Santer Meluncur Bulan Depan, Yuk Intip Spesifikasi MPV Suzuki XL7

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 16 Januari 2020 06:24
Santer Meluncur Bulan Depan, Yuk Intip Spesifikasi MPV Suzuki XL7
Mobil ini nantinya jadi pesaing Xpander Crossover dan Honda BR-V.

Dream - Suzuki tak mau tinggal diam melihat pertarungan pasar low MPV yang semakin ketat. Terlebih beberapa pesaingnya telah merilis MPV crossover seperti Mitsubishi Xpander Cross dan Honda BR-V.

Dikabarkan Suzuki juga akan merilis crossover MPV anyar ke Indonesia. Pabrikan asal Jepang ini juga itu menyematkan nama XL7.

Dikutip dari OTO.com, Rabu 15 Januari 2020, kabar yang berembus kencang menyebutkan mobil ini akan menyapa Indonesia pada Februari 2020. Mobil yang berbasis Ertiga ini dijual di India dengan nama XL6, sesuai dengan konfigurasi bangku. Spesifikasi diprediksi takkan berbeda jauh.

XL7 tetap mengandalkan mekanikal pacu Ertiga. Menggendong mesin bensin K15B 1,5 liter empat silinder. Di Negeri Hindustan, bagian mesin mendapat sistem hybrid ringan dan sesuai aturan emisi gas buang BSVI. Namanya Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Sistem memadukan Integrated Starter Generator (ISG) dengan baterai lithium.

Lantas bagaimana untuk Indonesia? Mobil ini diperkirakan tetap memakai mesin konvensional (1.462 cc) EURO 4. Mesin ini bisa mengeluarkan kekuatan 105 PS serta torsi 138 Nm. Transmisi yang digunakan adalah manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan.

Sistem kopling mengandalkan hydraulic single plate clutch, yang dinilai lebih cocok bagi lanskap Indonesia.

Mobil ini diperkirakan akan memakai pelek dual tone ring 16 inci dan ban 60/195. Bodi ini itu ditunjang suspensi depan MacPherson Strut, coil spring dan double telescopic. Sedangkan di roda belakang mengandalkan torsion beam plus coil spring. Persis milik Ertiga. Sehingga jarak pijak tanah (ground clearance) disinyalir 200 mm. Seyogianya Suzuki bisa meracik ulang lebih baik.

Apakah interior lebih lapang dari Ertiga? Rasanya tak berbeda jauh bila melihat kembaran di India. Tengok saja dimensi mobil. Ia punya panjang 4.450 mm, lebar 1.775 mm, tinggi 1.710 mm dan jarak sumbu roda 2.740 mm.

Barang anyar dari pabrikan berlogo huruf 'S' ini diprediksi dijual sekitar Rp260 juta-Rp270 jutaan, mengacu Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) di instasi pemerintah.

1 dari 5 halaman

48% Pengguna Suzuki New Baleno Adalah Perempuan

Dream - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) baru saja meluncurkan New Baleno Complete Hatchback generasi ke-6. Berdasarkan data yang ada, New Baleno ternyata paling banyak diminati kalangan wanita Indonesia.

" Pengguna hatchback adalah paling banyak perempuan," ujar Marketing Director PT SIS, Donny Saputra di Jakarta, Jumat 20 Desember 2019.

Donny menjelaskan  perempuan Indonesia yang menggunakan mobil New Baleno untuk keperluan pribadi mencapai 48 persen. Hal itu menunjukkan kalau mobil tersebut ramah bagi kaum Hawa.

 

© Dream

 

Selain itu, Donny juga berharap pengguna yang hobi menggunakan city car dapat beralih ke New Baleno hatchback.

" Jadi harga city car yang ada di Indonesia dengan New Baleno ini kan cukup dekat," kata dia.

Lebih lanjut, Donny menjelaskan, New Baleno juga saat ini menjadi produk yang berpengaruh bagi penjualan SIS.

" Kontribusi bagi Suzuki secara kontribusi market share Baleno itu 20 persen," kata dia.

2 dari 5 halaman

New Suzuki Baleno Meluncur, Berapa Harganya?

Dream - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan New Baleno Complete Hatchback generasi keenam. Presiden Director PT SIS, Seiji Itayama mengatakan, New Baleno ini hadir dengan berbagai keunggulan dan lebih mengutamakan desain modern.

" Suzuki selalui menghadirkan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat," ujar Seiji di Jakarta, Jumat 20 Desember 2019.

