Hati-Hati Semprot Lubang Penampung Oli Pakai Angin Kompresor, Ini Alasannya

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 24 Januari 2020 06:49
Hati-Hati Semprot Lubang Penampung Oli Pakai Angin Kompresor, Ini Alasannya
Biasanya para montir menyemprotkan angin kompresor ke lubang oli.

Dream - Saat mengganti oli sepeda motor, para mekanik sering kali terlihat menyemprotkan angin kompresor ke lubang oli motor. Tujuannya untuk memastikan tak ada lagi cairan pelumas mesin yang tersisa di komponen tersebut.

Teknik menguras oli tersebut memang tak salah. Namun ada satu hal penting yang harus diperhatikan agar tak membuat komponen ini menjadi rusak.

 

 

Dikutip dari Federal Oil, Jumat 24 Januari 2020, menyemprot tangki oli menggunakan angin kompresor memang biasa dilakukan untuk menguras habis sisa pelumas lama. Angin yang berhembus kencang akan membuat oli turun lebih cepat ke lubang pembuangan.

Tapi sebelum melakukan penyemprotan, kamu harus benar-benar memastikan tidak ada kandungan air dalam angin yang ditiupkan kompresor.  Mengingat kondisi alam di Indonesia, sangat mungkin ada kandungan air di tabung kompresor.

Untuk menghindari masalah sepele ini, kamu harus memastikan kompresor yang dipakai dilengkapi filter agar tabung penampungan tidak terkontaminasi air.

Perlu diingat komponen penampung oli mesin tidak boleh tercampur dengan air. Beberapa tetes air yang masuk akan mempengaruhi kinerja mesin tersebut. Dalam jangka panjang, komponen metal di dalam mesin akan mengalami korosi.

 

1 dari 6 halaman

Benarkah Faktor Warna Bisa Pengaruhi Harga Jual Motor Bekas?

Dream - Dalam dunia otomotif kamu pasti pernah mendengar harga jual mobil juga dipengaruhi oleh warnanya. Salah satu yang kita ketahui adalah mobil berwarna putih putih cenderung lebih mahal dibandingkan silver atau hitam.

Faktor warna mobil ini membuat pabrikan otomotif menghadirkan beragam warna untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Namun apakah faktor warna juga turut mempengaruhi harga jual sepeda motor bekas?

Mengutip laman Liputan6.com, Rabu 22 Januari 2020, pemilik showroom motor bekas, Rudy Motor, mengatakan harga jual motor bekas tak dipengaruhi oleh warna, seperti halnya mobil.

 

© Dream

 

Walaupun ada beberapa konsumen yang memilih warna saat membeli, harga yang ditawarkan tak jauh berbeda.

“ Beda sama mobil, ya, kalau sepeda motor tidak berlaku warna khusus, apalagi motor bekas karena memang unit yang ada ada di kami, itu yang dijual. Nggak ada stok banyak sehingga bisa memilih warna,” kata Rudy.

Bagi penjual sepeda motor bekas, faktor kondisi mesin dan body merupakan hal utama dalam menentukan harga kendaraan bekas.

" Yang pasti kalau motor bekas yang harus dipastikan kondisi mesin. Untuk warna tidak banyak memberikan pengaruh, kecuali memang dia edisi khusus," kata dia.

2 dari 6 halaman

Warna Doff jadi Pilihan

Pendapat senada diungkapkan pemilik Tapas Motor, Rio yang mengatakan warna tak begitu berpengaruh terhadap pembelian motor.

Meskipun demikian, dia mengaku ada beberapa model motor yang memiliki warna favorit, seperti hitam dan merah doff.

" Untuk model tertentu seperti Nmax dan Vario 150 lebih banyak yang doff. Kalau harga enggak berpengaruh kecuali memang beda tipe. Kalau tipe sama enggak ada (perbedaan harga)," kata dia

(Sumber: Liputan6.com/Dian Tami Kosasih)

3 dari 6 halaman

Cara Mengatasi As Roda Belakang Motor Matic yang Macet

Dream - Tak seperti motor bebek, proses membua roda belakang sepeda motor matic memang butuh perjuangan. Tak hanya sulit, ada kalanya roda tersebut sangat sulit dicopot.

