Bersihkan Oli Mesin dengan 50 Filter, Hasilnya Mencengangkan

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 29 Juli 2021 14:47
Bersihkan Oli Mesin dengan 50 Filter, Hasilnya Mencengangkan
Oli mesin bisa sangat kotor setelah menempuh ribuan kilometer berkendara.

Dream – Oli mesin bisa sangat kotor setelah ribuan kilometer berkendara. Ketika mengganti oli, kamu bisa menemukan endapan bahkan serutan logam di dalamnya.

Biasanya kita akan langsung mengarahkan mobil ke bengkel untuk segera mendapat pergantian sekaligus pembersihan. Namun kita akan menguras kantong cukup dalam untuk melakukannya.

Seorang vlogger Rusia menemukan trik untuk membersihkan oil yang kotor dan menghitam menggunakan puluhan filter oli? 

Dikutip dari Jalopnik, Kamis 29 Juli 2021, Vlad dari akun saluran Youtube Garage 54, bereksperimen menyulap oli kotor menjadi kinclong kembali. Kala itu, mobil yang digunakan sebagai “ kelinci percobaan” adalah Toyota. Mobil ini menempuh jarak 6200 mil sejak ganti oli terakhir.

1 dari 2 halaman

Pakai Puluhan Filter Oli

Tim Garage 54 bergantian menjalankan mesin dan mengganti filter oli sampai tumpukannya habis. Harapannya, filter bisa membersihkan oli dan membuatnya seperti baru.

Dimulai dengan mengekstrak sampel oli mobil sebelum dites. Terlihat minyak sangat hitam sampai tidak terlihat.

Vlad dan Tim kemudian mengujinya. Mesin dinyalakan selama lima menit, lalu filter oli diganti dengan yang baru.

Setelah sepuluh filter, Vlad mengambil sampel lain dan membandingkannya dengan yang pertama. Sepuluh filter pertama menghilangkan beberapa endapan yang tebal tapi oli tetap hitam.

2 dari 2 halaman

Hasilnya Bagaimana?

Kalau kamu pernah mengganti filter oli, pasti paham bahwa sebagian oli hilang setiap pergantian filter. Tim bekerja dengan 50 filter sebelum mesin kehabisan oli.

Vlad awalnya ingin melakukan dengan 100 filter, tapi ketika ditengah jalan oli tersebut habis. Tapi, dia bisa melihat perbedaanya. Pada dasarnya tidak berbeda dengan oli asli, hanya saja sedikit lebih ringan.

Ia menyimpulkan filter oli tidak membuat oli lama menjadi baru. Dia masih ingin melihat apakah dapat mengembalikan oli lama, tetapi dia mengatakan jika oli habis langsung ganti saja.


(Laporan: Elyzabeth Yulivia)

Beri Komentar