Bodi Mobil Lecet Karena Aksi Demo, Bisa Klaim Asuransi?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 3 Oktober 2019 14:36
Bodi Mobil Lecet Karena Aksi Demo, Bisa Klaim Asuransi?
Mobil sering menjadi `sasaran` amuk massa saat demonstrasi.

Dream – Beberapa hari yang lalu, mahasiswa di berbagai daerah melakukan aksi unjuk rasa. Saat demonstrasi, terjadi gesekan antara mahasiswa dan polisi.

Kondisi lalu lintas jalan protokol di Jakarta mengalami kemacetan yang cukup parah. Kendaraan yang berada di sekitar kawasan demonstrasi ada yang mengalami kerusakan akibat terkena lemparan batu atau benda keras lainnya.

Lalu muncul pertanyaan, dalam situasi seperti ini apakah asuransi menerima klaim kerusakan mobil akibat kerusuhan yang terjadi ?

Dikutip dari keterangan tertulis Auto2000, Kamis 3 Oktober 2019, Aftersales Business Divison Head Auto2000, Ricky Martawijaya, mengatakan penggantian mobil yang menjadi korban dalam aksi demonstrasi bergantung pada klausul yang tertera pada asuransinya.

Jika ada klausul strike, riot, civil commontion, malicious damage, terrorism and sabotage (SRCCMDTS), perbaikan bisa ditanggung.

“ Cek klausul yang tertera dalam asuransi yang diikuti. Kondisi ini kita sebut perluasan jaminan atau klausul risiko tambahan. Kita bisa beli diawal polis asuransi atau ditambahkan setelah polis ini berjalan,” kata Ricky di Jakarta.

1 dari 8 halaman

Kalau Mobil Rusak Karena Aksi Massa, Lakukan Ini!

Ketika mobil rusak akibat aksi massa, kamu harus pastikan bahwa terdapat klausul di atas dalam polis asuransi dan pastikan asuransi Anda merupakan rekanan Auto2000.

Jika kondisi mobil sudah tidak bisa jalan akibat aksi massa, kamu bisa saja meminta bantuan mobil derek dari asuransi untuk membawa mobil tersebut ke bengkel Body & Paint Auto2000 terdekat.

Jika masih bisa jalan, kamu bisa langsung membawanya ke bengkel body and paint Auto2000 terdekat atau bengkel umum Auto2000 yang memiliki layanan Toyota Body Check Advisor (TBCA).

Kamu bisa mendapatkan klaim asuransi jika ada klausul tertentu.© Toyota Auto2000

Sebagai informasi, asuransi yang menjalin kerjasama dengan bengkel resmi Auto2000 sudah banyak. Seperti Asuransi Astra Buana (Toyota Insurance), Asuransi Sinarmas, Asuransi Adira Dinamika, Mandiri AXA General Insurance, Asuransi Reliance, Asuransi Bintang, PT Zurich Insurance Indonesia, MPM Insurance, Asuransi Jasa Indonesia, PT Asuransi SimasNet, Asuransi MSIG Indonesia, Asuransi BCA, Asuransi Bina Dana Arta, PT. Sompo Insurance Indonesia, dan PT. Tugu Pratama Indonesia/PT. Jaya Proteksindo Sakti.

Menurut Ricky, penambahan klausul hanya bisa dilakukan jika kendaraan masih dalam kondisi baik, bukan karena kejadian huru-hara.

2 dari 8 halaman

Kalau Tak Ada Klausul Ini?

Ricky menekankan pemilik kendaraan masih bisa memperbaiki mobil tanpa asuransi di bengkel Auto2000. Perlengkapan perbaikan bodi Auto2000 yang tergolong mutakhir bisa memperbaiki sasis yang cukup riskan untuk diperbaiki karena mempengaruhi struktur kendaraan secara keseluruhan.

Bagi yang ingin mendapatkan layanan perbaikan body secara cepat, Auto2000 memiliki layanan yang disebut Express Body&Paint, pemilik mobil hanya butuh waktu 8 jam untuk menunggu hingga mobil selesai diperbaiki. 

Pegawai Auto2000 memperbaiki mobil di bengkel Auto200. `© Toyota Auto2000

“ Untuk menikmati layanan ini, Service Advisor akan menilai seberapa parah kerusakan yang terjadi dengan maksimal panel mencapai tiga buah. Jika jumlah panel lebih dari tiga dengan kerusakan yang parah, pelanggan akan disarankan mengambil layanan regular body and paint,” kata dia.

