Cara Pilih Kaca Film yang Tepat Agar Terlindung dari Terik Matahari

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 16 Desember 2019 10:24
Cara Pilih Kaca Film yang Tepat Agar Terlindung dari Terik Matahari
Kaca film ini bertujuan untuk mengurangi panasnya sinar matahari dari luar.

Dream - Situasi terik di kota besar memaksa para pemilik kendaraan untuk memasang kaca film. Selain suhu di dalam kabin lebih adem, kaca film juga membatasi pandangan pejalan kaki dengan pengendara atau penumpang mobil.

Biasanya kaca film di pasang di hampir sleuruh bagian jendela kendaraan. Seperti komponen tambahan lainnya, pemilik kendaraan tak bisa sembarangan memasang kaca film. 

mengutip laman Garda Oto, Senin 16 Desember 2019, ada empat hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih kaca film. Pertama, pastikan tingkat kegelapannya pas.

Bagian tersebut sangat memengaruhi pandangan ketika berkendara, sehingga disarankan untuk memilih jenis kaca yang memiliki tingkat kegelapan maksimal 40 persen. Dengan tingkat kegelapan tersebut, kamu akan memiliki jarak pandang yang cukup jauh pada siang hari dengan jarak visibilitas minimal 500 meter ke depan.

Kedua, dari dalam harus terlihat terang. Kaca film mobil yang baik harus tetap terlihat terang jika dilihat dari area dalam mobil. Terdapat jenis tertentu yang tampak gelap dan redup baik dari dalam maupun luar mobil. Hal tersebut sangatlah berbahaya karena dapat menyebabkan jarak pandang menjadi berkurang.

1 dari 5 halaman

Pilih yang Bisa Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Ketiga, pilihlah kaca film dengan jenis perlindungan UV 400 untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Apakah kamu sering bermacet-macetan di bawah cuaca panas dan terik? Jika iya, kamu membutuhkan kaca film dengan perlindungan UV 400 yang dapat melindungi kulit dari teriknya sinar matahari yang dapat membakar kulit.

Fitur perlindungan UV 400 dapat menolak sinar matahari hingga 99% untuk melindungi pengendara dan berikut penumpang yang berada di dalam mobil.

Keempat, pilihlah kaca film dengan layanan purna jual terbaik.

Sebelum memutuskan untuk memilih kaca film yang diinginkan, pilihlah kaca film dengan kualitas penjualan produk resiko perubahan warna, pengelupasan, keretakan, delaminasi atau demetalisasi yang dapat disebabkan oleh kesalahan manufaktur bahan ataupun instalasi.

2 dari 5 halaman

200 Kaca Film Mobil Ini Cuma Tersedia di GIIAS 2019

Dream – Tidak hanya merek mobil dan motor, beragam aksesoris juga turut meramaikan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Salah satunya adalah kaca film dari ICE-µ.

Dikutip dari Liputan6.com, Senin 22 Juli 2019, PT Global Auto International secara resmi merilis produk 5th anniversary edition dan terbatas untuk 200 unit mobil. Selain mampu menahan panas hingga 97 persen, produk ini diklaim mampu mengurangi pandangan langsung dari depan, sehingga pengendara akan merasa lebih aman dan nyaman di dalam kabin mobilnya.

 

 © Dream

 

“ Setiap pembelian produk 5th anniversary edition akan mendapatkan stiker istimewa dan sertifikat khusus dengan nomor urut 001 sampai dengan 200 yang eksklusif,” kata Presiden Direktur Global Auto International, Andi Setiawan, di ICE BSD, Tangerang, Banten.

Andi mengatakan kaca film ini bisa didapat seharga Rp2,8 juta untuk mobil kecil, Rp3,2 juta mobil sedang, dan Rp4 juta untuk mobil besar.

 

3 dari 5 halaman

Promo di GIIAS

Andi mengatakan produk ini hanya tersedia di GIIAS 2019. “ Jadi memang benar-benar eksklusif," kata dia.

Selain itu, tersedia lima produk unggulan lain yang dipamerkan, yaitu RT70 (Clear), CT70 (20%), CT40 (40%), CT20 (60%) dan CT05 (80%). Tersedia juga promo front windshield untuk tipe CT70 dan CT40 hanya dengan membayar Rp980 ribu untuk semua tipe mobil.

Tedapat juga diskon 50 persen untuk semua tipe kaca film dengan jaminan purna jual selama 5 tahun.

" Kaca film ICE-µ memiliki teknologi 'clear view' yang membuat pengemudi dan penumpang melihat jelas tanpa terganggu cahaya matahari ataupun sorot lampu kendaraan lain,” kata General Manager Sales and Marketing Global Auto International, Andy Hartono.

Dia mengatakan teknologi ultra nano TAC technology bisa menciptakan kaca film bening serta melindungi pemudaran warna oleh pancaran sinar ultra violet.

(Sumber: Liputan6.com/Dian Tami Kosasih)

4 dari 5 halaman

Bahaya, Jangan Tinggalkan 5 Benda Ini di Mobil Saat Cuaca Panas

Dream – Indonesia tak lama lagi akan beralih dari musim penghujan ke kemarau. Tentunya cuaca akan panas, sehingga kondisi ini akan berpengaruh terhadap kendaraan, termasuk mobil.

Dikutip dari Otosia, Kamis 28 Februari 2019, suhu kabin akan meningkat, terutama jika diparkir di tempat yang langsung terpapar sinar matahari. Oleh karena itu, kamu tak boleh meninggalkan barang-barang sembarangan di dalam mobil.

Kira-kira apa saja barang yang tak boleh ditinggal terlalu lama di dalam mobil yang panas?

 © Dream

 

Yang pertama adalah botol plastik. Topgear.com.ph menyebut botol plastik yang kepanasan tak hanya merusak bentuk, tetapi juga zat-zat berbahaya bagi kesehatan.

Lalu, ada juga alat elektronik bertenaga baterai. Semua alat elektronik, termasuk power bank, tak boleh terlalu lama di mobil ketika cuaca sedang terik. Suhu yang menghangat bisa membuat beberapa komponennya rusak, bahkan bisa memicu ledakan.

5 dari 5 halaman

Makanan dan Obat Jangan Lupa Dibawa Keluar

Ke tiga, tabung bertekanan. Jangan meninggalkan kaleng bertekanan, seperti hairspray, deodorant, atau cat semprot, di dalam mobil. Ketika suhu meninggi, benda itu bisa meledak.

Ke empat, makanan. Perlu diingat bahwa makanan lebih mudah rusak di cuaca yang panas. Tak hanya rusak, bau makanan juga bisa menyebar di kabin, malah bisa menempel di jok dan door trim.

Ke lima, obat-obatan. Lebih baik kamu tidak meninggalkan losion dan obat-obatan di dalam mobil. Masa pakai obat akan menjadi lebih pendek jika terpapar panas. Komposisinya bisa berubah sendirinya karena pengaruh suhu yang tinggi.

Beri Komentar