Bau Apek Hilang, Begini Caranya Mencuci Sendiri Helm

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 29 Desember 2020 06:12
Bau Apek Hilang, Begini Caranya Mencuci Sendiri Helm
Sudah hemat, helm kamu pun bisa bersih dan wangi kembali.

Dream – Cuaca Indonesia yang terbilang cukup lembap bisa membuat jamur dan bakteri tumbuh dengan subur di dalam helm. Sebagai pengaman kepala yang sering digunakan, helm bisa mengeluarkan bau yang tak sedap jika tidak sering dibersihkan.

Agar bau hilang, terlebih jika pemakainya sering berkeringat, biasanya ada tempat yang menyediakan jasa pencucian helm. Tarif yang dikenakan bervariasi mulai dari Rp20 ribuan dengan hasil helm kamu bisa bersih dan wangi.

Tapi, bagaimana jika helm sudah kadung bau dan kantong sedang tongpes alias tak ada uang sepeser pun?

Tenang, kamu bisa mencuci helm sendiri di rumah. Begini caranya, dikutip dari Federal Oil, Selasa 29 Desember 2020.

 

1 dari 2 halaman

Begini Caranya

Pertama, kamu bisa mencopot semua padding helm, terutama padding utama alias busa bagian atas. Jangan lupa juga untuk mencopot busa di pipi kiri dan kanan.

Jangan sembarangan melepas padding ya. Kamu bisa melepas kancing-kancingnya agar padding helm tidak rusak.

Kedua, siapkan air hangat secukupnya untuk merendam padding. Siapkan ember, sabun atau sampo, serta sikat gigi halus untuk menyikat padding helm yang kotor.

Kini, dalam air hangat yang sudah disediakan di ember, campurkan sampo secukupnya dan aduk rata. Setelah itu, masukkan semua padding ke dalam ember. Tunggu 5-10 menit, supaya kotoran rontok dan kuman mati.

2 dari 2 halaman

Gosok, Rendam, Lalu Jemur

Setelah 10 menit dan air sudah mulai dingin, ambil padding yang ada. Gosok menggunakan sikat gigi bekas. Langkah ini, bertujuan untuk menghilangkan noda atau kotoran. Padding bisa kembali kinclong.

Setelah itu, rendam dengan air dingin menggunakan ember lainnya agar kotoran tidak lagi mengendap di padding.

Berikutnya keluarkanlah, lalu jemur di panas matahari, jangan jemur pas cuaca mendung apalagi hujan ya? Jadi, ketika ingin cuci, lihat-lihat dulu ke langit.

Sebaiknya, padding basah itu jangan langsung diperas. Kalau diperas, busa dalamnya akan rusak dan kempes.

Setelah kering, pasang kembali seperti di tempat semula dan berikan pewangi helm ke busa. Kini, helm pun tak bau apek dan siap digunakan.

Beri Komentar