Biar Legal, Ini Daftar Biaya Urus Ganti Warna Mobil di Kepolisian

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 13 Januari 2021 09:14
Biar Legal, Ini Daftar Biaya Urus Ganti Warna Mobil di Kepolisian
Ganti warna mobil tak hanya selesai pada pengecatan kendaraan.

Dream – Apakah kamu pernah merasa bosan dengan tampilan eksterior mobil? salah satu solusinya adalah mengganti warna cat bodi mobil.

Setelah mengecat mobil, tentu kamu harus melaporkan kepada polisi agar kendaraan tetap legal. Lalu, berapa biaya mengurus ganti warna mobil?

Dikutip dari laman Auto2000, Rabu 13 Januari 2021, jika dibandingkan dengan biaya total pengecatan mobil, biaya ganti warna di kepolisian tidak mahal. Caranya pun tak sulit.

Untuk melakukan penggantian warna mobil secara sah, pada dasarny, kamu akan mendapatkan STNK baru dan BPKB juga tentunya. Untuk biayanya, kita akan mencari tahu di peraturan yang sudah berlaku.

1 dari 2 halaman

Berapa Biayanya?

Mengacu pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang Berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia, penerbitan STNK baru tidak lebih dari Rp200 ribu.

Lantas untuk biaya perpanjangan per 5 tahun, sama dengan biaya penerbitan barunya. Untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih besarannya adalah Rp50 ribu per tahun.

Selain melakukan penerbitan ulang STNK yang sudah tertera warna baru mobil, tentu kamu juga perlu mengubah keterangan warna di BPKB. Biayanya untuk mengurus BPKB ini Rp375 ribu.

Dengan begitu, kamu mengeluarkan uang senilai Rp625 ribu.

2 dari 2 halaman

Wajib, Lho!

Ingat, pelaporan seperti ini wajib dilakukan bagi mobil yang telah memiliki warna baru. Jika tidak, maka siap-siap saja untuk berurusan dengan petugas kepolisian lalulintas.

Aturan mengenai perubahan warna mobil ini tertulis dalam Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, tepatnya Pasal 64. Di beleid tersebut, dijelaskan bahwa setiap kendaraan wajib melakukan registrasi termasuk di dalamnya registrasi perubahan identitias kendaraan bermotor dan pemilik.

Itulah informasi ganti warna mobil. Ingat, jangan gunakan jasa calo di saat melakukan pengurusan perubahan ganti warna mobil kesayangan kamu.

Beri Komentar