Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Bukan Hanya Hiasan, Ini Fungsi Spoiler Helm

Bukan Hanya Hiasan, Ini Fungsi Spoiler Helm Sahabat Dream, Kalau Kamu Perhatikan, Ada, Lho, Helm Yang Punya Spoiler. (Foto: Shutterstock)

Dream – Setiap bagian dari helm memiliki fungsi yang penting. Salah satunya adalah spoiler helm.

Dikutip dari Suzuki, Senin 17 Mei 2021, helm yang digunakan untuk balapan dan juga pengendara motor harian sangat berbeda. Jika dilihat dari ukurannya, helm pembalap tampak lebih besar dan berat. Kenyataannya tidaklah terlalu berat.

Helm akan semakin ringan lagi jika terdapat tambahan spoiler helm di bagian belakangnya. Saat melaju dengan kendaraan roda dua ini, kepala dan leher akan cepat lelah. Terlebih, jika kamu harus mengendarai motor selama beberapa jam.

Nah rasa lelah di kepala ini bisa dikurangi dengan menggunakan jenis helm yang memiliki tambahan spoiler. Spoiler merupakan sebuah tambahan pada helm berupa perangkat yang ditempelkan berbentuk kecil seperti sayap.

Apa Fungsinya?

Spoiler memiliki fungsi untuk meningkatkan aerodinamika ketika kamu melaju dengan sepeda motor di kecepatan tinggi.

Tambahan spoiler ini akan membuat gaya angkat lebih kecil dan berkurangnya turbulensi di belakang. Otomatis beban yang harus ditopang oleh leher berkurang dan helm jadi lebih nyaman untuk digunakan.

Kamu bisa membandingkan dengan mencobanya langsung. Cobalah untuk menggunakan helm tanpa spoiler and melaju kencang dengan motor. Saat kecepatan 250 km/ jam, helm akan terasa lebih berat karena adanya tekanan kuat dari arah depan.

Hal ini tentu sangat mengganggu saat berkendara karena tekanan angin membuat beban helm semakin berat. Berbeda jika kamu menggunakan tambahan spoiler helm. Walaupun berada di kecepatan 250 km/jam, helm tidak akan bergerak atau terasa berat.

Jadi fungsi dari spoiler pada helm ini tidak bisa dianggap remeh. Sebagian besar pembalap biasanya menggunakan jenis helm yang sudah memiliki spoiler dari pabrikan walaupun sebenarnya juga ada jenis helm yang memiliki spoiler bongkar pasang.

Bagaimana Cara Kerja Spoiler Helm?

Alasan apa yang membuat helm jadi lebih ringan dengan adanya tambahan spoiler? Hal ini bisa dilihat dari cara kerjanya. Spoiler tidak akan terasa bekerja jika kamu hanya berkendara di bawah kecepatan 250 km per jam.

Karena pada kecepatan tersebut, tekanan angin yang sangat kencang terasa sehingga membuat beban pada helm berkurang. Dengan adanya spoiler ini, aliran udara yang melewati bagian depan dan atas helm akan dipecah.

Aliran udara yang pecah akan dialirkan melalui spoiler sehingga tekanan udara pun berkurang. Dilihat dari cara kerjanya, bagian yang berbentuk kecil ini ternyata memiliki peranan yang sangat besar.

Bagi kamu yang terbiasa melaju dengan sepeda motor di kecepatan, helm wajib dilengkapi dengan spoiler. Jadi ada fungsi tersendiri yang membuat benda ini penting untuk digunakan pada hem. (mut)

Bau Apek Hilang, Begini Caranya Mencuci Sendiri Helm

Dream – Cuaca Indonesia yang terbilang cukup lembap bisa membuat jamur dan bakteri tumbuh dengan subur di dalam helm. Sebagai pengaman kepala yang sering digunakan, helm bisa mengeluarkan bau yang tak sedap jika tidak sering dibersihkan.

Agar bau hilang, terlebih jika pemakainya sering berkeringat, biasanya ada tempat yang menyediakan jasa pencucian helm. Tarif yang dikenakan bervariasi mulai dari Rp20 ribuan dengan hasil helm kamu bisa bersih dan wangi.

Dengan `Barang Cewek` Ini, Kamu Bisa Buat Helm Kinclong

Tapi, bagaimana jika helm sudah kadung bau dan kantong sedang tongpes alias tak ada uang sepeser pun?

Tenang, kamu bisa mencuci helm sendiri di rumah. Begini caranya, dikutip dari Federal Oil, Selasa 29 Desember 2020.

 

Begini Caranya

Pertama, kamu bisa mencopot semua padding helm, terutama padding utama alias busa bagian atas. Jangan lupa juga untuk mencopot busa di pipi kiri dan kanan.

Jangan sembarangan melepas padding ya. Kamu bisa melepas kancing-kancingnya agar padding helm tidak rusak.

Kedua, siapkan air hangat secukupnya untuk merendam padding. Siapkan ember, sabun atau sampo, serta sikat gigi halus untuk menyikat padding helm yang kotor.

Kini, dalam air hangat yang sudah disediakan di ember, campurkan sampo secukupnya dan aduk rata. Setelah itu, masukkan semua padding ke dalam ember. Tunggu 5-10 menit, supaya kotoran rontok dan kuman mati.

Gosok, Rendam, Lalu Jemur

Setelah 10 menit dan air sudah mulai dingin, ambil padding yang ada. Gosok menggunakan sikat gigi bekas. Langkah ini, bertujuan untuk menghilangkan noda atau kotoran. Padding bisa kembali kinclong.

Setelah itu, rendam dengan air dingin menggunakan ember lainnya agar kotoran tidak lagi mengendap di padding.

Berikutnya keluarkanlah, lalu jemur di panas matahari, jangan jemur pas cuaca mendung apalagi hujan ya? Jadi, ketika ingin cuci, lihat-lihat dulu ke langit.

Sebaiknya, padding basah itu jangan langsung diperas. Kalau diperas, busa dalamnya akan rusak dan kempes.

Setelah kering, pasang kembali seperti di tempat semula dan berikan pewangi helm ke busa. Kini, helm pun tak bau apek dan siap digunakan.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
7 Warna Petir dari Paling Umum Sampai Langka, Punya Makna Masing-masing

7 Warna Petir dari Paling Umum Sampai Langka, Punya Makna Masing-masing

Banyak yang tak sadar bahwa petir sebenarnya muncul dalam berbagai macam warna. Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Baca Selengkapnya
Cara Unik Petugas Tegur Pengendara Tak Pakai Helm Lewat CCTV, Malah Bikin Salah Tingkah!

Cara Unik Petugas Tegur Pengendara Tak Pakai Helm Lewat CCTV, Malah Bikin Salah Tingkah!

Cara Unik Petugas Tegur Pengendara Tak Pakai Helm Lewat CCTV, Malah Bikin Salah Tingkah!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Kata-Kata Manis Bos

NOTED KAK! Kata-Kata Manis Bos

Sahabat Dream bercanda lagi soal kantor yuk. Kali ini ada gak bos kamu yang seperti `PHP` dengan kata-kata manisnya? Cuma bercyanda ya....

Baca Selengkapnya