Bintik Hitam di Kaca Mobil, Ternyata Ini Fungsinya

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 11 Maret 2020 08:36
Bintik Hitam di Kaca Mobil, Ternyata Ini Fungsinya
Sayangnya, keberadaannya sering diabaikan.

Dream - Kaca depan mobil menjadi bagian penting. Komponen yang bernama lain windshield berhubungan langsung dengan visibilitas pengemudi saat berkendara. Ada yang menarik dari kaca depan mobil.

Kalau Sahabat Dream memperhatikannya betul-betul, ada pola unik berwarna hitam bintik-bintik dan mengelilingi kaca. Bagian ini berperan penting pada sistem kaca depan modern.

Dikutip dari Nissan Indonesia, Rabu 11 Maret 2020, benda itu adalah frit. Bagian ini bisa dibilang sebagai salah satu komponen yang sering diabaikan dalam sebuah mobil. Padahal, bagian ini merupakan kunci bagaimana menempelkan kaca depan ke bodi.

Kaca merupakan bahan yang sulit untuk ditempelkan dengan material lain. Kaca depan sendiri terbuat dari kaca safety berbahan khusus. Permukaannya tidak akan mudah menempel pada lapisan besi pada frame bodi. Untuk itulah diperlukan adanya frit.

Frit tersebut akan dipanaskan untuk menempelkan kaca depan ke bodi mobil, begitu juga bintik-bintik hitam yang mengelilinginya. Fungsi utama frit adalah untuk memberikan permukaan yang membuat perekat menempel ke kaca.

Ketika akan dipasang kaca depan, frit berperan sebagai titik temu antara kaca dan bingkainya. Permukaan frit mampu membuat perekat menempel dengan efektif sehingga kaca dan frame bisa menyatu.

1 dari 5 halaman

Beragam Fungsi

Fungsi lain dari frit adalah sebagai pelindung radiasi sinar ultraviolet. Bagian luarnya melindungi perekat agar tidak terkena sinar matahari langsung.

Bagian tersebut akan melemah bila secara terus menerus terpapar sinar matahari langsung, yang tentu saja berpotensi membuat kaca depan terlepas dengan sendirinya.

Frit juga secara elegan menyamarkan perekat yang digunakan untuk memasang kaca depan dan memberikan penampilan yang lebih bersih pada bagian tersebut.

Efek bintik-bintik yang mengecil ke arah dalam memberikan kesan transisi yang lebih menarik dari bingkai hitam frit ke kaca depan yang transparan. Bintik-bintik tersebut juga memberikan efek penghalang sinar matahari juga meskipun hanya sedikit.

Beberapa pabrikan mobil bahkan memperluas pola bintik tersebut dari atas ke bawah di antara dua sun visor untuk membuat semacam “ visor ketiga”. Bagian tersebut mampu mengurangi silau akibat sinar matahari yang tidak bisa tertutupi oleh dua visor utama.

Dengan begitu, penglihatan pengemudi dan penumpang tidak akan terhalau. Beberapa pabrikan mobil bahkan memberikan logo perusahaan mereka atau desain unik lainnya untuk menggantikan pola bintik yang membosankan.

2 dari 5 halaman

Tak Disangka, Ini Bagian Mobil Paling Kotor

Dream - Sahabat Dream, mobil pun tak kalah jorok jika dibandingkan dengan rumah. Ada saja bagian-bagian dari kendaraan yang banyak mengandung bakteri, terlebih di ruang interior.

Apakah bagian itu adalah dasbor? Atau malah kursi penumpang? Oh, ternyata tidak di situ.

Dikutip dari Auto Evolution, Rabu 4 Maret 2020, ada bagian terkotor yang menjadi favorit bakteri berkembang biak “ dengan nyaman”.

Bagian yang dimaksud adalah kenop radio. Selain luput dari perhatian, kenop radio sering digunakan dan sulit dibersihkan. Apalagi, kenop radio juga punya lapisan karet untuk anti selip.

 

© Dream


Yang paling kotor kedua selanjutnya adalah sabuk pengaman. Setiap kali berkendara, setidaknya pengemudi menyentuh sabuk sebanyak dua kali.

Kemudian, bagian-bagian yang terkotor selanjutnya adalah jendela, setir, jok, dan pemegang kursi.

Ada yang mengejutkan tentang bagian mobil yang paling bersih. Ternyata yang “ terbersih” ada di bagian dasbor mobil. Meskipun ada bakteri di dasbor, jumlahnya tak sebanyak dari tempat-tempat lainnya.

3 dari 5 halaman

Mobil Van Paling `Kotor`

Dari sekian jenis mobil, ternyata mobil van disebut-sebut paling kotor. Dikatakan bahwa kendaraan ini punya banyak bakteri di dalamnya.

Kemudian, disusul oleh SUV dan mobil biasa.

Mobil yang digunakan wanita lebih kotor daripada punya pria. Kemudian, mobil yang teratur mengantar anak-anak juga mengandung lebih banyak bakteri daripada yang jarang digunakan.

4 dari 5 halaman

Jok Mobil Rusak, Mending Diperbaiki atau Beli Baru?

Dream - Sebagai bagian yang sering digunakan, jok mobil tentu rentan mengalami kerusakan. Penyebabnya bisa karena usia pemakaian atau memang kelalaian dalam penggunaan.

Jok tentu jadi bagian penting dari kendaraan kamu. Pernah membayangkan mengendarai mobil tanpa menggunakan jok? Dijamin kamu takkan pernah menemukan kendaraan seperti itu.

Kenyamanan berkendara tentu akan berkurang jika jok rusak. Bisa karena per yang tak lagi lentur atau banyak bagian yang sobek. Nah jika kondisinya sudah demikian, sebaiknya memperbaiki atau membeli jok mobil baru?

 

© Dream

 

Mengutip laman Hyundai Indonesia, Kamis 27 Februari 2020, keduanya bisa jadi solusi. Jika memang kantong sedang tipis, mereparasi jok mobil rusak tentu jadi pilihan. Saat ini sudah banyak jasa perbaikan yang bisa membuat jok rusak terasa seperti baru. Tentu saja biayanya lebih murah daripada yang baru.

Jika kerusakan terjadi pada bagian kain atau kulit pembungkus, kamu bisa menambal maupun mengganti pelapis jok itu. Kalau sebelumnya memakai bahan kain fabric, bisa sekaligus upgrade menjadi kulit sintetis.

Pada titik ini, pilihan juga beragam. Ada yang hanya dibungkus seperti sarung, dibungkus dan dijahit semi permanen sampai yang permanen dengan mengganti semuanya.

5 dari 5 halaman

Per Rusak Juga Bisa Diperbaiki

Kerusakan lain pada jok yang bisa diperbaiki, bagian per. Biasanya per rusak atau patah. Ini bisa ditangani oleh jasa reparasi jok mobil. Cukup mengganti komponen saja.

Berikutnya, umum dijumpai mengganti atau menambah busa. Tujuannya untuk mengembalikan kondisi jok yang sudah kempis atau rusak. Sehingga kembali nyaman untuk diduduki.

Biaya yang dibutuhkan untuk memperbaiki jok memang beragam. Ini bergantung kepada jenis perbaikan dan seberapa parah kondisi kerusakan. Tapi masih terbilang ekonomis kalau dibandingkan dengan mengganti jok baru secara utuh. Apalagi kalau kerusakan terjadi lebih dari satu jok.

Beri Komentar