New Suzuki Baleno (1)© Dream.co.id/Muhammad Ilman Nafian



New Baleno Complete Hatchback ini dilengkapi dengan mesin K14B berkapasitas 1.373 cc dengan tenaga 94,2 PA pada 6.000 rpm.

New Suzuki Baleno (2)© Dream.co.id/Muhammad Ilman Nafian



Mobil empat penumpang ini memiliki dua tipe yakni transmisi manual dan otomatis. Untuk harga, New Baleno transmisi manual dibanderol senilai Rp221 juta, sedangkan yang otomatis dijual seharga Rp233,5 juta.



3 dari 5 halaman

Fitur-fitur `Kekinian`

Di lokasi yang sama, Marketing Director PT SIS, Donny Saputra mengatakan, beberapa perbedaan hadir pada New Baleno Complete Hatchback ini seperti, menggunakan LED peoject headlamp, desain bumper juga dibuat berbeda dengan edisi Baleno sebelumnya.

" Untuk AC, ini menggunakan auto climate with heater, sehingga pengguna bisa mengatur suhu sesuai kebutuhan," kata Donny.

 

New Suzuki Baleno (3)© Dream.co.id/Muhammad Ilman Nafian



Donny berujar, New Baleno Complete Hatchback ini dilengkapi dengan smart key, sehingga mobil tidak bisa dinyalakan tanpa kunci asli bawaan pabrik.

Pada bagian pengereman, New Baleno Complete Hatchback ini dibekali anti-lock bracking system (ABS), electronic brake-force distribution (EBD) serta dual air bag untuk memberikan keamanan bagi pengendara.

4 dari 5 halaman

Penjualan Suzuki Meningkat 16 Persen, Baleno Lagi Naik Daun

Dream - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) membukukan penjualan sebanyak 10.077 unit pada November 2019. Angka tersebut naik 16 persen dibandingkan Oktober 2019, dengan penopang terbanyak dari lini mobil niaga dan penumpang. 

4W Sales Director SIS, Makmur, mengatakan penjualan New Carry naik 4 persen menjadi 5.483 unit pada November 2019. Pikap ini menjadi penggerak terbesar penjualan Suzuki, mencapai 57,98 persen. 

Di segmen kendaraan penumpang, All New Ertiga berkontribusi 25 persen terhadap wholesales Suzuki. Penjualan All New Ertiga naik 62 persen menjadi 2.568 unit pada November 2019.

 

© Dream



Penjualan hatchback Suzuki, Baleno, juga mengalami peningkatan sebanyak 9 persen. Mobil ini mengusung desain yang elegan dan modern.

“ Selain itu, program penjualan yang menguntungkan pelanggan juga mendorong peningkatan penjualan Baleno pada bulan November,” kata Makmur, melalui keterangan tertulis diterima Dream, Rabu 18 Desember 2019.

Menurut Makmur, selama Januari-November 2019 produk lokal Suzuki memberikan kontribusi sebesar 87,9 persen terhadap penjualan nasional brand mobil ini.

5 dari 5 halaman

Pikap Carry Masih Jadi Mesin Uang Suzuki

Dream - Penjualan mobil PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada Oktober 2019 naik di tengah industri otomotif yang lesu. Penjualannya di segmen wholesales meningkat hingga 7,4 persen jika dibandingkan pada September 2019.

Pada penjualan ini, Carry menjadi andalan Suzuki. Lantas di mana Ertiga?

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Senin 18 November 2019, penjualan Suzuki meningkat karena kontribusi Carry, All New Ertiga, APV, dan Suzuki Wagon R. Carry menduduki peringkat puncak penjualan Suzuki.

 

© Dream



Penjualan pikap ini naik 11,2 persen menjadi 5.630 unit pada Oktober 2019. Mobil pikap ini memegang share 60,2 persen pangsa pasar mobil niaga di Indonesia dan 64,4 persen terhadap penjualan perusahaan.

All New Ertiga menduduki peringkat kedua penjualan Suzuki. Mobil kelas MPV ini laku 1.588 unit unit. Penjualan mobil ini memberikan kontribusi 18,2 persen terhadap penjualan wholesales perusahaan.

“ Dengan hasil penjualan yang positif pada Oktober 2019, sepanjang semester kedua 2019, penjualan Suzuki terus menunjukkan tren positif,” kata 4W Sales Director SIS, Makmur, di Jakarta.

Beri Komentar