Salah satu pemicu sulitnya membuka roda belakang motor matic adalah bagian motor yang tak pernah dicek khususnya di bagian pertemuan tromol dan as roda belakang.

Dikutip dari Federal Oil, Selasa 22 Januari 2020, cara pertama untuk mengatasi roda belakang yang sulit dibuka ini adalah dibantu dengan treker. Supaya prosesnya tidak terlalu berat, terlebih dahulu berikan cairan penghancur karat.

 

© Dream

 

Siapkan martil plastik agar karat yang menumpuk hancur. Karat yang terdapat di bagian alur tromol sangat rentan berkarat karena sering terkena panas dan hujan.

Ketiga, kaitkan tiga kaki treker ke lingkar luar tromol. Sementara besi poros tengah berulir diarahkan ke as roda.

4 dari 6 halaman

Putar Poros Tengah

Kemudian, putar besi poros tengah berulir menggunakan kunci 15 mm. Lakukan perlahan sehingga tromol bergeser dan ulangi hingga teromol terpisah.

Langkah terakhir yang mesti dilakukan adalah membersihkan as roda. Tentu biar nantinya tidak susah lagi dibongkar. Misalnya, hilangkan sisa karat yang nyempil di gir as roda pakai sikat kawat.

Sebelum roda dipasang kembali, jangan lupa juga bersihkan bekas sikatan kawat besi pakai kain lap. Barulah kemudian dioles gemuk.

5 dari 6 halaman

Dua Perawatan Sepeda Motor yang Wajib Dilakukan Selama Musim Hujan

Dream - Meski kadang membuat malas, perawatan sepeda motor di musim hujan tetap harus dilakukan intensif. Bahkan perhatiannya harus diberikan lebih besar karena motor akan lebih sering terkena air daripada biasanya.

Dikutip dari Wahana Honda, Senin 20 Januari 2020, tak hanya air hujan, cipratan air juga mengandung bahan kimia dan kotoran. Cipratan ini biasanya masuk ke bagian bawah kendaraan dan bisa mempengaruhi kondisi mesin. Untuk itu, perawatan motor pada musim hujan perlu dilakukan.

Perawatan pertama sepeda motor yang harus dilakukan saat musim hujan adalah menjaganya dari karat. Bahan bodi dan mesin motor yang material utamanya dari besi tentu akan berkarat jika terus menerus terkena air. 

 

© Dream

 

Untuk menjaga motor bebas dari karat adalah selalu membersihkannya setelah terkena air hujan. Sebisa mungkin jangan biarkan air hujan terus menempel di bagian motor. Kamu hanya cukup mengelap bagian yang terkena air hujan.

Selain body, bagian yang paling mudah berkarat adalah rantai motor. Air hujan akan melarutkan pelumas yang ada pada rantai. Dalam jangka waktu yang terus menerus, pelumas akan habis, rantai pun akan kering berkarat yang pada akhirnya membuat rantai bisa putus.

6 dari 6 halaman

Masalah Kelistrikan

Kedua, masalah kelistrikan. Air hujan juga bisa berdampak pada masalah kelistrikan pada motor. Air yang menggenang atau mengenai komponen aki, bisa memicu adanya konsleting.  Pastikan bagian aki selalu selalu kering. Lap atau semprot dengan kompresor angin untuk pembersihannya.

Selain aki, komponen yang rawan mengalami kebocoran karena air hujan adalah bagian busi. Tidak hanya sebagai penutup atau pelindung busi, tutup busi berfungsi menyambungkan kabel dari koil ke busi. Selain itu, tutup busi memiliki fungsi penting untuk meminimalisir kebocoran arus listrik antara sambungan bagian-bagian busi.

Jika penutup busi rusak karena terpapar air hujan terus menerus, bagian dalam busi akan mudah kemasukan air. Jika sudah demikian, arus listrik di busi akan mengalami korsleting. Mogok pun tidak bisa dihindari.

Lalu bagaimana bisa mencegahnya? Kamu bisa menghindari jalanan yang tergenang air. Jangan nekat memaksakan jalan yang tertutup genangan air.

Beri Komentar