Biar Enggak Mogok, Begini Cara Bersihkan Karburator Motor

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 19 Juli 2021 08:12
Biar Enggak Mogok, Begini Cara Bersihkan Karburator Motor
Kalau karburator kotor, motor bisa mogok.

Dream – Ada salah satu komponen motor yang penting, yaitu karburator. Komponen ini menyangkut soal proses pembakaran di sepeda motor.

Dikutip dari Federal Oil, Senin 19 Juli 2021, di karburator terjadi proses bertemunya udara dan bahan bakar. Kemudian pertemuan itu diteruskan ke dalam ruang pembakaran.

Karburator juga memiliki gangguan yang kadang dialami seperti terlalu kotor. Jika karburator sudah kotor, motor pun akan mengalami gangguan seperti mesin mogok seperti tersendat-sendat dan motor yang susah dihidupkan.

1 dari 2 halaman

Begini Caranya

Komponen ini pun perlu dibersihkan agar motor tidak mogok lagi. Cara membersihkannya, pertama, adalah lepaskan dulu karburator dari dudukan. Untuk melepaskan ini, kamu harus menyiapkan alat dan kuncinya.

Kedua, buka mangkok karburator, lalu bersihkan. Buka mangkok dengan melepas semua baut pengikat. Di situ, kamu bisa melihat apakah ada endapan atau bagian yang terkontaminsasi. Kalau kotor, bersihkan dengan kuas lembut, lalu bilas dengan bensin agar lebih bersih.

Ketiga, lepas dan bersihkan pilot jet. Kamu harus melepas bagian pilot jet, main jet dan juga needle jet dari karburator motor. Lepaskan dengan hati-hati, lalu segera bersihkan dengan cara meniupnya. Akan lebih mudah jika menggunakan kompresor dibandingkan harus meniup manual.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya Begini

Keempat, bersihkan main jet karburator. Kamu bisa membersihkan bagian ini dengan kompresor. Caranya dengan kuas yang sudah dicelupkan ke bensin, lalu disemprot ke lubang dengan kompresor.

Kelima, membersihkan spuyer karburator. Kamu harus berhati-hati ketika membersihkan spuyer agar tak merubah diameter nya. Jika diameter spuyer berubah, kemungkinan motor akan tidak bisa dinyalakan. Kamu bisa membersihkan spuyer dengan menggunakan amplas halus lalu bersihkan kotoran yang menempel.

Keenam, merakit kembali karburator. Kemudian atur campuran bahan bakar dengan menyetel ketinggian pelampung mesin dengan jangka sorong. Rakit semua komponen, lalu pasang kembali karburator di dudukan semula.

Membersihkan karburator motor ini memerlukan kehati-hatian dan ketelitian yang baik. Kalau misalnya kesulitan membersihkannya, kamu bisa membawanya ke bengkel terdekat.

Beri Komentar