3 dari 8 halaman

5 Tips Berkendara Aman dan Nyaman Saat Ada Aksi Demonstrasi

Dream – Aksi demo hari ini, Rabu 2 Oktober 2019, rencananya akan digelar puluhan ribu buruh di Tanah Air. Para buruh yang akan mendatangi gedung DPR, Jakarta itu menuntut agar pemerintah membatalkan rencana kenaikan iuran BPJS Kesehatan.

Seperti aksi-aksi demonstrasi sebelumnya, kemacetan dipastikan terjadi di beberapa titik berkumpulnya massa. Apalagi jika sampai jumlahnya mencapau puluhan ribu orang.

 

© Dream

 

Aparah kepolisian akan menutup akses jalan jika dianggap aksi demonstrasi berbahaya untuk kendaraan yang melintas. Rute alternatif disiapkan untuk mengalihkan para pengendara yang hendak melalui lokasi aksi demo.

Jika aksi demo hari ini akan berakhir dengan kemacetan apa, lantas harus bagaimana jika berkendara saat ada unjuk rasa di jalan?

Berikut ini adalah lima caranya, dikutip dari Auto2000, Rabu 2 Oktober 2019.

4 dari 8 halaman

Jaga Emosi

Tanpa perlu menunggu adanya demo, kamu memang harus tetap menjaga emosi. Tujuannya agar bisa mengemudi dengan tenang dan nyaman. Apalagi, ada unjuk rasa yang membuatmu sebal karena harus terjebak macet.

© MEN

Fokuslah dan waspada pada situasi dan kondisi jalan. Kecuali penting, alihkan perhatianmu dari ponsel yang akan membuat konsentrasimu terpecah.

5 dari 8 halaman

Pantau Update Berita

Sebelum berjalan, sempatkan untuk mengecek perkembangan kondisi jalan melalui situs atau berita online. Bacalah media yang kredibel agar tak salah informasi.

Biasanya akan ada penjelasan tentang lokasi dan jam demo. Usahakan untuk menghindari jalan yang menjadi lokasi demo.

Dalam perjalanan, kamu juga harus tetap memperbarui informasi yang berkembang. Siaran radio dari audio mobil bisa kamu manfaatkan juga.

6 dari 8 halaman

Manfaatkan Peta Digital

Aplikasi peta digital sudah menjadi teman berkendara yang bisa diandalkan. Hasil rekomendasi rute yang ditampilkan cukup akurat dan bisa menuntun kamu melalui jalan yang relatif lebih aman.

Sebelumnya, pelajari dulu rute yang ditawarkan, terutama jika ternyata diarahkan melalu wilayah yang ada aktivitas demo. Lihat juga apakah warna jalannya merah pekat yang berarti macet parah.

© MEN

 

Kamu harus mengantisipasi dengan mencari rute alternatif. Biasanya peta digital akan menyajikan beberapa alternatif rute yang bisa dipilih. Waspada juga dengan aturan ganjil genap jika kamu berkendara di jam berlakunya aturan tersebut.

7 dari 8 halaman

Siapkan Makanan dan Minuman Ringan

Ingat, di jalan tak hanya kamu yang mencari rute alternatif. Pengguna jalan lain pasti berpikiran sama. Alhasil, jalan yang dipilih bisa saja padat dan macet.

Untuk itulah, kamu perlu menyiapkan makanan dan minuman ringan untuk jaga-jaga. Walaupun sepele, biasakan untuk pergi ke toilet sebelum mengemudi. Begitu terjebak macet dan tak bisa ke mana-mana, kamu akan kesulitan sendiri di jalan.

8 dari 8 halaman

Terjebak Macet Demo? Jangan Panik

Karena sesuatu hal, bisa jadi kamu salah memilih rute dan masuk ke wilayah yang ada demo. Atau, jalan yang Anda pilih ternyata dilewati oleh para peserta demo.

Tutup seluruh kaca dan pastikan semua pintu terkunci. Letakkan barang berharga di laci yang tidak terlihat dari luar.

Jangan panik dan kendalikan emosi. Tidak perlu terpancing melakukan aksi balasan bila ada peserta demo yang berusaha melakukan tindakan yang salah.

 

© MEN

Tetap fokus ke jalan dan waspada. Kamu bisa berbagi lokasi ke keluarga atau teman dekat sehingga mereka bisa memantau kondisi dan membantu jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Jangan perlihatkan wajah tegang atau terdistraksi hal lain seperti main ponsel yang membuat kamu lengah dan memancing orang tidak bertanggungjawab untuk melakukan kejahatan.

Beri Komentar