Taksi Listrik Pertama di Indonesia, Berapa Tarifnya?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 23 April 2019 14:16
Taksi Listrik Pertama di Indonesia, Berapa Tarifnya?
Apakah lebih mahal daripada taksi konvensional?

Dream – Blue Bird menjadi operator taksi pertama di Indonesia yang menggunakan mobil listrik. Perusahaan transportasi ini menggunakan dua merek mobil untuk armada taksi, yaitu BYD dan Tesla Model X.

Lalu, berapa tarifnya?

Dikutip dari Liputan6.com, Selasa 23 April 2019, Direktur Blue Bird, Adrianto Djokosoetono, mengatakan tarif taksi listrik dan taksi konvensional tak ada bedanya.

" Untuk tarif kami targetkan tetap sama dengan Bluebird lainnya karena saat ini kami belum mendapatkan mobil dengan harga yang bisa membuat (tarif) menjadi lebih murah walaupun charge listriknya lebih murah daripada bensin," kata Adrianto di Jakarta.

Sekadar informasi, tarif untuk e-Taxi BYD (Bluebird) dikenakan Rp4.100 per kilometer (km). Namun, harga tarif taksi Tesla (Silverbird) di antara Rp8 ribu—Rp9 ribu per km.

Adrianto mengatakan spesifikasi kendaraan yang digunakan sebagai e-Taxi sama dengan taksi listrik yang beredar di China dan Inggris. Unit BYD e6 A/T didatangkan langsung dari China, sementara Tesla Model X 75D A/T diimpor dari Inggris.

1 dari 1 halaman

Diminta Aplikasikan Sistem Fast Charging

Di sela peluncuran e-Taxi Bluebird, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan, merekomendasikan agar Bluebird mengaplikasi sistem fast charging.

" Dengan durasi pengisian lebih cepat, cuma 25 menit, tentu akan membantu operasional kendaraan (armada e-Taxi Bluebird) Anda," ujar Jonan.

Jonan juga menyebutkan, pihaknya akan terus memperbanyak Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) untuk mendukung era kendaraan listrik. " Sejauh ini sudah ada 1.600 SPLU. Tahun ini minimal akan menjadi 2.000 unit," ujarnya.

Sumber: Liputan6.com/ Septian Pamungkas

Beri Komentar
ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen