Banyak yang Salah Arti, Ini Arti Sebenarnya Istilah Mobil JDM

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 17 Desember 2020 09:33
Banyak yang Salah Arti, Ini Arti Sebenarnya Istilah Mobil JDM
JDM atau Japan Domestic Market ternyata punya makna

Dream – Sahabat Dream, di dunia otomotif, ada istilah yang bernama JDM. Apakah kamu pernah mendengarnya?

Dikutip dari Auto2000, Kamis 17 Desember 2020, JDM merupakan singkatan Japanese Domestic Market. Istilah ini mengacu pada mobil buatan pabrikan resmi yang hanya dibuat dan dipasarkan di Jepang. Biasanya, model mobil ini memiliki performa dan kecepatan super tinggi, sehingga belum tentu legal untuk dikendarai di jalan umum jika dipasarkan ke negara lain.

Contoh mobil JDM adalah Toyota Great Corolla (Greco) atau Honda Civic Ferio Vi- RS.

Negara lain seperti Indonesia tidak bisa dengan mudah mendapatkan mobil JDM. Hal yang bisa dilakukan hanyalah memodifikasi kendaraan yang saat ini sudah dimiliki dengan spare part JDM.

Untungnya, suku cadang mobil JDM tidak hanya untuk mobil buatan Jepang tersebut, tapi juga bisa dipasang ke mobil JDM dengan model sama. Alhasil, modifikasi seperti ini pun disebut dengan JDM-look.

1 dari 2 halaman

Pengertian Salah tentang JDM

Ada beberapa penghobi otomotif lain mungkin masih ada yang salah sangka dengan mobil Japanese Domestic Market. Ada yang menyangka kalau semua mobil buatan Jepang adalah JDM. Padahal, faktanya tidak demikian.

Ada juga yang mengira bahwa JDM adalah segala merek mobil yang diproduksi pabrikan Jepang meskipun dipasarkan ke berbagai negara di dunia.

Tak hanya itu, tak sedikit juga penggemar otomotif yang menyangka JDM adalah mobil yang diimpor secara utuh dan disebut sebagai made in Japan. Padahal, sih, belum tentu juga dibuat di Jepang.

 

© Dream
2 dari 2 halaman

Sekadar informasi, mobil JDM tidak bisa diimpor secara resmi ke mana pun kecuali menggunakan jalur diler resmi atau importir umum.

Pemahaman penggemar otomotif yang salah kaprah berikutnya adalah menggunakan komponen mobil JDM. Bukan karena menggunakan beberapa suku cadang JDM, suatu mobil bisa disebut sebagai model JDM. Kendaraan itu hanya disebut sebagai bergaya JDM alias JDM look.

Mobil yang menggunakan part buatan tuner Jepang, misalnya HKS, Tanabe, dan Enkei pun tak bisa disebut sebagai JDM meskipun komponennya buatan Jepang. 

Beri Komentar