Cara Merawat Pintu Geser Elektrik Mobil

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 29 November 2018 13:45
Cara Merawat Pintu Geser Elektrik Mobil
Mobil ini disukai karena kepraktisan dalam membuka pintu.

Dream - Keberadaan mobil electric sliding door atau pintu geser elektrik cukup diminati di Indonesia. Hanya dengan menekan tombol, pintu akan terbuka secara otomatis.

Tetapi, memiliki mobil jenis ini menuntut perawatan lebih. Pemilik harus pintar melakukan perawatan agar fungsi pintu tidak cepat rusak.

Dikutip dari Hyundai Mobil, cara kerja pintu geser elektrik ini tak sesederhana pintu dengan engsel. Ada banyak komponen tambahan mulai dari roller sampai motor penggerak.

Sebenarnya, merawat pintu mobil jenis ini cukup mudah. Kamu harus membersihkan rel pintu dari kotoran dengan kuas halus atau kompresor angin.

Kemudian, gunakanlah cairan penetran untuk membersihkan roller. Kamu harus menggunakannya secara hati-hati dan memperhatikan komposisinya karena penetran mengandung bahan kimia keras.

Agar hemat aki dan menjaga pintu geser berfungsi baik, sebaiknya jangan sering membuka dan menutup pintu ketika mesin mobil mati. Juga jangan mempercepat gerak pintu dengan mendorong atau menariknya.

1 dari 1 halaman

Jangan Semprot Rel dan Perhatikan Roller

Ketika mencuci mobil, usahakan tidak menyemprotkan air ke rel pintu. Air yang tidak dikeringkan dapat menimbulkan korosi.

Terakhir, perhatikan roller pada pintu. Di dalam roda, ada bearing.

Ketika pintu bergeser dan terdengar bunyi bearing yang kasar, segera periksakan ke bengkel resmi. Selain itu, gunakan juga pelumas agar kondisinya tetap berfungsi dengan baik.

Beri Komentar