Cara Praktis Bersihkan Grille Mobil Biar Makin Kinclong

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 3 Februari 2020 09:15
Cara Praktis Bersihkan Grille Mobil Biar Makin Kinclong
Bagian ini tak boleh kotor, lho.

Dream - Salah satu bagian mobil yang pertama kali terlihat orang lain saat melintas di jalan adalah grille. Sebagai pusat perhatian, beberapa pabrikan mobil sengaja memasang logo kendaraan di bagian ini.

Tentu ada rasa bangga saat orang lain melihat dengan takjub bagian grille kendaraan kamu. Apalagi saat wajah kendaraan kamu sedang cantik-cantiknya. 

Sayangnya banyak pemilik kendaraan atau jasa layanan cuci mobil lupa membersihkan atau mempercantik bagian tersebut. Ada saja yang terlewat karena mereka mengerjakan secara cepat.

 

Selan faktor estetika, mengutip laman Wuling Indonesia, Senin 3 Februari 2020, beberapa negara di dunia menjadikan bagian depan ini sebagai pelindung dari serangga. Bahkan, ada aksesoris khusus untuk melindungi bagian depan mobil, baik dari bumper depan, grille depan, sampai lampu.

Grille menjadi salah satu bagian yang krusial karena merupakan pintu masuk angin ke radiator yang berguna untuk mendinginkan mesin.

1 dari 6 halaman

Begini Cara Mendinginkan Grille Depan

Saat mencuci kendaraan, bagian ini pun tak luput dari air dan sabun. Tapi, tak jarang masih ada noda yang menempel pada grille depan. Berbagai kendaraan punya grille yang berbeda pula.

Ada yang memiliki desain krom pilar dan ada yang berdesain honeycom. Ada juga yang berdesain sophisticated sehingga memerlukan waktu untuk membersihkannya.

Sebenarnya sangat mudah untuk membersihkan grille depan, selain menggunakan kain chamois, bisa juga menggunakan kain berbahan microfiber. Kain microfiber ini bisa digunakan dengan sabun dan air, atau saat pengeringan.

Namun, kamu bisa juga menggunakan sikat berbahan nylon yang lembut agar lis-krom pada grille tidak mudah lecet.

Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan kuas untuk mencuci grille yang memiliki tampilan seperti honeycomb atau yang memiliki tekstur padat. Carilah kuas yang besar namun lembut agar tidak merusak tampilan front-grille kendaraanmu.

Menggunakan cairan khusus permbersih grille depan pun sangat direkomendasi, namun perhatikan kendaraanmu agar tidak salah memilih bahan pembersih.

2 dari 6 halaman

Jangan Lupakan Satu Hal Ini Saat Mau Ganti Pelek Mobil

Dream - Tak sedikit pemilik kendaraan merasa kurang puas dengan tampilan kaki-kaki standar bawaan pabrik. Mereka akan melakukan perubahan agar mobil terlihat sporty dimulai dengan mengganti pelek.

Dikutip dari Otosia, Selasa 28 Januari 2020, Community Manager HSR Wheel, Aldi Rais, mengingatkan pemilik kendaraan tak boleh sembarangan jika ingin mengganti velg. Yang perlu diperhatikan adalah jarak antar baut atau pitch circle diameter (PCD).

 

 © Dream

 

Pelek aftermarket acapkali tak bisa langsung dipasang karena baut rodanya tak sesuai dengan yang asli. Pemilik bisa saja memasang adaptor kalau PCD tak sesuai dengan lubang pelek yang ingin dipasang. Bagaimanapun PCD asli sangat disarankan untuk keselamatan berkendara.

“ Jangan dipaksain deh, apalagi buat harian. Dimodifikasi pakai adaptor bisa, tapi itu tidak menjamin kekuatannya sama,” kata dia.

3 dari 6 halaman

Perhatikan Batas Toleransi

Ketika mengganti velg, ada batas toleransi yang dianjurkan. Istilah anak bengkel adalah min 2 dan plus 2. Artinya batas menganti velg dengan menaikkan atau menurunkan 2 inci dari standarnya msih dapat ditoleransi.

“ Misalnya standarnya ring 14, kalau ngak mau repot jangan coba-coba pakai ring 19 apalagi 20. Maksimal naiknya sampai 2 inci. Contohnya dari ring 14 ke ring 16,” kata dia.

Selain itu, ban juga harus mengikuti dimensi velg. Ketika mengganti velg, pilihlah aspek rasio ketebalan dari lebar telapak ban yang direkomendasikan. Untuk harian disarankan tidak memilih ban tipis demi mengejar tampilan.

4 dari 6 halaman

Pilih Ban yang Sesuai

Aldi menyarankan untuk memilih ban yang sesuai. Ban punya peranan penting dalam menjaga pelek. Semakin tipis bannya, kekuatan pelek akan menurun karena tak bisa menopang getaran atau kena lubang.

“ Kalau pakai ban standar bawaan mobil, masih bisa menahan. Kalau pakai ban rasio 30 atau 35, pasti kekuatannya akan menurun,” kata dia. 

Yang terkahir, jika sudah menganti velg dan ban yang aman dan nyaman, jangan lupa untuk melakukan cek balancing di bengkel terpercaya.

“ Jadi sekali lagi kalau mau ganti velg, pastikan offset dan lebarnya cocok dengan mobil. Gunakan ban yang sesuai dengan rekomendasi, atau bisa juga konsultasi ke kita, HSR Wheel,” kata dia.

5 dari 6 halaman

Satu Hal Sering Dilupakan Saat Bersihkan Wiper dan Karet Jendela Mobil

Dream – Pengendara mobil terbantu dengan keberadaan wiper saat hujan deras turun. Air hujan yang terus menghantam bagian kaca tentu membuat jarak pandang semakin terbatas. Adanya wiper membantu menghalau air yang menutupi pemandangan tersebut. 

Namun di kala musim kemarau datang, tak jarang pemilik kendaraan luput membersihkan wiper saat musim kering. Padahal bagian karet yang menghalau air akan menjadi getas dan wiper tak berfungsi maksimal menghalau air saat musim hujan tiba. 

 

 © Dream

 

Bagian lain dari kaca yang jarang diperhatikan adalah karet jendela. Karet ini berfungsi mencegah air masuk ke dalam kabin mobil.

Mengutip laman Auto2000, Kamis, 30 Januari 2020, cara merawat wiper dan karet jendela sebetulnya mudah dilakukan. Namun kuncinya kamu harus konsisten melakukan.

Hal pertama meski dilakukan adalah Sahabat Dream rutin memantau elastisitas wiper dan karet jendela mobil. Wiper yang sering terpapar matahari akan diserap oleh kaca mobil dan berdampak pada wiper dan karet jendela.

6 dari 6 halaman

Hati-hati Cuci Wiper

Langkah kedua adalah berhati-hati saat mencuci wiper dan karet jendela mobil. Pastikan kamu tak melewatkan untuk membersihkan bagian wiper dan karet jendela saat mencuci mobil.

Berberhati-hatilah saat membilas bagian-bagian karetnya. Pada bagian wiper dan karet jendela mobil, terdapat cairan khusus yang berfungsi sangat penting. Fungsi tersebut sebagai pelindung dan pelembab.(Sah)

Beri Komentar
Cara Samuel Rizal Terapkan Hidup Sehat Pada Anak