Sering Dengar Komponen Relay Motor? Ternyata Ini Fungsinya

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 18 Juli 2019 08:12
Sering Dengar Komponen Relay Motor? Ternyata Ini Fungsinya
Komponen ini ada di kelistrikan sepeda motor, lho.

Dream – Ketika mendengar nama relay, hal pertama yang dibayangkan adalah bagian kelistrikan sepeda motor. Komponen yang satu ini sering menjadi perhatian utama saat kamu memodifikasi kelistrikan, mulai dari ganti klakson sampai lampu sein.

Mengutip laman Suzuki, Rabu 17 Juli 2019, secara umum relay bertugas untuk menjaga kestabilan daya listrik yang digunakan oleh komponen kelistrikan.

Saat mengganti klakson atau lampu LED atau HID, kamu wajib memasang relay. Cara kerjanya cukup sederhana.

Komponen itu bertugas untuk memutus dan menghubungkan arus, sama seperti saklar. Bedanya, tugas itu dilakukan dengan sangat cepat dan otomatis.

 Berkenalan dengan Relay Motor, Apa Saja Fungsinya?

1 dari 5 halaman

Dua Komponen Utama Relay

Di relay, ada dua komponen utama yang mendukung kinerjanya, yaitu kumparan dan saklar. Kumparan atau electromagnet bertugas untuk mengetahui kapan saklar diputus atau dihubungkan kembali.

Dalam kelistrikan sepeda motor, biasanya relay yang digunakan merupakan komponen dengan arus kecil. Bentuknya lebih padat dan model bodinya transparan.

Desain seperti ini mempermudah pemasangan dan pengecekan relay.

Memasang komponen ini sebenarnya cukup mudah dan tidak mahal. Komponen ini memang cukup mudah ditemui dan biasa dijual di took elektronik atau bengkel motor.

Pastikan kamu memilih relay berkualitas tinggi. Untuk sepeda motor, ukuran standar relay yang biasa dipasang adalah 12 volt dan 30-40 ampere. Ukuran ini cukup ideal untuk menjaga kinerja komponen tetap maksimal, terutama menjaga aki tidak mudah soak. 

2 dari 5 halaman

Bukan Cuma Karena Aki, Ini Penyebab Electric Starter Tak Berfungsi

Dream – Pernah merasa jengkel karena electric starter motor tidak berfungsi? Kamu yang menggunakan motor skutik pasti semakin kesal starter ini tak berfungsi padahal sedang di tengah kemacetan.

Alhasil kamu harus menepi terlebih dahulu dan mengangkat standar tengah motor untuk menyalakan motor dengan kick starter

Biasanya banyak pemilik sepeda motor akan langsung menduga penyebab strarter electrik tak berfungsi karena masalah di aki.

Nyatanya, ada banyak penyebab starter elektrik menjadi tidak berfungsi. Jadi pastikan dahulu komponen lain telah kamu periksa.

Dikutip dari Suzuki, Kamis 2 Mei 2019, penyebab pertama electric starter tak berfungsi bisa karena adalah masalah dalam switch starter. Komponen ini berfungsi sebagai saklar elektromagnetik untuk memutus dan menyambung arus listrik.

 

 

Ketika electric starter tidak berfungsi, sebaiknya kamu memastikan dulu jika komponen ini benar-benar berfungsi.

Caranya, sambungkan kabel antara switch starter tersebut. Jika terdengar bunyi cekrek-cekrek atau malah malah berfungsi, itu tandanya switch starter sudah rusak atau kotor dan perlu dibersihkan.

Kedua, bendik.

Bagian ini bertujuan untuk memicu aliran listrik dari api yang nantinya diumpankan ke dinamo starter dan mesin pun tidak akan menyala.

Untuk memastikannya, kamu bisa mencoba mendengarkan baik-baik komponen yang satu itu. Kalau switch starter ditekan dan bendik tidka merespons, kamu bisa curiga masalahnya pada bendik.

3 dari 5 halaman

Bisa Jadi Dinamo Starternya Rusak

Ketiga, dinamo starter.

Kerusakan dinamo starter tergolong cukup langkah karena komponen ini tergolong aman. Biasanya, kerusakan dinamo starter disebabkan karena arang kumparannya (brush) terputus atau gosong karena konslet atau sebab lainnya.

Untuk kerusakan dinamo starter bisa dicek dengan cara memperhatikan bendik. Kalau bendik bereaksi ketika switch starter ditekan, patut dicurigai kerusakannya di bagian komponen ini.

Keempat, accu soak.

Kalau seluruh komponen dipastikan dalam kondisi bagus, penyakit terakhir yang mungkin terjadi adalah accu yang rusak. Untuk memastikannya, kamu bisa menggunakan aki yang masih bagus sebagai pemancing.

Kalau bagian ini sudah rusak, solusi yang paling jitu adalah membeli aki baru. Untuk aki basah, kami bisa mengganti cairan aki, lalu menyetrumnya kembali. 

4 dari 5 halaman

Begini Jadinya Jika Motor Tak Pakai Aki, Asli Ribet!

Dream – Bagi beberapa pengendara, keberadaan aki dianggap tak terlalu penting. Alasannya, sistem kelistrikan motor masih bisa tersuplai dari spul selama motor menyala.

Tapi tentu saja tanpa aki, motormu takkan berfungsi sebagaimana mestinya. Banyak fitur tidak akan maksimal ketika motor tanpa aki itu digunakan.

Dikutip dari Wahana Honda, Senin 8 April 2019, ada hal-hal yang harus kamu waspadai ketika motormu tidak menggunakan aki. Pertama, susah menghidupkan mesin. Motor akan lebih mudah dihidupkan ketika menggunakan electric starter. Kalau tak ada aki, fitur ini tidak bisa berfungsi.

 

 

Mau nggak mau kamu harus menggunakan kick starter untuk menyalakan motor. Ini akan menyita waktu apalagi kalau motormu matik. Kamu harus menurunkan standar tengah, baru bisa menggunakan kick starter.

Kedua, listrik motor mati total. Tentunya listrik di motor tidak akan bisa menyala ketika mesin motor mati. Indikator persneling motor tidak akan ketahuan masuk di gigi berapa.

Klakson juga tidak akan bisa dibunyikan ketika mesin mati total. Ketika mesin nyala, klakson hanya bersuara lirih.

5 dari 5 halaman

Lampu Sein Tak Optimal

Ketiga, yang paling membutuhkan tenaga listrik dari motor adalah lampu sein. Keberadaan lampu ini bisa menjadi alat komunikasi di jalan raya. Kalau lampu sein berkedip, arah motormu bisa diketahui oleh kendaraan lain.

Kalau tak ada lampu sein, motormu takkan bisa berkedip. Sebab, lampu terpengaruh RPM motor. Semakin kencang RPM, lampu reting tidak akan berkedip. Tentunya ini bisa menjadi masalah keamanan bagi pengendara di belakangmu. Mereka tidak akan ngeh kalau lampu sein dinyalakan.

Keempat, lampu motor ikut RPM motor. Tanpa aki, lampu motor akan menyala tidak stabil. Kalau putaran roda semakin tinggi, lampu bisa terang sekali. Kalau RPM rendah, bisa-bisa nyala lampunya redup.

Nah, ribet, kan, kalau motor tak dilengkapi aki. Walaupun ukurannya kecil, manfaatnya besar. Jangan diremehkan. Harganya juga tidak terlalu mahal, kan, jika dibandingkan dengan keselamatanmu di jalan.(Sah)

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary