Pandeglang Baru Disapu Tsunami, Bupati Minta Mobil Dinas Rp1,9 M

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 13 Maret 2019 13:44
Pandeglang Baru Disapu Tsunami, Bupati Minta Mobil Dinas Rp1,9 M
Mobilnya Land Cruiser Prado, padahal daerahnya tertinggal.

Dream – Dibandignkan tujuh wilayah lain di Banten, Kabupaten Pandeglang memang masih menyandang status daerah tertinggal dan miskin. Meski demikian, Bupati Pandeglang, Irna Narulita, justru membeli mobil dinas Land Cruiser Prado seharga Rp1,9 miliar.

Dikutip dari Merdeka.com, Rabu 13 Maret 2019, Sekretaris Daerah (Sekda) Pandeglang, Fery Hasanudin, mengatakan, pembelian mobil dinas baru tersebut merupakan permintaan bupati dan atas pertimbangan bersama.

Dia menilai, permintaan itu wajar karena mobil dinas lama, Velfire, dianggap tak mumpuni untuk operasional.

" Yang namanya bupati, kan, kepentingan protokoler. Latar belakangnya, kan, bupati punya mobil yang pendek dan wajar untuk kepentingan operasional juga," kata Fery saat dikonfirmasi.

" Kalau kunjungan ke daerah selatan kan pakai mobil itu (mobil dinas baru) kalau dulu pakai punya Kominfo, Kijang, itu ibu juga gimana, ya, selama itu bisa difasilitasi," kata dia.

Sekadar informasi, pendapatan asli daerah (PAD) Pandeglang pada 2018 hanya Rp250 miliar. Terlebih kabupaten ini masih dalam pemulihan pasca diterjang tsunami.

1 dari 2 halaman

Tak Masuk Akal

Mobil dinas mewah ini juga menjadi kontroversi. Pegiat anti korupsi menyebut pembelian mobil ini tidak masuk akal.

Apalagi saat ini, Pandeglang masih berduka cita setelah diterjang gelombang tsunami.

Hal ini disampaikan oleh pegiat antikorupsi dari Nalar Pandeglang, Aa Saefullah.

" Seharusnya bupati melihat asas kepatutan ketika situasi dalam keadaan bencana. Kita sesalkan pengadaan itu pas Pandeglang setelah mengalami bencana tsunami," kata Aa.

 

2 dari 2 halaman

Fitur Land Cruiser Prado

Dihimpun dari beragam sumber, mobil ini menggendong mesin diesel 1GD-FTV berkapasitas 2,8 liter yang berkekuatan 177 PS dan torsi 450 Nm dan mesin bensin 2TR-FE 2,7 liter berkekuatan 163 Ps dengan torsi 246 Nm.

Mobil ini memiliki transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 6 percepatan. Mobil seberat 3 ton itu punya tangki berkapasitas 87 liter.

Mobil buatan Toyota ini merupakan sport utility vehichle (SUV) yang memiliki setir kemudi dari kayu, jok kulit, dan pintu yang menyala otomatis ketika ada penumpang masuk.

Menariknya, mobil ini memiliki fitur pemanas di bagian samping dan kabin.

Fitur lain mobil ini adalah power steering dengan pengaturan kecepatan, downhill and hill start assists, kontrol stabilitas, brake assist, dan tujuh kantong udara (airbag).

Di bagian eksterior, mobil ini dilengkapi dengan grill yang melebar, lampu depan tipe proyektor LED, lampu kabut di bagian belakang dan depan mobil, sirip, serta spoiler dan roof rails

Beri Komentar
Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri