Cara Membedakan Cairan Rem DOT3 dan DOT4

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 12 Juli 2019 16:24
Cara Membedakan Cairan Rem DOT3 dan DOT4
Ada banyak jenis cairan rem di pasar, misalnya DOT3 dan DOT4.

Dream – Banyak orang salah kaprah tentang cairan rem. Mereka sering menyebut cairan rem sebagai minyak. Padahal, cairan yang dimaksud ini bisa menyatu dengan air biasa, bukan minyak.

Selama ini pemilik kendaraan mengenal cairan di pasar berstandar DOT3 dan DOT4. Namun tahukah kamu apa perbedaan kedua jenis cairan REM ini?

Dikutip dari OTO.com, Jumat 12 Juli 2019, pada dasarnya, standar DOT3, DOT4 dan seterusnya, terbuat dari bahan yang dapat menyerap air dan uap air (kelembaban) atau juga bersifat higroskopis.

Yang membedakannya adalah bahan kimia yang dikandung dan titik didihnya.

Tidak selamanya DOT 4 bekerja maksimal jika dipakai pada rem yang merekomendasikan DOT 3. Jika kamu sengaja memasukkan cairan yang bukan standarnya, komponen rem bisa rusak.

Quality Control and Research&Development Manager Autochem Industry, Inge Harsono, menjelaskan spesifikasi dua cairan ini berbeda dan penggunaannya tak boleh sembarangan.

Untuk cairan rem DOT4 titik didih tertinggi mencapai 255 dereajat Celsius, sementara DOT3 245 derajat Celsius. DOT4 sedikit lebih baik.

Misal selama pemakaian cairan DOT3, bisa tercampur air sebanyak 3 persen yang terjadi dalam tempo 1 tahun saja. Ini dapat menyebabkan titik didih turun dari 255 derajat Celcius menjadi hanya 145derajat Celcius. Artinya, cairan rem lebih mudah mendidih. Kita tahu air memiliki titik didih 100 derajat Celcius.

“ Ini berarti kandungan air dalam cairan rem mendidih lebih dahulu dan berubah menjadi uap air yang membentuk gelembung udara,” kata dia.

2 dari 6 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Smartfren Presents Milenial Males Jadi Miliuner Series Eps 1 - Sarjana Ekonomi