Bukan Main, Speedboat Ferrari Dijual Rp176 Miliar

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 13 Oktober 2020 12:45
Bukan Main, Speedboat Ferrari Dijual Rp176 Miliar
Bukan speedboat biasa.

Dream – Ferrari memang merupakan salah satu produsen supercar. Tapi siapa sangka, perusahaan otomotif berlambang kuda jingkrak ini juga memproduksi kapal yang bisa ngebut di air. Harganya pun fantastis, bisa mencapai ratusan miliar rupiah.

Dikutip dari Carscoops, Selasa 13 Oktober 2020, “ kapal petir” ini bernama Ferrari Arno XI 1952. Kapal ini diciptakan untuk mengejar rekor kecepatan dunia di kelas 800 kg. Ferrari membuat kapal ini bersama dengan pembalap speedboat Achille Castodi. Castodi diketahui mengajukan proyek itu kepada Enzo Ferrari.

Castoldi awalnya membeli mesin V12 4,5 liter untuk proyek itu dari Ferrari 375. Kemudian, Enzo memutuskan mesin yang lebih banyak tenaga untuk mencetak rekor baru. Karena inilah, mesin dimodifikasi dengan rasio kompresi baru, busi ganda untuk setiap silinder, dan dua supercharger yang besar.

Secara keseluruhan, mesin ini menghasilkan 550-600 hp sesuai untuk kebutuhan balapan. Mesin V12 itu bukanlah satu-satunya yang unik bagi Ferrari Arno XI.

1 dari 2 halaman

Desain Aerodinamis

Speedboat ini berdesain aerodinamis dan didominasi oleh hardwood dan dilapisi dengan mahogany veneer. Bagian bodi dicat dengan warna merah khas Ferrari dan ada jok kulit berwarna merah.

Kapal ini juga punya sirip hiu yang besar dan membentang dari kepala kapal hingga ujung belakang. Desain ini membantunya untuk mencetak rekor kecepatan 242 km per jam.

Produk otomotif ini dipugar dan telah disertifikasi di Ferrari Classiche.

2 dari 2 halaman

Dijual Rp176 Miliar

Kapal ini terakhir kali diperdagangkan di Rumah Lelang Sotheby pada 2012. Kala itu, Ferrari Arno XI dijual seharga US$1,01 juta (Rp14,88 miliar).

Kini, speedboat ini dijual di doPont Registry. Sang penjual member tahu Business Insider dengan harga US$12 juta (Rp176,48 miliar).

Beri Komentar