputan6.com, dikutip pada Kamis 16 Januari 2020.

Rudy juga mengimbau pemilik untuk memperhatikan bodi kendaraan. Tampilan motor bisa lebih maksimal jika dicuci secara menyeluruh.

3 dari 5 halaman

Berapa Harga Motor Bekas Banjir?

Saat disinggung penurunan harga motor bekas banjir, Rudy mengaku tak bisa memprediksi tanpa melihat wujudnya. Meski demikian, Ia menegaskan motor bekas banjir pasti mengalami penurunan harga.

“ Harus dilihat dulu bagaimana wujudnya, apa saja yang rusak,” kata dia.

Rudy mengatakan jenis motor juga berpengaruh terhadap harga jual. “ Nggak sampai 30 persen (turunnya). Kalau motor itu berbeda dengan mobil. Kalau mobil, perbaikannya lebih ribet,” kata dia.

(Sah, Sumber: Liputan6.com/Dian Tami Kosasih)

4 dari 5 halaman

Ganti Oli Motor Korban Banjir Cuma Rp10 Ribu, di Sini Tempatnya

Dream - Tak hanya mobil dan rumah, sepeda motor juga terendam saat terjadi banjir di Jakarta dan sekitarnya. Banjir bisa berbahaya bagi motor karena air masuk ke mesin dan bisa merusaknya karena oli tercampur air.

Federal Oil turut meringankan beban pemotor yang terdampak bencana banjir. Perusahaan pelumas kendaraan itu memberikan promo ganti oli cuma Rp10 ribu melalui program #SolusiMotorSetelahBanjir.

“ Melalui program #SolusiMotor Setelah Banjir ini, semoga bisa mempermudah para pemotor untuk segera mengganti oli motornya, sehingga sepeda motornya bisa kembali digunakan dengan baik untuk beraktivitas,” kata Federal Oil Manager, Sri Adinegara, di Jakarta, dikutip dari laman perusahaan, Jumat 10 Januari 2020.

 

© Dream

 

Program ini dimulai sejak 8 sampai dengan 12 Januari 2020, konsumen cukup membayar paket ganti oli hanya sebesar 10 ribu di tujuh Super Federal Oil Center (SFOC) di area yang terdampak banjir di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Berikut ini adalah tujuh lokasi SFOC yang dimaksud.

5 dari 5 halaman

Tujuh SFOC untuk Ganti Oli Rp10 Ribu

1.Jakarta

  • Adi Motor (Jalan Palmerah Barat No. 50, Jakarta Barat)
  • Angkasa Motor (Jalan Indraloka 2 No. 46 Jelambar, Grogol Petamburan
    Tangerang
  • New Rejeki Motor (Jalan Raden Saleh No. 15, Karang Tengah)
  • Harapan Jaya Motor (Jalan Haji Mencong No. 110)
  • Cendana Motor (Jalan Graha Raya Bintaro Raya, Ruko G1/3A)

2.Bekasi

  • Donna Motor (Jalan Kalibaru Timur, No. 20)
  • Serba Motor (Jalan Raya Hankam, Pondok Melati)
Beri Komentar