Tips Periksa Kondisi Sabuk Pengaman, Waspada Jika Ada Masalah Ini

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 24 Mei 2019 06:15
Tips Periksa Kondisi Sabuk Pengaman, Waspada Jika Ada Masalah Ini
Sabuk pengaman ini penting, lho.

Dream – Sabuk pengaman merupakan fitur pengamanan yang penting. Saat ini setiap pengendara dan penumpang kendaraan harus mengenakan sabuk pengaman.

Meski penting, sayangnya masih banyak pemilik kendaraan yang lupa merawat komponen ini. Biasanya mereka barus memperbaikinya saat sudah benar-benar rusak.

Dikutip dari Suzuki, Jumat, 24 Mei 2019, ada tiga tips cara mengecek kondisi sabuk pengaman. Pertama, cek kondisi fisik sabuk pengaman. Cek apakah sudah ada atau muncul tanda-tanda kerusakan fisik, baik itu kepala sabuk yang sudah tidak berfungsi dengan baik atau kain sabuk yang sudah terpotong atau terlilit.

Ini harus kamu perhatikan dan cek secara detail untuk memastikan tidak ada masalah pada seat belt.

Kedua, melakukan tes sederhana.

Lakukanlah tes sederhana dengan menarik sabuk pengaman dengan cepat. Kalau sabuk itu tertahan, artinya sabuk itu dalam kondisi yang baik.

Kalau tak tertahan atau lepas, artinya sabuk pengaman tersebut sudah rusak. Kamu harus segera memperbaikinya atau mengganti dengan yang baru.

Ketiga, cek dengan scanner OBD.

Pemeriksaan sabuk pengaman juga bisa dilakukan dengan memakai scanner OBD. Sensor pada mobil kamu akan memberitahukan bahwa sabuk pengaman tersebut masih dalam kondisi baik atau sudah rusak.

Karena penting, pastikan sensor scanner OBD masih berfungsi dengan baik agar informasi kondisi sabuk pengaman tepat.

2 dari 4 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
TOP 3 Gara-Gara BTS, Menara Seoul jadi Ungu